Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com


Aset 3D Gratis untuk Kebutuhan Desain

Dapatkan icon dan aset 3D dari Pixcap.com. Bagi kalian yang sering melihat desain di media sosial, pasti tidak jarang menemui satu atau dua elemen yang berupa ilustrasi 3D. Mungkin juga kalian bertanya-tanya dari mana asalnya. Perlu kita ketahui bahwa desain 3D di Indonesia belum sepopuler desain datar (flat design). Meskipun begitu, perkembangannya terus mengalami peningkatan berkat peran media sosial.

Desain ilustrasi dan animasi 3D memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang mumpuni. Bagi pemuda dan pemudi kreatif yang terbatasi oleh faktor ini, berkembang dan bersaing di dunia pemodelan 3D menjadi sesuatu yang sulit.

Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas sebuah situs web yang menyediakan berbagai aset 3D yang dapat diunduh secara gratis.

Pasti Suka
Penyedia Footage Video Gratis

Sekarang, pertanyaannya adalah, apakah resolusi aset baik? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita lanjutkan diskusi ini. Jadi, tenang saja, karena di sini saya akan memberikan solusi dan trik untuk menggunakan Pixcap agar bisa mendapatkan unduhan tanpa batas.

Nah, sekarang, mari kita bahas tentang Pixcap sendiri. Apa itu Pixcap?


Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com


Apa itu Pixcap?

Pixcap adalah tools terbaik bagi kamu yang suka membuat desain grafis 3D tanpa harus repot. Ini adalah alat desain grafis berbasis web yang sangat keren. Yang lebih menarik lagi, Pixcap menggabungkan teknologi 3D dengan kecerdasan buatan dalam satu paket.

Yang membuat Pixcap semakin istimewa adalah berisi ilustrasi 3D berkualitas tinggi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan desain, pemasaran, atau animasi kamu. Semuanya bisa diakses langsung melalui browser, jadi enggak perlu repot-repot menginstal perangkat lunak berat.

Tapi, yang paling seru adalah fitur template 3D-nya yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Jadi, kamu bisa dengan mudah membuat desain yang sesuai dengan visi kamu. Enggak perlu lagi bingung memikirkan trik-trik rumit untuk mengubah sudut pandang atau warna.

Pixcap juga memiliki koleksi ikon 3D yang sangat lengkap, yang pastinya cocok untuk semua desain UI/UX kamu. Jadi, kamu bisa semakin kreatif dalam menghadirkan desain yang memukau.


Cara Menggunakan Pixcap

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu masuk ke dalam website pixcap.com, dan akan langsung diarahkan ke landing page Pixcap. Untuk menggunakan fitur-fitur keren dari Pixcap, kita harus login terlebih dahulu.

Sebagai pengguna baru, sebelum login, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kita dapat menghubungkan akun Pixcap dengan Google atau menggunakan alamat email dengan wajib memasukkan kata sandi keamanan login.

Setelah tampilan halaman awal muncul, kita akan langsung disuguhkan dengan berbagai jenis gaya 3D yang dimiliki oleh Pixcap. Kita dapat memilih kategori dan template desain yang diinginkan.

Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com
 

Terdapat 32 kategori desain di dalamnya, seperti pertanian, hewan, arsitektur, seni & desain, kecantikan, bisnis, perdagangan, dan masih banyak lagi. Setiap kategori hanya menampilkan koleksi 3D yang relevan dengan nama kategori tersebut. Setiap kategori juga memiliki ratusan desain yang dapat digunakan oleh desainer untuk menciptakan desain menarik.

Selain koleksi kategori aset, Pixcap juga memiliki ribuan template yang dapat diunduh dalam format ZIP, PSD, dan SVG. Bagi pengguna gratis, pastikan untuk mengunduh koleksi yang tidak memiliki label "PRO," karena itu berarti elemen dalam desain tersebut berbayar.

Pasti Suka
Penyedia Sound Effect Gratis  

Dari template ini, kita dapat mengeksplorasi desain-desain menarik untuk diimplementasikan dalam desain grafis kita. Ada lima jenis template yang tersedia, seperti media sosial, pemasaran, bisnis, acara, dan UI/UX.

Pixcap.com didesain dengan user-friendly, sehingga jika kita ingin mengunduh koleksi tertentu, kita bisa melakukannya tanpa gangguan seperti dialihkan ke halaman lain atau terganggu oleh iklan yang mengisi layar.

Apakak kita bisa mengedit warna aset dari pixcap?

Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com

Bisa! Pixcap memiliki dashboard editor yang memungkinkan kita untuk mengedit elemen seperti intensitas pencahayaan, warna pencahayaan, intensitas bayangan, selain itu kita juga bisa mengubah warna objek sesuai keinginan, jika kamu ingin tekstur seperti kain, kayu atau besi kamu juga bisa mengedit terlebih dahulu di dashboard Pixcap.
  1. Pilih aset tertentu yang ingin kamu unduh
  2. Untuk merubah warna, kamu bisa langsung klik objek 3D yang tertera pada layar
  3. Perhatikan bagian menu "edit", disana terlihat warna-warna dan keterangan nama bagian dari objek 3D, misalnya paper, ring dsb...
  4. Kamu bisa langsung klik bagian "tone warna" maka akan muncul sidebar dengan keterangan material dan color.

    "Material tempat untuk mengedit texture di pixcap sedangkan color untuk merubah warna"

  5. Dan untuk mengedit cahaya kamu bisa pergi kebagian "environment", di sana kamu bisa eksplor intensitas cahaya dan bayangan sesuai dengan kebutuhan.


Petunjuk Mengunduh Aset di Pixcap

Saya tidak akan membahas cara mengunduh aset di Pixcap, karena caranya sangat mudah. Namun, ada hal lain yang perlu kita perhatikan sebelum mengunduh, agar proyek kita dapat berjalan dengan baik.

Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com

Ekstensi keluaran dari aset Pixcap


Aset Pixcap dapat diunduh dalam beberapa jenis ekstensi file, seperti PNG, GLB. Format GLB hanya tersedia untuk anggota berbayar.

Format file GLB adalah format biner yang dapat digunakan untuk menyimpan model 3D dalam satu file tunggal, termasuk geometri, tekstur, dan informasi terkait lainnya. Ini memudahkan pertukaran dan penggunaan model 3D di berbagai aplikasi dan platform tanpa perlu konversi tambahan.


Template Pixcap dapat diunduh dalam format ZIP, PSD, atau SVG. Ketika mengunduh template, perlu diingat bahwa ini mungkin hanya terdiri dari elemen datar seperti bentuk dan teks, sehingga kita mungkin perlu mengunduh aset-aset lain secara terpisah.

Pasti suka
Penyedia Karakter Animasi 2D Gratis

Jika kita tertarik menggunakan template dari Pixcap, sangat disarankan untuk mengunduhnya dalam format PSD, karena ini lebih kompatibel dan dapat digunakan secara langsung.


Lisensi dan Penggunaan Pixcap

Dapatkan Aset 3D Berkualitas Tinggi Gratis di Pixcap.com


Tertulis bahwa untuk penggunaan komersial, Pixcap menyatakan bahwa aset yang telah di unduh dapat digunakan untuk keperluan komersial dengan memberikan keterangan bahwa aset tersebut diunduh dari Pixcap.

Sebaliknya bagi user pro dan elite dapat secara bebas menggunakan aset 3D tanpa harus menyertakan atribusi konten. Untuk berlangganan PRO dan Elite berikut penawarannya:

1.       Elite dibanderol $30/Rp456.756,00 perbulan dan untuk pembayaran tahunan dibanderol $20/Rp 304.504,00 perbulannya.

2.       Paket Pro Dibanderol $10/Rp152.252,00 perbulan dan untuk pembayaran tahunan dibanderol $7/106.576,40 perbualannya.

Kelebihan paket Gratis, Pro, dan Elite

Dalam paket pro pengguna dibatasi kredit unduhan hingga 20 aset saja dengan resolusi 1024 px, kita tidak bisa mengunduh di atas resolusi 1024 px. Tidak dapat up scaling 2x-4x, tidak bisa ekspor ke dalam ekstensi 3d (GLTF/GLB), dan tidak dapat mengakses konten premium dari Pixcap.

Untuk pengguaan pro dan elite kita bisa menggunakan semua fitur diatas, up scaling, remove backgorud, support aset 4K dan suport 3D File download. Dengan paket pro dan elit kita bisa mendapatkan seluruh premium aset, namun dalam versi pro terdapat kredit 100 dan versi elite hingga 500.

Dari pembahasan di atas, setidaknya kalian bisa menentukan mana yang terbaik untuk kebutuhan kamu saat ini.
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama