Cara Melihat Ketinggian Lokasi dengan Google Maps

Melihat Ketinggian Lokasi dengan Google Maps

Cara Melihat Ketinggian Suatu Tempat Menggunakan Google Maps

Kecanggihan teknologi baik smartphone maupun komputer kini dapat memudahkan kita sebelum bepergian, entah itu mengetahui arah jarak, perkiraan cuaca, dan bahkan suatu detail ketinggian dari tempat tersebut. Google adalah perusahaan internet yang banyak menyediakan segala fitur.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas Google Maps lagi, dari banyaknya fitur yang dimiliki Google Maps juga dapat membantu kalian untuk mengetahui ketinggian suatu tempat terutama di daerah pegunungan. Jika kalian seorang pendaki atau baru pertama kali ingin mendaki gunung atau hanya sekedar melewati daerah dengan dataran tinggi, penting untuk cek terlebih dahulu ketinggian suatu tempat tersebut.

Mengukur ketinggian kini dapat kalian temukan hanya dengan menggunakan Google Maps. Berikut cara penggunaannya:
  • Unduh dan buka aplikasi Google Maps kalian atau dapat juga melalui website
  • Klik ikon layers pada sudut bawah peta
  • Klik bagian Terrain, fitur ini dapat menampilkan segala jenis permukaan tanah, seperti bukit, lembah, gunung, dan sebagainya.
Zoom peta agar kalian dapat melihat garis kontur yang muncul, garis yang berwarna abu-abu di sekeliling area yang mempunyai ketinggian yang berbeda-beda.

Selain menggunakan Google Maps, kalian juga dapat mencari tahu ketinggian suatu tempat menggunakan Google Earth, dengan cara berikut ini :

  1. Buka aplikasi Google Earth
  2. Gunakan ikon search untuk mencari lokasi yang ingin diketahui ketinggiannya
  3. Setelah tampilan lokasi muncul arahkan kursor kalian tepat pada titik koordinat warna merah
  4. Kemudian perhatikan angka yang ada pada pojok kanan layar, angka tersebut merupakan ketinggian dari lokasi yang telah kalian klik, jika kalian klik daerah lainnya maka otomatis angka ketinggiannya pun akan berubah dan menyesuaikan.

Lalu mana yang harus digunakan? Maps atau Earth? berikut perbedaan dari kedua jenis aplikasi peta tersebut.

Perbedaan Google Maps dan Google Earth

Google Maps dan Google Earth merupakan aplikasi yang sama-sama dikembangkan oleh perusahaan Google LLC. Dua-duanya dirancang sesuai dengan citra satelit, sebagai peta dan juga globe virtual. Fungsi dari Google Maps dan Google Earth serupa namun banyak sekali perbedaan diantara keduanya. Berikut beberapa perbedaannya :

  • Google Earth dilengkapi dengan peta ekstra-terestrial yaitu peta (Bulan, langit, dan Mars) sedangkan Google Maps tidak dilengkapi dengan fitur tersebut
  • Google Earth lebih memiliki banyak fitur serta alat-alat untuk navigasi.
  • Google Maps dapat digunakan secara gratis sedangkan Google Earth hanya versi dasarnya saja yang gratis, untuk versi pro membutuhkan biaya perbulan, tentunya dengan fitur yang lebih lengkap lagi.
  • Google Earth dirancang untuk menjelajah, atau juga dapat disebut Google Maps namun versi profesionalnya.
  • Google Earth menampilkan globe virtual yang dapat menjelajahi lautan, pegunungan, gedung-gedung dengan mode 3D.
  • Google Maps dapat memantau lokasi jalan ganjil-genap serta jalanan yang sedang macet ataupun jalan yang ditutup.

Sama-sama mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, penggunaan kedua aplikasi tersebut dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan kalian.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads