Bagaimana Membuat Model Live 2D | VTuber

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Bagaimana Membuat Model Live 2D | VTuber
Mythia Batford


MTalk – Dalam pembahasan sebelumnya terkait pengenalan VTuber, Apa itu VTuber? Apa yang dilakukan VTuber? dan sejarah singkat VTuber. Dalam artikel kali ini kita akan membahas terkait pembuatan karakter untuk VTuber serta apa saja yang dibutuhkan untuk berkarir menjadi VTuber. 

VTuber adalah Virtual Youtuber yang memanfaatkan avatar/karakter anime sebagai tokoh yang hadir dalam setiap video, jika kalian ketahui karakter tersebut dirancang menggunakan software grafis seperti Adobe Photoshop atau Clip Studio Paint, namun untuk menganimasikannya mengunakan aplikasi berbeda, yaitu Live 2D. Live 2D merupakan perangkat lunak yang dikembangan untuk menganimasikan objek 2d (2 dimensi) dengan kata lain kita dapat membuat animasi tanpa harus membuat tiap frame.

Baca Juga: Mengenal VTuber Entertainer 

Bagaimana membuat model Live 2D ?

Bagaimana Membuat Model Live 2D | VTuber
Rigging Live 2D

Alat/ Software

Untuk membuat model yang mendukung Live 2D kita dapat membuatnya menggunakan software ilustrasi seperti Adobe Photoshop, Clip Studio Paint, Adobe Illustrator bahkan ada juga yang menggunakan aplikasi Ibispaint di OS Andorid.

Kemudian setelah proses ilustrasi berlanjut ketahap Rigging menggunakan software Live 2D, rigging secara sederhana dapar diartikan menggerakan karakter untuk dianimasikan. Vtuber kan baru marak belakangan ini tapi aplikasi Live 2D kan sudah ada dari tahun 2014, jadi sebelumnya digunakan buat apa? Sebelum digunakan untuk vtuber Live 2D dimanfaatkan untuk membuat animasi game yang bergenre Visual Novel.

Pembuatan karakter

Sekilas tampilan karakter khusus Live 2D nampak sangat mirip dengan kebanyakan gambar 2d pada umumnya, namun kenyatannya terdapat struktur layar yang cukup rumit di dalam proses pembuatannya.

Pada umumnya dalam aplikasi illustrasi kita bisa membuat gambar menggunakan satu layer saja dengan cara menambal sulam warna hingga sesuai keinginan, dalam karakter Live 2D kita harus memisahkan beberapa bagian ke dalam layer berbeda, misal (mata kanan dan mata kiri di gambar dalam layar yang berbeda).
Bagaimana Membuat Model Live 2D | VTuber
Bagian tubuh Live 2D - CSP

Pada gambar diatas terlihat, designer membagi setiap bagian menjadi satu layer (alis, bulumata, bola mata, hidung, bibir atas, bibir bawah, gigi, bahkan lidah) designer dituntut untuk membuat sarapi mungkin agar tidak Nampak irisan antara objek yang terlihat kasar.
Bagaimana Membuat Model Live 2D | VTuber
Potongan karakter Live 2D-ClS

Tahap selanjutnya setalah design karakter proses akan berpindah kedalam aplikasi Live 2D, aplikasi ini dapat diInstal di Mac dan Windows dengan biaya langanan perbulan termurah sekitar 280 ribu Rupiah.


Gambar yang sengaja Digambar terpisah tersebut nantinya akan digerakan di aplikasi Live 2D, kalian dapat mengerakanuya dengan menyesuaikan pengaturan Keyframe dan Time Lime diaplikasi tersebut. Dengan begitu, kita dapat mengerakan rambut, mata dan bagian tubuh lainnya sesuai kemauan kalian. Tidak hanya itu, Live 2D juga mendukung Motion Tracking yang akan merekam pergerakan tubuh melalui webcam, sehingga nantinya dapat bergerak sesuai dengan berakan yang dibuat.
Bagaimana Membuat Model Live 2D | VTuber
Live 2D Software

Apakah ada versi gratis dari Live 2D?

Live 2D menyediakan versi percobaan kurang lebih selama 42 hari percobaan, Ketika jatuh tempo Live 2D akan mewajibkan penggunanya untuk melakukan pembayaran agar dapat mengakses fitu-fitur Live 2D Pro.

Apa yang diperlukan untuk menjadi VTuber?

Bekerja sebagai VTuber kurang lebih sama seperti Youtuber pada umumnya, dalam hal perlangkapan dibutuhkan sebuah PC yang mumpuni karena didalamnya akan berisi aplikasi-aplikasi kebutuhan streaming, aplikasi design, bahkan game-game yang sedang tren. Oleh karena itu kebutuhan PC spek dewa harus dimiliki VTuber.

Selain PC ada perangkat seperti kamera external,fungsinya agar motion tracking dapat mendeteksi pergerakan. Mic yang bagus, selain visual yang bagus hal yang perlu diperhatikan adalah suara, karena suara dapat menjadi pertimbangan penonton untuk tetap tinggal menonton atau tidak meskipun konten yang buatnya bagus.

Yang tidak kalah penting adalah set studio, tempat yang nyaman, terhindar dari suara bising diluar, kenyamanan adalah hal no satu agar performa sebagai VTuber selalu maksimal dalam menghibur penontonya.

Sekian Informasi yang dapat dihimpun dari sumber yang terpercaya, artikel ini hanyalah gambaran singkat terkait kelengkapan wajib VTuber, tutorial terkait Live 2D bisa kalian cari dan simak di Youtube.
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama