Pahami apa itu Instagram Reels Sebelum Menggunakannya

Table of Contents

Pahami apa itu Instagram Reels Sebelum Menggunakannya

Apa itu Instagram reels?

Reels video merupakan fitur dari Instagram dan Facebook, reels Instagram adalah video pendek reels berdurasi 15 hingga 60 detik.

Instagram reels menyajikan video pendek dari berbagai macam kategori, video meme, video singkat edukasi, video lucu, Adapun video ceramah, tentunya kita akan disajikan sesuai preferensi dari pengguna Instagram.

Ukuran reels umumnya vertikal  dengan rasio 9:16. Pengguna Instagram dapat bebas membuat kreasi video pendeknya, namun wajib mematuhi guideline tentang cara membuat reels IG.

Video singkat yang berbau kekerasan, menampilkan keterbukaan atau bernuansa vulgar, menampilkan darah, akan mendapatkan pembatasan dari algoritma reels bahkan jika dianggap berlebihan konten tersebut akan di take down otomatis.

Oleh karena itu pengguna disarankan membuat konten original atau asli. Jika bingung membuat konten seperti apa, mulailah dengan hal-hal sederhana video memasak baik membahas resep atau tutorial, atau video interaksi dengan anabul tingkah lucu atau tips merawat anabul yang baik.

Jika terlalu malas untuk mengedit video yang kompleks, cobalah membuat video timelapse, karena hanya cukup menambahkan backsound dan color correction yang tidak kompleks.

Instagram reels bisa dilihat siapa saja?

Jika kamu telah membuat konten video reels, pada umumnya dapat dilihat secara publik, kemungkinan besar viewers reels bisa lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pengikut.

Siapa saja yang dapat melihat postingan reels juga tergantung dari pengaturan akun, jika jenis akun adalah akun publik, maka postinganmu akan dapat dilihat oleh seluruh pengguna Instagram. Namun jika akun Instagram di privasi maka hanya pengikutmu saja yang melihat reels, video, dan postingan.

Jika memiliki jumlah pengikut yang sedikit namun ingin menjangkau lebih banyak orang. Bagaimana cara agar reels banyak viewers? hal ini dapat dilakukan dengan cara mengoptimasi postingan, seperti menambahkan deskripsi yang sesuai video, menambahkan hashtag  relevan dengan video, mengatur tag lokasi, memilih thumbnail menarik.

Selain dari hal-hal itu perhatikan juga kualitas video apakah resolusinya cukup baik. Reels yang telah di upload biasanya direkomendasikan ke pengikutmu terlebih dahulu, jika dinilai menarik maka kemudian akan direkomendasikan kepada audiens yang lebih luas.

Apakah Reels bisa di story?

Cara buat ig stories dari instagram reels


Jawabannya adalah bisa, reels dapat di bagikan di Instagram story. Jika menemukan video pendek menarik, cukup tekan ikon DM kemudian pilih bagian atas “tambahkan reel ke cerita anda”.

Instagram story atau sering disebut ig stories merupakan rangkaian cerita yang dapat dibuat baik secara langsung melalui fitur kamrea, atau mengupload dari penyimpanan galeri serta kamu dapat membagikan postingan dari Instagram dari pengguna lain atau milik mu kedalam insta story.

Insta story dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan engagement dari postingan yang telah di upload sebelumnya, seperti telah dibahas sebelumnya bahwa reels akan direkomendasikan ke pengikutmu terlebih dahulu.

Maka dari itu kamu bisa memanfaatkan ig story untuk mempromosikan konten original milik mu. Pastikan kamu mengetahui kapan saja pengikutmu berinteraksi, agar insta story kamu tetap pada urutan atau baris awal.

Bagaimana cara agar reels banyak viewers?

Banyak sekali pertanyaan muncul terkait cara agar banyak viewers, cara meningkatkan engagement. Sebenarnya dalam artikel  lalu mengenai reels “ Bagaimana Cara Menggunakan Reels Instagram? “kamu dapat melihat langsung mempraktikkannya saja.

Diartikel sebelumnya menjelaskan bahwa kamu harus membuat konten yang menarik bagi audiens, dari tips merekam hingga bagaimana menyunting video reels dengan cepat.

Selain itu tips melakukan optimasi deskripsi dan membuat hashtag, hal ini dilakukan agar konten yang diposting memiliki kemungkinan tersebar ke audiens spesifik. Selain tampilan video pendek reels menarik, pesan bermanfaat, hal lain dan perlu kamu perhatikan adalah waktu kapan kamu memposting reels video.

Dari semua hal yang aku sampaikan, hal yang paling krusial ada konsistensi dalam mengunggah konten. Sering-seringlah memperbaharui feeds agar segmentasi audiens  kamu terbentuk dengan baik.

Pastikan kamu memposting reels pada jam yang biasanya pengikutmu dapat melihatnya. Untuk menentukan kapan kamu harus mengupload kamu bisa melihat pada bagian insight/dashboard profesional. Untuk masalah terkait waktu posting, aku juga menjelaskan di artikel sebelumnya.

Baca Disini: Kapan Menentukan Waktu Yang Tepat Untuk Mengunggah Konten Reels Video

Itulah pembahasan mengenai Instagram reels yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya secara profesional.
www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads