Fungsi Penting Teknologi Crumple Zone Dalam Kendaraan

Pernah melihat kecelakaan Motor vs Mobil? Tapi kenapa yang penyok malah mobilnya ya?
Ternyata itu semua ada penyebabnya loh! Simak lebih dalam mengenai teknologi keamanan mobil Crumple Zone.
fungsi penting crumple zone
Kecelakaan lalu lintas adalah salah satu masalah yang sangat serius di seluruh dunia. Namun, dengan adanya teknologi yang terus berkembang, para ahli otomotif menciptakan beberapa fitur keselamatan yang membantu mengurangi risiko kecelakaan dan mengurangi keparahan cedera jika terjadi kecelakaan. Salah satu fitur keselamatan yang paling penting adalah crumple zone. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai crumple zone, termasuk fungsinya dalam keselamatan berkendara.

Apa itu Crumple Zone?


Crumple zone adalah area yang didesain khusus pada kendaraan yang menyerap energi kinetik saat terjadi kecelakaan dan memperlambat laju kendaraan. Crumple zone terletak di depan dan belakang kendaraan, dan biasanya terbuat dari bahan yang mudah berdeformasi seperti baja yang dilipat-lipat. Selain itu, crumple zone juga sering dilengkapi dengan absorber dan bumper yang dapat membantu memperlambat kecepatan mobil.

Bagaimana Desain Crumple Zone bekerja pada mobil?

fungsi penting crumple zone

Crumple zone bekerja dengan cara menyerap energi kinetik saat terjadi kecelakaan. Ketika kendaraan menabrak, energi kinetik akan diubah menjadi energi potensial, dan kemudian diserap oleh crumple zone. 

Karena crumple zone terbuat dari bahan yang mudah berdeformasi, seperti baja yang dilipat-lipat, maka energi kinetik yang diserap akan mengubah bentuk crumple zone menjadi bengkok dan melambatkan kendaraan. Dengan demikian, crumple zone membantu mengurangi kecepatan kendaraan dan dampak yang ditimbulkan pada penumpang.


Crumple zone juga dirancang untuk melindungi ruang kabin mobil dan penumpang. Area kabin biasanya memiliki konstruksi yang lebih kuat dan kokoh, sehingga mampu melindungi penumpang dari dampak tabrakan. Selain itu, beberapa mobil juga dilengkapi dengan rongga udara (airbag) yang akan mengembang pada saat tabrakan untuk melindungi penumpang dari cedera.


Desain Crumple Zone yang efektif dapat membantu mengurangi risiko cedera pada penumpang saat terjadi kecelakaan. Dengan menyerap energi kinetik dan mengurangi kecepatan mobil, crumple zone membantu mengurangi dampak tabrakan dan meminimalkan risiko cedera serius pada penumpang.

Mengapa Crumple Zone Penting?


Crumple zone sangat penting dalam keselamatan berkendara karena dapat membantu mengurangi keparahan cedera saat terjadi kecelakaan. Dengan mengurangi kecepatan kendaraan saat terjadi kecelakaan, crumple zone dapat membantu mengurangi dampak yang ditimbulkan pada penumpang, termasuk risiko cedera yang serius. Selain itu, crumple zone juga membantu mencegah kendaraan dari terlalu rusak parah sehingga biaya perbaikan lebih murah.

Kesimpulannya


Crumple zone adalah area yang dirancang khusus pada kendaraan untuk menyerap energi kinetik saat terjadi kecelakaan dan memperlambat laju kendaraan. Dengan menyerap energi kinetik, crumple zone dapat membantu mengurangi kecepatan kendaraan dan dampak yang ditimbulkan pada penumpang, serta mencegah kendaraan dari terlalu rusak parah sehingga biaya perbaikan lebih murah. Crumple zone merupakan fitur keselamatan yang sangat penting dalam keselamatan berkendara, karena dapat membantu mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, penting bagi para pengendara untuk memilih kendaraan yang dilengkapi dengan crumple zone dan juga mengemudi dengan hati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.


Sumber: WIDLIC, Kevin. How lighter can be saferAluminium International Today, 2015, 27.4: 46.

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads