YouTube Handle: Mention Jadi Lebih Praktis

Fitur baru YouTube handle

Nama sebutan channel mempermudah pencarian dan penandaan

MTalk -- Dalam pemberitahuan resmi Youtube, dalam waktu dekat akan segera hadir fitur baru yaitu Youtube handle Fitur ini akan memudahkan kita menyebutkan nama Channel seperti mention dan tag pada media sosial lain.

Fitur ini akan membuat kita semakin terhubung satu sama lain nantinya, Youtube handle atau sebutan nama pengguna versi Youtube, nantinya memungkinkan pengguna untuk menyebutkan pengguna lain, melalui kolom komentar, deskripsi video unggahan, komunitas bahkan hasil penelusuran.

Fitur baru YouTube handle


Fitur ini nantinya akan dapat diatur melalui Youtube Studio yang memungkinkan pengguna mengubah nama sebutan Youtube handle untuk tampilan yang profesional. Fitur ini juga sudah memiliki nama sebutan bawaan yang disediakan oleh Youtube, jika kamu tidak terlalu mementingkannya.

Baca Juga: Tutorial Menonaktifkan Pelacakan di Youtube 

Fini akan dapat digunakan secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan, kamu akan terima e-mail dan pemberitahuan di YouTube Studio saat kamu dapat menentukan handle yang kamu harapkan. 

Biasanya, bila Channel kamu telah mempunyai URL yang dipersonalisasi, kami akan mereservasinya untuk handle Channel. Jika kamu inginkan nama panggilan Channel yang lain dari yang kami siapkan, kamu bisa menggantinya. Bila kamu belum mempunyai URL yang dipersonalisasi, kamu dapat pilih handle untuk Channel.

Mulai tanggal 14 November 2022, jika Anda belum memilih handle atau nama sebutan channel, YouTube akan otomatis menetapkan handle untuk channel Anda. Namun, jika Anda ingin, Anda dapat mengubah handle tersebut nantinya di YouTube Studio.

Jadi nantinya tampilan URL akan lebih ringkas dan jelas, misal Channel dengan alamat URL (https://www.youtube.com/channel/UCNGnfOk2Sr8tB19IdQOJKSg) jika menggunakan handle dapat dibuat seperti (https://youtube.com/@bbyblom). Jadi nama sebutan dari Channel diawali dengan tanda @ sebagai handle

Keunggulan Fitur Youtube handle

  • Fitur ini pasti akan sangat berdampak positif bagi pertumbuhan Channel  Youtube, seperti halnya  media sosial lain, handle akan mempermudah pengunjung melihat referensi yang diberikan kreator. 
  • Selain itu sebagai pengguna Youtube hal ini juga memungkinkan pengguna melakukan mention atau mentag kepada teman, baik di kolom komentar atau pun deskripsi video untuk memberi referensi atau membahas topik serupa melalui kolom komentar.
  • Mempermudah pencarian di kolom search Youtube, hanya dengan mengetikan @handle kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang spesifik.
  • Tersedia juga pada Youtube Short, baik dalam deskripsi video atau pun kolom komentar, kita bisa menyebutkan @handle orang lain di dalamnya.
www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads