KataOS Sistem Operasi Eksperimental Dari Google

Table of Contents
KataOS Google

Diprediksi Menjadi OS Paling Aman di Kelasnya


Google, salah satunya dari sedikit perusahaan teknologi yang ingin melakukan eksperimen dengan mekanisme operasi baru, sudah mengeluarkan KataOS untuk piranti evaluasi mesin tertancap.


KataOS dipublikasikan bersama dengan Sparrow di website Google Open Source. KataOS ialah design mekanisme operasi dan Sparrow ialah implikasi rekomendasi, karena server penampilan Weston ialah implikasi rekomendasi Wayland.

Gagasannya KataOS bisa menjadi "basis yang bisa dibuktikan aman yang dimaksimalkan untuk piranti tertancap yang jalankan program ML." Google bekerja dengan Antmicro, yang membuat peti seL4-sys. Sekarang ini OS sedang diperkembangkan pada set perintah Arm64, tapi gagasannya untuk menjalankannya di openTitan, yang memakai RISC-V.

Mekanisme operasi baru ini "dicatat nyaris semuanya dalam Rust," menurut pengantarnya di GitHub. Ini tidak terhitung mikrokernel yang memicunya, yakni seL4, suatu hal yang disebut oleh meja Reg FOSS saat mengulas OS Neptunus uji cobatal di bulan Februari.

Karena seL4 diterapkan khususnya di C, project ini memakai CAmkES - arsitektur elemen untuk mekanisme tertancap berbasiskan mikrokernel, yang memakai Haskell dan Python - sebagai susunan abstraksi untuk menyatukan susunan C dan Rust bersama.

Microkernels dilihat sebagai Hal Besar Selanjutnya pada 1980-an. Walau mereka tidak banyak memiliki imbas arus khusus, mereka ada di luaran sana dengan jumlah besar. Minix 3, oleh kritikus OG Linux Dr Andy Tanenbaum, ialah mikrokernel FOSS yang sukses dipakai dalam pengatur management mekanisme di juta-an CPU Intel. QNX, dasar untuk Blackberry 10 dan sedikit mendapatkan uang dari Blackberry, ialah mikrokernel komersil terlaku.

Yang kemungkinan pernah Anda saksikan atau pakai ialah macOS Apple yang tidak disangsikan kembali (awalnya Mac OS X, dan sebelumnya NeXTstep), yang didasari pada kernel XNU open source. Ini didasari pada Mach Kampus Carnegie Mellon, salah satunya mikrokernel angkatan pertama, tapi XNU mempunyai "server Unix" dalam kernel besar berdasar code FreeBSD, jadi secara teknis ini ialah kernel hibrida dibanding mikrokernel murni.

Security Enhanced L4, atau dipersingkat seL4, ialah bagian keluarga L4 yang semakin besar, yang direncanakan khusus oleh mendiang Jochen Liedtke [PDF] sebagai respon pada Mach, dengan arah tingkatkan performa mikrokernel. Telah ada untuk beberapa waktu - Reg menyampaikannya nyaris satu dasawarsa lalu.

Ini adalah kompetitor baru untuk Google, bersama dengan basis streaming games Stadia yang belakangan ini distop belakangan ini, yang tepat kami sebutkan saat dikeluarkan.

Tapi di lain sisi, dasar untuk sukses untuk mekanisme yang paling khusus semacam ini lebih rendah dibanding untuk OS arah yang lebih umum. Dari usaha Google OS awalnya, yang terpopuler ialah Fuchsia, yang pada akhirnya dikirimkan oleh perusahaan.
www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads