Keunggulan Membuat Formulir dengan Google Form

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Cara membuat formulir


Google Form atau Google Formulir adalah alat pembuatan survei dan pengumpulan data formulir yang ditawarkan oleh Google sebagai bagian dari office suite Google Docs. Google Form memungkinkan pengguna membuat formulir, survei, dan kuis, serta membagikannya dengan orang lain untuk mengumpulkan tanggapan. Data formulir yang dikumpulkan melalu Google Form kemudian dapat dianalisis dan diekspor ke aplikasi lain, seperti Google Spreadsheet. Google Form adalah layanan gratis serta dapat diakses melalui akun Google.

Bagaimana cara membuat Google Form

Dengan Google Form kamu sebenarnya dibebasakan membuat formulir atau angket, jika kebutuhan kamu cukup kompleks kamu dapat mengcustom sendiri, namun jika membutuhkan untuk hal-hal sederhana, seperti RSVP, Pemesanan dll kamu bisa menggunakan tamplate Google Form yang telah disediakan.

Dari tamplate Google Form yang telah di sediakan kamu bisa dengan bebas mengubahnya, untuk melakukannya coba perhatikan langkah-langkah dasar berikut, baik cara membuat ataupun untuk mengedit tamplate Google Form.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat formulir menggunakan Google Formulir:

  1. Buka situs web Google Formulir (forms.google.com) dan masuk dengan akun Google.
  2. Klik tombol "+" untuk membuat formulir baru.
  3. Berikan judul dan deskripsi pada formulir, jika diinginkan.
  4. Untuk menambahkan pertanyaan ke formulir, klik placeholder "Pertanyaan Tanpa Judul" dan ketik pertanyaan.
  5. Pilih tipe pertanyaan yang ingin dibuat, seperti pilihan ganda, jawaban singkat, atau paragraf.
  6. Tambahkan opsi tambahan apa pun, seperti pilihan untuk pertanyaan pilihan ganda atau batas jumlah karakter untuk pertanyaan jawaban singkat.
  7. Ulangi langkah 4-6 untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan ke formulir.
  8. Kamu dapat menambahkan bagian atau hentian halaman untuk menata formulir.
  9. Setelah selesai membuat formulir, klik tombol "Kirim" untuk membagikannya dengan orang lain atau "Pratinjau" untuk melihat seperti apa formulir.
  10. Kamu juga dapat menyesuaikan tema serta tata letak formulir dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas, pilih "pengaturan" dan pilih "tema" atau "tata letak".
  11. Setelah mengumpulkan respons, kamu dapat melihatnya di tab "Respons" dan mengekspornya ke Google Spreadsheet atau format lain untuk analisis lebih lanjut.

Fitur-Fitur dari Google From

Google Formulir adalah alat berbasis web gratis yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola survei, kuis, dan jenis formulir lainnya. Google Form adalah bagian dari alat Google Suite, yang mencakup Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Beberapa fitur utama Google Formulir meliputi:

Dengan menggunakan Google Form kita dapat menyesuaikan tampilan dari tamplate Google Form yang telah disediakan. Selain itu kita dapat sharing Google Form kepada pengguna lain seperti rekan atau karyawan lain. Selain itu Google Formulir tidak hanya otomatis dalam mengumpulkan hasil survei, dengan Google Form kita dimudahkan dalam menganalisis data melalui visualisasi data otomatis yang dilakukan secara real-time by sistem.

Google Formulir menawarkan berbagai fitur untuk membantu pengguna membuat atau mengelola survei, kuis, dan formulir. Beberapa fitur utama meliputi:

  • Jenis pertanyaan: Google Formulir mendukung berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, paragraf, skala linier, dan kisi.
  • Logika kondisional: Memungkinkan menampilkan atau menyembunyikan pertanyaan berdasarkan respons pertanyaan sebelumnya.
  • Unggah file: Memungkinkan responden mengunggah file, seperti gambar atau dokumen, sebagai bagian dari tanggapan responden.
  • Breaks Section dan Halaman: Memungkinkan membagi formulir menjadi beberapa bagian atau beberapa halaman untuk pengaturan dan keterbacaan yang lebih baik.
  • Kustomisasi tema dan tata letak: Memungkinkan memilih dari berbagai tema dan tata letak untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa formulir .
  • Pengumpulan dan analisis data: Memungkinkan mengumpulkan dan menganalisis data dari respons secara real-time, dan mengekspornya ke Google Spreadsheet atau format lain untuk analisis lebih lanjut.
  • Kolaborasi: Memungkinkan untuk berbagi formulir kepada orang lain berkolaborasi dalam desain dan pengumpulan datanya.
  • Fitur kuis: dapat membuat kuis dengan Google Formulir, dan mengatur pengaturan kuis seperti batas waktu, mengacak pertanyaan, dan banyak lagi.
  • Integrasi Google: dapat mengintegrasikan formulir dengan layanan Google lainnya seperti Google spreadsheet dan Google Drive untuk pengelolaan dan analisis data formulir dengan mudah.
  • Pemberitahuan Formulir: bisa mendapatkan pemberitahuan email ketika seseorang mengirimkan formulir, dan juga dapat mengatur email untuk memberi tahu orang-orang yang mengisi formulir.

Apa Saja Keunggulan dari Menggunakan Google Form

Dari penjelasan dan panduan di atas, kita telah mempelajari cara membuat Google Formulir dan membahas fitur-fitur apa saja yang dimiliki. Fitur-fitur tersebut seperti template yang dapat disesuaikan, fitur kolaborasi yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada formulir yang sama, dan pengumpulan data survei yang otomatis.

Selain itu, menggunakan Google Form juga akan memberikan keuntungan-keuntungan tertentu. Keuntungan tersebut antara lain mudah dalam melakukan analisis dan visualisasi data, mudah dalam mengekspor data ke format lain jika diperlukan, serta fitur pemberitahuan real-time yang memudahkan dalam mengikuti perkembangan data survei yang dikumpulkan. Dengan fitur-fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah mengumpulkan dan mengelola data survei yang diperlukan dalam proyek atau kegiatan tertentu.

10 Keunggulan yang dimiliki Google Form

Google Formulir menawarkan banyak keuntungan yang menjadikannya pilihan populer untuk membuat dan mengelola survei, kuis, dan formulir. Beberapa keuntungan utama meliputi:

  • Gratis untuk digunakan: Google Formulir adalah layanan gratis yang dapat diakses dengan akun Google.
  • Mudah digunakan: Google Formulir ramah pengguna dan mudah dinavigasi, membuatnya dapat diakses oleh pengguna dari semua tingkat keahlian.
  • Berbagai jenis pertanyaan: Google Formulir mendukung berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, paragraf, skala linier, dan kisi.
  • Kustomisasi: Kemampuan untuk menyesuaikan tema dan tata letak formulir, sehingga mudah untuk mencocokkan estetika merek .
  • Pengumpulan serta analisis data real-time: Google Formulir memungkinkan mengumpulkan dan menganalisis data dari respons secara real-time, dan mengekspornya ke Google Spreadsheet atau format lain untuk analisis lebih lanjut.
  • Kolaborasi: dapat berbagi formulir kepada orang lain dan berkolaborasi dalam desain dan pengumpulan datanya.
  • Integrasi Google: dapat mengintegrasikan formulir dengan layanan Google lainnya seperti Google spreadsheet dan Google Drive untuk pengelolaan serta analisis data formulir dengan mudah.
  • Mobile-friendly: Google Formulir ramah seluler, memungkinkan membuat dan mengumpulkan respons saat bepergian.
  • Fitur kuis: dapat membuat kuis dengan Google Formulir, dan mengatur pengaturan kuis seperti batas waktu, mengacak pertanyaan, dan banyak lagi.
  • Pemberitahuan Formulir: bisa mendapatkan pemberitahuan email ketika seseorang mengirimkan formulir, dan juga dapat mengatur email untuk memberi tahu orang-orang yang mengisi formulir.

Secara keseluruhan, Google Formulir adalah alat serbaguna dan ampuh yang dapat membantu mengumpulkan dan menganalisis data, membuat kuis, dan survei, juga membantu menghemat waktu dan tenaga dalam manajemen dan analisis data.

Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama