6 Cara Mudah Membuat Artikel yang Menarik

Table of Contents

Jenis-Jenis Arikel dan 6 Cara Mudah Membuat Artikel yang Menarik

Alasan Mengapa Menulis Artikel Penting: Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Membagikan Informasi yang Menarik

Menulis merupakan aktivitas yang tak asing bagi kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bisa dimulai dari hal sederhana seperti menulis pesanan pelanggan, surat, laporan, catatan rapat, hingga buku harian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran atau perasaan dengan tulisan, seperti mengarang dan membuat surat.Menulis sebenarnya adalah cara untuk mengekspresikan ide, gagasan, pikiran, bahkan pengalaman dari sang penulis. Dalam praktiknya, menulis juga dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan dengan bahasa yang terstruktur secara sistematis. Tujuan dari menulis adalah menyampaikan lambang melalui bahasa aktif dan produktif yang mudah dipahami oleh pembaca.

Artikel merupakan jenis karya tulis yang terdiri dari laporan berita, esai dalam majalah, atau surat kabar. Sebagai penulis, artikel menjadi tempat untuk menyampaikan pendapat, kritik, gagasan, hingga pikiran tentang permasalahan yang muncul di masyarakat. Artikel pun menjadi salah satu jenis tulisan yang mampu memberikan informasi dan edukasi kepada pembaca.

Maka dari itu, ketika menulis artikel, seorang penulis harus mempertimbangkan tujuan dan audiens yang ingin dicapai. Artikel harus mampu menghibur pembaca, memberikan informasi, bahkan memberikan keyakinan pada pembaca tentang suatu hal. Karena itulah, menulis artikel memerlukan kemampuan dalam mengolah kata-kata dengan baik agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.


Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Baik

Artikel adalah salah satu bentuk tulisan yang sering ditemukan di media digital maupun cetak. Sebuah artikel biasanya berisi informasi, opini, atau bahkan hiburan. Namun, tidak semua orang dapat menulis artikel dengan mudah. Bagi kamu yang ingin belajar cara membuat artikel, berikut adalah beberapa teknik dan strategi yang bisa dipraktikkan.

1. Tentukan Topik dan Tujuan Artikel

Langkah pertama dalam membuat artikel adalah menentukan topik dan tujuan. Topik adalah topik atau masalah yang akan dibahas dalam artikel, sementara tujuan adalah apa yang ingin dicapai melalui artikel tersebut. Apakah tujuannya memberikan informasi, menghibur pembaca, atau meyakinkan pembaca untuk mengambil tindakan tertentu?

2. Riset dan Kumpulkan Sumber Referensi

Setelah topik dan tujuan ditentukan, langkah selanjutnya adalah melakukan riset dan mengumpulkan sumber referensi. Sumber referensi bisa didapat dari berbagai media, seperti buku, jurnal, artikel, atau website. Pastikan sumber referensi yang dipilih relevan dengan topik dan tujuan artikel.

3. Buat Rangkuman dan Outline Artikel

Setelah riset dan pengumpulan sumber referensi dilakukan, buatlah rangkuman dari informasi yang ditemukan. Buatlah outline artikel yang berisi poin-poin utama yang akan dibahas dalam artikel. Outline ini akan membantu dalam membangun struktur artikel dan mengatur alur tulisan.

4. Mulai Menulis Artikel

Setelah outline selesai dibuat, mulailah menulis artikel. Pilihlah gaya penulisan yang sesuai dengan topik dan tujuan artikel. Pastikan penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan target pembaca. Selain itu, gunakanlah sumber referensi yang telah dikumpulkan untuk memberikan dasar dan dukungan informasi dalam artikel.

5. Edit dan Proofreading Artikel

Setelah menulis artikel selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan editing dan proofreading. Lakukan revisi dan perbaikan terhadap artikel untuk memastikan kejelasan, konsistensi, dan kesesuaian bahasa. Pastikan juga tidak ada kesalahan tata bahasa dan ejaan pada artikel.

6. Promosikan Artikel

Setelah artikel selesai diedit, saatnya untuk mempromosikan artikel agar dapat dibaca oleh banyak orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan artikel melalui media sosial atau mengirimkan artikel ke media yang sesuai dengan topik artikel. Pastikan judul artikel menarik dan ringkasan artikel menarik perhatian pembaca.

Jenis Artikel Berdasarkan Tujuan Penulisannya

1. Artikel Berita

Apa itu artikel berita? Artikel berita adalah artikel yang berisi informasi terbaru dan faktual mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Tujuan dari artikel berita adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca secara cepat dan akurat. Artikel berita biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang ringkas dan langsung pada intinya.

2. Artikel Opini

Apa itu artikel opini? Artikel opini adalah artikel yang berisi pendapat atau opini dari penulis mengenai suatu topik atau isu tertentu. Tujuan dari artikel opini adalah untuk menyampaikan pandangan atau sudut pandang penulis terhadap suatu peristiwa atau topik tertentu. Artikel opini ditulis dengan gaya bahasa yang persuasif dan biasanya dilengkapi dengan argumen yang kuat.

3. Artikel Feature

Apa itu artikel feature? Artikel feature adalah artikel yang berisi latar belakang atau cerita di balik suatu kejadian atau topik tertentu. Tujuan dari artikel feature adalah untuk memberikan wawasan yang lebih dalam dan mendalam mengenai suatu topik atau peristiwa. Artikel feature biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang lebih santai dan cerita yang menarik.

3. Artikel Panduan

Apa itu artikel  panduan? Artikel panduan adalah artikel yang berisi langkah-langkah atau tips mengenai suatu topik tertentu. Tujuan dari artikel panduan adalah untuk memberikan informasi yang berguna bagi pembaca dalam menyelesaikan suatu tugas atau mencapai suatu tujuan. Artikel panduan biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

4. Artikel Review

Apa itu artikel review? Artikel review adalah artikel yang berisi ulasan atau tinjauan mengenai suatu produk, jasa, atau kegiatan tertentu. Tujuan dari artikel review adalah untuk memberikan informasi yang objektif dan akurat mengenai suatu produk atau jasa. Artikel review biasanya ditulis dengan gaya bahasa yang kritis dan berbasis fakta.

5. Artikel Ilmiah

Apa itu artikel ilmiah? Artikel ilmiah adalah jenis artikel yang berisi hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis. Artikel ini ditulis dengan cara yang formal dan menggunakan bahasa ilmiah yang sesuai dengan aturan penulisan ilmiah. Tujuannya adalah untuk menyajikan hasil penelitian dan menciptakan wawasan baru dalam bidang tertentu. Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi.

Contoh artikel ilmiah adalah "Pengaruh pemanasan global terhadap laju pertumbuhan plankton di perairan laut Indonesia". Artikel ini dibuat berdasarkan hasil penelitian tentang dampak pemanasan global pada laju pertumbuhan plankton di perairan laut Indonesia. Artikel ini disajikan dengan bahasa ilmiah dan memberikan wawasan baru dalam bidang ekologi laut.

6. Artikel Praktis

Apa itu artikel praktis? Artikel praktis adalah jenis artikel yang berfokus pada memberikan panduan atau saran praktis dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini ditulis dengan cara yang lebih santai dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca umum. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi praktis dan membantu pembaca dalam menyelesaikan masalah tertentu.

Contoh artikel praktis adalah "10 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi". Artikel ini memberikan panduan praktis tentang bagaimana menjaga kesehatan mental selama masa pandemi COVID-19. Artikel ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca umum dan memberikan solusi praktis bagi mereka yang mengalami stres atau kecemasan.

Perbedaan antara artikel ilmiah dan artikel praktis

Perbedaan antara artikel ilmiah dan artikel praktis terletak pada tujuan akhirnya. Artikel ilmiah bertujuan untuk menciptakan wawasan baru dan memberikan kontribusi pada bidang ilmu tertentu, sedangkan artikel praktis bertujuan untuk memberikan solusi praktis bagi pembaca dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Selain itu, artikel ilmiah ditulis dengan bahasa ilmiah yang formal dan disajikan dalam jurnal atau prosiding konferensi, sementara artikel praktis ditulis dengan bahasa yang lebih santai dan disajikan dalam media online atau cetak.

Jenis-jenis Artikel Berdasarkan Cara Penulisan

Jenis-Jenis Arikel dan 6 Cara Mudah Membuat Artikel yang Menarik
Pengkategorian artikel menjadi lima jenis yang berbeda-beda, yaitu deskripsi, narasi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi, didasarkan pada tujuan dan cara penulisan dari masing-masing jenis artikel tersebut.

  1. Deskripsi adalah jenis artikel yang bertujuan untuk memberikan gambaran detail mengenai suatu objek, orang, atau situasi. Penulis melakukan deskripsi dengan cara memberikan informasi secara spesifik tentang ciri-ciri fisik atau karakteristik yang dimiliki oleh objek yang ingin dideskripsikan.
  2. Narasi adalah jenis artikel yang berfokus pada pengalaman atau cerita yang dialami oleh penulis. Dalam narasi, penulis memberikan kronologi kejadian dan mengembangkan karakter dan plot dalam cerita untuk membuat pembaca terlibat dengan cerita yang dibawakan.
  3. Argumentasi adalah jenis artikel yang bertujuan untuk membujuk pembaca dengan mengemukakan pendapat atau ide yang didukung oleh alasan atau bukti yang kuat. Penulis melakukan argumentasi dengan memberikan pendapat yang jelas dan mendukungnya dengan fakta, data, atau referensi yang relevan.
  4. Eksposisi adalah jenis artikel yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi tentang suatu topik secara objektif. Penulis melakukan eksposisi dengan memberikan definisi, konsep, atau teori yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
  5. Persuasi adalah jenis artikel yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu atau menerima suatu ide atau pandangan. Penulis melakukan persuasi dengan memberikan argumen yang kuat dan menyentuh emosi pembaca untuk meyakinkan mereka tentang pandangan atau tindakan yang diinginkan.

Jenis-jenis Artikel Berdasarkan Pembahasan

Artikel adalah bentuk tulisan yang sering ditemukan dalam media massa, baik itu dalam bentuk cetak maupun digital. Artikel dapat membahas berbagai topik, mulai dari berita terbaru, opini, analisis, hingga topik spesifik seperti kesehatan, teknologi, atau bisnis.

Jika dilihat dari pembahasannya, artikel dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis artikel populer meliputi artikel berita, artikel opini, artikel feature, artikel pendidikan, artikel kesehatan, artikel teknologi, artikel hiburan, artikel olahraga, dan artikel wisata.

Berikut pembahasan lengkap terkiat 19 jenis-jenis artikel berdasarkan pembahasan;

1. Jenis artikel ilmiah

Artikel ilmiah adalah tulisan yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan atau akademisi. Artikel ini biasanya ditulis dalam bahasa ilmiah dan menggunakan format tertentu, seperti abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil, dan kesimpulan. Tujuan dari artikel ilmiah adalah untuk menyajikan temuan baru atau pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik tertentu.

2. Jenis artikel populer

Artikel populer adalah jenis artikel yang ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. Artikel ini biasanya ditujukan untuk pembaca yang tidak ahli dalam suatu bidang tertentu dan berusaha memberikan informasi yang mudah dipahami. Jenis artikel ini sering ditemukan di majalah, tabloid, atau situs web berita online.

3. Jenis artikel opini

Artikel opini adalah tulisan yang berisi pendapat atau sudut pandang penulis tentang suatu topik tertentu. Artikel ini seringkali muncul di media massa, seperti surat kabar, majalah, atau blog, dan berusaha memberikan pemikiran atau analisis tentang suatu topik atau isu yang sedang dibahas.

4. Jenis artikel feature

Artikel feature adalah jenis artikel yang menampilkan sebuah cerita atau narasi tentang suatu topik tertentu. Artikel ini seringkali ditulis dengan sudut pandang jurnalistik dan berusaha memberikan gambaran yang lebih dalam tentang suatu topik atau isu tertentu.

5. Jenis artikel berita

Artikel berita adalah jenis artikel yang ditulis untuk memberitakan suatu kejadian atau peristiwa terbaru yang terjadi di sekitar kita. Artikel ini berusaha memberikan informasi yang akurat dan objektif tentang suatu kejadian yang sedang dibahas.

6. Jenis artikel pendidikan

Artikel pendidikan adalah jenis artikel yang berfokus pada topik terkait pendidikan, seperti pengajaran, kurikulum, metode pembelajaran, dan sebagainya. Artikel ini seringkali ditujukan untuk para guru, pengajar, atau mahasiswa.

7. Jenis artikel kesehatan

Artikel kesehatan adalah jenis artikel yang membahas topik terkait kesehatan, seperti cara hidup sehat, penyakit, obat-obatan, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

8. Jenis artikel teknologi

Artikel teknologi adalah jenis artikel yang berfokus pada topik terkait teknologi, seperti perkembangan aplikasi, gadget, jaringan komputer, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang perkembangan teknologi terbaru dan bagaimana teknologi tersebut dapat membantu kehidupan sehari-hari.

9. Jenis artikel hiburan

Artikel hiburan adalah jenis artikel yang membahas topik terkait hiburan, seperti film, musik, seni pertunjukan, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang hiburan terbaru dan memberikan panduan atau tips bagi pembaca untuk menikmati hiburan tersebut dengan lebih maksimal.

10. Jenis artikel olahraga

Artikel olahraga adalah jenis artikel yang membahas topik terkait olahraga, seperti pertandingan, atlet, pelatihan, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang dunia olahraga terbaru dan memberikan analisis atau opini tentang suatu pertandingan atau atlet tertentu.

11. Jenis artikel wisata

Artikel wisata adalah jenis artikel yang berfokus pada topik terkait destinasi wisata, seperti tempat wisata, kuliner khas daerah, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang tempat wisata terbaru, menarik, dan bermanfaat bagi para pembaca yang ingin berlibur.

12. Jenis artikel bisnis

Artikel bisnis adalah jenis artikel yang membahas topik terkait dunia bisnis, seperti perusahaan, pasar saham, investasi, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang perkembangan bisnis terbaru dan memberikan analisis atau opini tentang suatu perusahaan atau pasar tertentu.

13. Jenis artikel seni

Artikel seni adalah jenis artikel yang membahas topik terkait seni, seperti lukisan, seni rupa, teater, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang karya seni terbaru dan memberikan analisis atau opini tentang karya seni tertentu.

14. Jenis artikel fashion

Artikel fashion adalah jenis artikel yang berfokus pada topik terkait mode dan fashion, seperti trend busana, gaya hidup, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang trend fashion terbaru dan memberikan panduan atau tips bagi pembaca untuk tampil modis dan trendy.

15. Jenis artikel makanan dan minuman

Artikel makanan dan minuman adalah jenis artikel yang membahas topik terkait kuliner, seperti resep masakan, minuman sehat, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang makanan dan minuman terbaru yang enak dan sehat untuk dikonsumsi.

16. Jenis artikel lingkungan

Artikel lingkungan adalah jenis artikel yang berfokus pada topik terkait lingkungan, seperti perubahan iklim, konservasi, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang isu lingkungan terbaru dan memberikan panduan atau tips bagi pembaca untuk berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

17. Jenis artikel sejarah

Artikel sejarah adalah jenis artikel yang membahas topik terkait sejarah, seperti tokoh sejarah, peristiwa penting, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang peristiwa sejarah terbaru dan memberikan analisis atau opini tentang sejarah tertentu.

18. Jenis artikel budaya

Artikel budaya adalah jenis artikel yang berfokus pada topik terkait budaya, seperti tradisi, adat istiadat, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang budaya terbaru dan memberikan analisis atau opini tentang budaya tertentu.

19. Jenis artikel politik

Artikel politik adalah jenis artikel yang membahas topik terkait politik, seperti pemilu, kebijakan pemerintah, konflik politik, dan sebagainya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang perkembangan politik terbaru dan memberikan analisis atau opini tentang isu politik tertentu.

Kesimpulan:

Artikel adalah bentuk tulisan yang berisi informasi, opini, atau hiburan yang sering ditemukan di media digital atau cetak. Untuk membuat artikel yang baik, langkah-langkah yang bisa diikuti adalah menentukan topik dan tujuan, melakukan riset dan mengumpulkan sumber referensi, membuat rangkuman dan outline artikel, menulis artikel dengan gaya bahasa yang sesuai, melakukan editing dan proofreading, dan mempromosikan artikel.

Terdapat lima jenis artikel berdasarkan tujuan penulisannya, yaitu artikel berita, artikel opini, artikel feature, artikel panduan, artikel review, dan artikel ilmiah. Masing-masing jenis artikel memiliki tujuan yang berbeda dan gaya bahasa yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Dalam menulis artikel, penting untuk mengenali jenis artikel yang hendak ditulis dan memilih gaya bahasa yang tepat. Selain itu, pemilihan sumber referensi yang relevan dan melakukan editing serta proofreading adalah hal yang penting untuk menghasilkan artikel yang berkualitas tinggi.
Galih Enggar

Teknologi enthusiast �� suka main game dan nonton anime.����

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads