Basic skincare untuk pemula, apa aja sih?

Basic skincare untuk pemula
Skincare

Skincare Dasar Untuk Pemula

Winda Sari - Skincare itu apa sih? Skincare merupakan rangkaian perawatan untuk kulit, namun skincare lebih dipahami oleh kebanyakan orang sebagai perawatan untuk kulit wajah.


Banyak sekali jenis-jenis skincare untuk berbagai permasalahan kulit wajah, seperti sabun cuci muka, toner, pelembab, sunscreen, serum, essence, masker, dan masih banyak lagi.


Tapi tau ga sih? Basic skincare yang wajib kita gunakan, ada yang bisa menebak berapa basic skincare yang perlu dan wajib kita gunakan untuk merawat kulit? Ada 5,6,7 atau bahkan sampai 10? Jawabannya adalah hanya tiga jenis skincare, yaitu: sabun cuci muka, moisturizer, dan sunscreen.


Berikut tahapan-tahapan penggunaan basic skincare yang benar.

    

  1. Facial Wash (Sabun Cuci Muka)

Basic skincare untuk pemula
Facial Wash

Pilih sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit kamu, banyak sekali macam macam jenis sabun cuci muka yang menawarkan berbagai macam indikasi permasalahan kulit wajah, dari dry skin, normal skin, combination skin, sampai, acne skin (sensitif). Selain itu sabun cuci muka juga mempunyai beberapa tekstur yang berbeda seperti creamy, gel, bahkan clay. Gunakan sabun cuci muka 2 kali sehari secukupnya atau seukuran biji jagung jangan.

      2. Moisturizer (Pelembab)


Basic skincare untuk pemula
Moisturizer


Moisturizer ini berfungsi untuk melembabkan kulit, pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Sama seperti sabun cuci muka, moisturizer juga menyediakan berbagai macam jenis permasalah kulit dari yang normal hingga sensitif, jika kulit kalian kering gunakan moisturizer yang berbahan dasar oil (minyak), dan jika kulit kamu berminyak gunakan moisturizer yang berbahan dasar air. Gunakan 2 kali sehari pagi dan malam hari, pilih sesuai dengan kebutuhan mu yaa..

      3. Sunscreen (Tabir Surya)


Basic skincare untuk pemula
Sunscreen

Sunscreen atau juga disebut dengan tabir surya merupakan skincare yang paling penting karena berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Diketahui sinar matahari dapat merusak kulit bahkan dampak terburuknya bisa menyebabkan kanker kulit. 

Sunscreen ini cocok sekali untuk kalian yang sering beraktivitas diluar rumah, tidak hanya untuk keluar rumah tetapi skincare yang satu ini juga wajib dipakai walaupun kamu beraktivitas di dalam rumah. 

Seperti dua skincare tadi yang sudah dijelaskan, banyak sekali jenis sunscreen untuk berbagai permasalah jenis kulit dan sunscreen juga mempunyai banyak jenis tekstur seperti cream, gel, bahkan sekarang ini ada yang berbentuk powder.

Begitupun dengan berbagai macam angka SPF dan manfaatnya untuk melindungi kulit dari sinar UV seperti SPF 15, 30, bahkan 50 yang sering kita temui pada kemasan sunscreen. 

Angka SPF merupakan acuan seberapa lama sinar UV yang dapat diproteksi oleh sunscreen, semakin besar angka SPF nya semakin besar juga perlindungan yang dihasilkan. Gunakan sunscreen dengan benar, 2 ruas jari dan lakukan berulang setiap dua sampai tiga jam dalam rentang jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Nah kalau kamu udah melakukan tahapan ketiga basic skincare dengan baik dan benar, kamu boleh menambahkan skincare pelengkap lainnya, seperti toner, serum, masker, dan sebagainya.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads