Apa Itu VTuber? Siapa VTuber Pertama di Dunia?

VTuber
VTuber JPN

Mengenal VTuber Entertainer

Apa Itu VTuber?

VTuber merupakan pembuat konten kreator digital. namun yang membedakan dengan kreator yang lain adalah menjadi tampil beda dengan cara menjadi sosok karakter tertentu, baik  dari penampilan, pembawaan atau bahkan suara dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan design karakter.

Kobo
Kobo Kanaeru

Taka
Taka Radjiman


Pada 2010 kebanyakan VTuber berasal dari jepang namun lambat laun menjamur dan menjadi fenomena global dan telah ada di Indonesia. Karena hal tersebut seorang VTuber beberapa memiliki penonton asing yang ditergerkan sebelumnya, maka dari itu seorang VTuber yang berada dalam sebuah agensi memiliki persyaratan tertentu untuk menjadi seorang VTuber dan tidak terkait gander. 

Beberapa nama VTuber luar yang mungkin kalian pernah dengan seperti Kizuna Ai, Kaguya Luna dan beberapa dari Indonesia seperti Taka Radjiman, Andi Adinata,Pavoline Reine,Mythia,Aila Adelia, serta yang tengah debut Kobo Kanaeru. Dari nama berikut belum keseluruhan total VTuber di Indoensia 

FACT: FYI Kizuna Ai Merupakan karakter yang mempopulerkan vtuber, sedangkan VTuber pertama di dunia dipelopori oleh Ami Yamato pada tahun 2011.

Apa yang dilakukan seorang VTuber?

VTuber pada umumnya bertujuan menghibur penonton melalui kanal streaming online seperti Youtube, Twitch, TikTok. Normalnya VTuber menghibur dengan cara berinteraksi langsung dengan penonton, berakting, atau bermain game.

Cara menjadi VTuber?

Untuk menjadi VTuber adalah keseriusan dari kemampuan diri sendiri dan peralatan yang dibutuhkan. Seperti rekrutmen pada umumnya akan ada seleksi berkas, interview, Penentuan Debut untuk syarat-syarat tertentu tergantung kepada agensi dimana kalian akan mendaftar, Contohnya Usia 18 keatas, kemampuan (bernyanyi, mengambar,bermain game, dll)

Beberapa agansi biasanya menyediakan bantuan bagi kamu jika berhasil lulus seleksi. Dalam agensi seperti Hololive mereka bebersedia menyediakan karakter Live 2d serta meminjamkan fasilitas streaming seperti Iphone XR gratis.

Tentunya masih banyak yang harus dipersiapkan dan wajib dimiliki secara pribadi.

  1. PC/Komputer, tidak disarankan Laptop karena terbatas untuk upgrade dan penyesuaianya.

  2. Mic, untuk mendukung visual yang baik audio yang baik akan meningkatkan experience ketika menonton.

  3. Webcam, hal ini penting karena untuk mengerakan karakter live 2d membutuhkan kamera yang baik resolusinya agar dapat mengangkap setiap gerakan.

  4. Software, beberapa software diwajibkan membayar untuk akses fitur-fiturnya hal ini disesuaikan sesuai kebutuhan.

Beberapa Agensi VTuber Indonesia

Jumlah pastinya belum diketahui namun beberapa agensi dan komunitas yang telah sukses pasar Indonesia seperti 

  1. NIJISANJI ID

  2. HOLOLIVE ID 

  3. MAHA5

  4. VIRTUNIX 

  5. SNOWDROP

  6. YUME REALITY

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads