Cara Indexing Artikel Blog di Google Search Console

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Cara Indexing Artikel Blog di Google Search Console

Indexing Artikel Blog di Google Search Console. Saat Anda membuat website baru, Anda pasti ingin website Anda terlihat di halaman utama Google. Namun, bagaimana cara memastikan bahwa website Anda muncul di hasil pencarian Google? Salah satu cara terbaik untuk memastikan website Anda terindeks dengan benar di Google adalah dengan menggunakan Google Search Console.

Google Search Console adalah alat gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik website memahami bagaimana Google mengindeks website mereka. Dengan menggunakan Google Search Console, Anda dapat memonitor kinerja website Anda, memperbaiki masalah teknis, dan memastikan bahwa website Anda terindeks dengan benar di Google.

Dalam panduan ini, kita akan membahas cara melakukan indexing Google Search Console dengan benar untuk meningkatkan visibilitas website Anda di Google.

Cara Melakukan Indexing Google Search Console

Verifikasi Website Anda

Sebelum Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk melakukan indexing website Anda, Anda perlu memverifikasi website Anda terlebih dahulu. Proses verifikasi ini memastikan bahwa Anda adalah pemilik atau administrator website tersebut. Ada beberapa cara untuk memverifikasi website Anda di Google Search Console, termasuk melalui tag HTML, file HTML, atau DNS.

Tambahkan Sitemap

Sitemap adalah file XML yang berisi daftar URL di website Anda. Dengan menambahkan sitemap ke Google Search Console, Anda memungkinkan Google untuk memahami struktur website Anda dan memindai halaman Anda dengan lebih efisien.

Untuk menambahkan sitemap ke Google Search Console, klik pada menu "Sitemap" di panel navigasi dan tambahkan URL sitemap Anda.

Periksa Status Indeks

Setelah website Anda terverifikasi dan sitemap ditambahkan, periksa status indeks website Anda. Status indeks memberitahu Anda apakah halaman website Anda sudah terindeks atau tidak. Untuk memeriksa status indeks, klik pada "Cakupan" di panel navigasi Google Search Console.

Jika ada halaman yang tidak terindeks, Anda dapat mengirimkan URL tersebut untuk diindeks dengan klik pada tombol "Request Indexing". Google akan memindai URL tersebut dan menambahkannya ke indeks mereka jika ditemukan sesuai dengan aturan mereka.

Perbaiki Masalah Teknis

Jika website Anda memiliki masalah teknis seperti kesalahan server atau halaman yang tidak ditemukan, Google mungkin tidak dapat mengindeks website Anda dengan benar. Periksa laporan kesalahan di Google Search Console dan perbaiki masalah teknis yang ditemukan.

Optimalisasi Konten Anda

Google menyukai konten yang relevan dan berkualitas tinggi. Pastikan konten Anda mudah dipahami dan bermanfaat bagi pengguna. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul dan isi konten Anda, tetapi hindari penggunaan kata kunci berlebihan yang dapat mempengaruhi kualitas konten Anda.

Sitemap adalah file yang berisi daftar URL di website Anda dan membantu mesin pencari seperti Google memahami struktur website Anda dan mengindeks halaman dengan lebih efisien. Dalam panduan ini, kami akan membahas cara memasukkan sitemap untuk platform blogspot dan WordPress.

Cara memasukkan sitemap di Blogspot:

  1. Buat sitemap XML menggunakan alat sitemap online gratis, seperti XML Sitemap Generator.
  2. Login ke akun Blogger Anda dan pilih blog yang ingin Anda optimalkan.
  3. Klik "Setelan" pada menu sebelah kiri.
  4. Klik "Preferensi Mesin Pencari" dan pastikan opsi "Ya" pada "Indeks Halaman Blog" dan "Tambahkan Deskripsi Meta".
  5. Klik "Edit" pada bagian "Pengiriman Sitemap".
  6. Masukkan URL sitemap yang baru saja Anda buat, seperti "http://nama-blog-anda.blogspot.com/sitemap.xml" dan klik "Simpan Pengaturan".

Hot Key Peta Situs

Cara mudahnya anda hanya perlu memasukkan URL sitemap yang baru saja Anda buat, seperti "http://nama-blog-anda.blogspot.com/sitemap.xml pada menu peta situs di google search console.

 Script Sitemap Blogger di bagaian Akhir 

Cara memasukkan sitemap di WordPress:

  1. Instal plugin sitemap seperti Yoast SEO atau Google XML Sitemaps.
  2. Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, buka halaman pengaturan plugin tersebut.
  3. Buat sitemap XML dengan mengeklik opsi "Generate Sitemap".
  4. Setelah selesai, salin URL sitemap.
  5. Login ke akun Google Search Console Anda dan pilih situs web yang ingin Anda optimalkan.
  6. Klik "Indeks" pada menu sebelah kiri dan pilih "Sitemaps".
  7. Klik "Tambahkan/Test Sitemap" dan masukkan URL sitemap yang telah Anda salin, seperti "http://nama-blog-anda.com/sitemap.xml".
  8. Klik "Kirim" dan Google akan mulai memindai sitemap Anda dan mengindeks halaman di website Anda.

Dengan memasukkan sitemap, Anda dapat memastikan bahwa mesin pencari seperti Google memahami struktur website Anda dengan lebih baik dan mengindeks halaman Anda dengan lebih efisien. Pastikan untuk memperbarui sitemap Anda secara berkala ketika Anda menambahkan atau menghapus halaman di website Anda.

Script Sitemap HTML Blogspot Untuk Navigasi User 

Berikut Scritp Sitemap HTML untuk Blogspot yang dapat kamu pasang dibaguan Halaman/Page Blogspot
<style type="text/css">
#toc{width:99%;margin:5px auto;border:1px solid #6867AC;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);}
.labl{color:#2d2d2d;font-weight:bold;margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;background: #6867AC;
border:1px solid #6867AC;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;}
.labl a{color:#ffffff;}
.labl:first-letter{text-transform:uppercase;}
.new{color:#2d2d2d;font-weight:bold;font-style:italic;}
.postname{font-weight:normal;background:#fff;margin-left: 35px;}
.postname li{border-bottom: #ddd 1px dotted;margin-right:5px}
</style><div id="toc">
  <script src="https://cdn.jsdelivr.net/gh/ungkeblogger/ungke@main/sitemapfile.js" type="text/javascript"></script>
<script src="https://www.blogkamu.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>

Pada Script tersebut ubah bagian www.blogkamu.com dengan nama website atau situs anda.

Sitemap HTML WordpressUntuk Navigasi User 

Sitemap adalah file yang berisi daftar URL di website Anda dan membantu mesin pencari seperti Google memahami struktur website Anda dan mengindeks halaman dengan lebih efisien. Anda dapat memasukkan sitemap di platform blogspot dengan cara membuat sitemap XML menggunakan alat sitemap online gratis, seperti XML Sitemap Generator.

Kemudian, login ke akun Blogger Anda dan masukkan URL sitemap yang baru saja Anda buat. Sedangkan, untuk memasukkan sitemap di WordPress, Anda dapat menggunakan plugin sitemap seperti Yoast SEO atau Google XML Sitemaps. Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, buat sitemap XML dengan mengeklik opsi "Generate Sitemap". Setelah selesai, salin URL sitemap dan masukkan di akun Google Search Console Anda. Dengan sitemap HTML WordPress yang tepat, pengguna dapat dengan mudah menavigasi halaman di website Anda.

Cara Upload atau Submit Sitemaps di Google Search Console

Nah setelah membuat sitemaps, sekarang kita juga akan mempelajari cara upload sitemaps (blogger dan wordpress) yang telah anda buat di Google Search Console.

1. Login ke akun Google Search Console.

2. Klik link website atau blog yang telah terverifikasi.

3. Selanjutnya pilih menu “peta situs”, tambahkan url berikut "https://blogkamu.blogspot.com/sitemap.xml" atau terkadang cukup input "sitemap.xml" saja. berlau untuk blogspot dan wordpress

4. Tambahkan juga url RSS Feed dan Atom Feed seperti berikut;

  • https://www.urlmu.com/feeds/posts/default?orderby=updated
  • https://www.urlmu.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

4. Setelah memasukkan kode sitemaps anda, klik tombol “Submit Sitemap” atau "kirim".

5. Jika semuanya dilakukan dengan benar makan status Peta situs yang dikirimkan akan berwarna hijau yanga artinya sukses.

6.Selamat, sekarang anda sudah berhasil mendaftar Sitemap ke Google Search Console.

Google Boot Butuh Waktu untuk Mencrawling dan Indexing Laman Website 

Ketika Anda mempublikasikan halaman baru di website Anda, Google Bot memerlukan waktu untuk mencrawling dan menindex halaman tersebut di mesin pencari. Waktu yang diperlukan untuk indexing dapat bervariasi, tergantung pada faktor seperti popularitas website, kualitas konten, dan frekuensi pembaruan konten.

Oleh karena itu, sebagai pemilik website, Anda harus bersabar dan tidak terlalu terburu-buru untuk melihat hasil indexing dari halaman baru Anda. Anda dapat mempercepat proses indexing dengan memastikan website Anda memiliki struktur yang baik, mengoptimalkan SEO, dan memperbarui konten secara teratur.

Jika Anda ingin memastikan bahwa halaman Anda diindeks dengan cepat, Anda juga dapat memanfaatkan Google Search Console dengan mengirimkan permintaan crawling manual. Namun, ingatlah bahwa meskipun permintaan crawling manual dapat mempercepat proses indexing, tetaplah bersabar dan konsisten dalam melakukan optimasi SEO agar website Anda dapat diindeks dengan efisien oleh Google Bot.


Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama