Google Cendekia Mesin Pencari Literatur Ilmiah

Tips Menggunakan Google Cendekia

Google cendekia mesin pencari literatur ilmiah. Kata ini mungkin sudah tidak asing bagi mahasiswa, peneliti, atau akademisi, mesin pencari jurnal dan literatur ilmiah ini telah dipakai oleh berbagai civitas akademika.


Daftar Isi:

  1. Apa itu Google Cendekia
  2. Kelebihan dan Kekurangan Google Cendekia
  3. Cara Submit Jurnal Ilmiah
  4. Setting Profil & Kode Verifikasi
  5. Hacks Tips Mencari Jurnal Ilmiah di Google Cendekia
  6. Situs Alternatif Serupa Google Cendekia


Google Cendekia atau juga dikenal dengan google Scholar, merupakan mesin pencari khusus yang dikembangkan oleh google, dengan fokus pencarian terbatas hanya meliputi jurnal dan literatur ilmiah saja.


Jika kamu adalah mahasiswa, peneliti, atau akademisi yang sedang mencari alat yang bagus, Google Cendekia dapat kamu gunakan untuk mencari literatur ilmiah.


Di artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu Google Cendekia, cara menggunakannya dengan efektif, dan solusi alternatif untuk penelitian akademis.


Google Cendekia Mesin Pencari Literatur Ilmiah


Apa itu Google Cendekia?

Google Cendekia merupakan mesin pencari akademis gratis yang menyediakan cara sederhana untuk mencari literatur ilmiah dari berbagai disiplin ilmu dan sumber. Ini mencakup artikel, tesis, buku, abstrak, dan opini pengadilan dari penerbit akademis, komunitas profesional, repositori online, universitas, dan situs web lainnya.


Tujuan Google Cendekia adalah memberi peringkat dokumen berdasarkan cara peneliti melakukannya. Ini mempertimbangkan faktor seperti teks lengkap setiap dokumen, tempat publikasi, siapa yang menulisnya, dan seberapa sering dan baru dokumen tersebut dikutip dalam literatur ilmiah lainnya.


Kelebihan dan Keterbatasan Google Cendekia

Google Cendekia adalah mesin pencari akademik yang menyediakan akses ke berbagai sumber ilmiah, dengan keunggulan cakupan yang luas, akses gratis, antarmuka pengguna yang mudah, serta fitur kutipan dan pembaruan. 

Baca Juga
Seputar Google: Tips & Trik


Namun, ia memiliki keterbatasan, seperti kurangnya kontrol kualitas, opsi pencarian terbatas, dan pengindeksan yang tidak selalu lengkap. Beberapa konten mungkin juga memiliki kendala hak cipta. Google Cendekia cocok untuk pencarian cepat dan hemat biaya, tetapi perlu dilengkapi dengan basis data khusus dan sumber daya perpustakaan untuk penelitian yang lebih komprehensif dan berkualitas.

Cara Menyerahkan Jurnal ke Google Cendekia

Jika kita ingin mempublikasikan jurnal di Google Cendekia, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke akun Google Cendekia kita.
  2. Klik tombol "+" di bagian kiri atas layar.
  3. Pilih "Tambahkan artikel secara manual."
  4. Isi informasi tentang artikel kita, seperti judul, penulis, dan abstrak.
  5. Unggah file PDF artikel kita.
  6. Klik "Simpan."
  7. Tunggu sebentar hingga artikel kita terindeks oleh Google Cendekia.

Ingat, untuk mempublikasikan jurnal di Google Cendekia, artikel tersebut harus sudah dipublikasikan secara online (nasional atau internasional) terlebih dahulu dan memenuhi kriteria tertentu, termasuk kualitas dan relevansi dengan bidang ilmu tertentu.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Google Cendekia

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Google Cendekia

Apa itu kode verifikasi google cendekia? Kode verifikasi ini adalah kode yang menyatakan keabsahan identitas kita menggunakan email edu atau email bisnis. 

Apakah Submit/Kirim jurnal harus verifikasi? Tidak, namun dengan kita melakukan verifikasi, profil user google cendekia kita akan muncul di kolom pencarian google cendekia.

Bagaimana mendapatkan email dengan domain edu? Jika kamu adalah seorang siswa atau mahasiswa, biasanya dari pihak sekolah atau kampus memiliki email khusus bagi pesertanya. Maka dari itu kamu bisa bertanya kepada pihak akademik di sekolah atau kampus kamu, apakah menyediakan email khusus mahasiswa. 

Apakah menggunakan bisa email dari google.com? tidak bisa, google tidak mengizinkan menggunakan dari domain yang sama.

Jika tersedia, kamu bisa menggunakan email tersebut, biasanya emailnya akan memiliki format seperti berikut; Ahmashasan@smknegeri1.ac.id, Dindaputri@sma3bogor.edu, Linartihutagaol@lambungmangkurat.ac.id

Hacks Email verifikasi Google Cendekia

Dijelaskan sebelumnya bahwa, google tidak mengizinkan kita untuk menggunakan email yang berdomain google.com. Selain domain google, domain seperti yahoo dan outlook juga tidak dizinkan sebagai email verifikasi google cendekia.


Maka dari itu kita dapat menggunakan email dari domain lain, untuk mendapatkan email verifikasi google cendekia kamu bisa menggunakan layanan email sementara atau temporary email.

Cukup cari di google dengan kata kunci "temp mail edu" atau "email sementara edu". Cara ini berhasil digunakan. Lihat gambar berikut ini

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Google Cendekia


Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Google Cendekia


Dari gambar diatas Yahoo dan Outlook tidak dapat digunakan sebagai email penerima verifikasi. Namun dengan menggunakan email sementara dari email sementara dari edumail.icu dapat diterima oleh sistem google.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Google Cendekia

Tulis username dengan nama kamu >> pilih nama domain yang kamu inginkan >> Create untuk membuat  email baru dengan temp mail. Selanjutnya cukup salin email itu dan masukan ke google cendekia.

Jika sudah nanti hanya perlu refresh bagian inbox email sementara.


Kenapa saya gagal verifikasi? Hal ini karena kesalahan url. untuk mengatasi ini kita hanya perlu menghapus URL awal.

Bagaimana cara mendapatkan url verifikasi? 

Jika email verifikasi telah ada di inbox, normalnya kita hanya perlu mengklik tombol "VERIFIKASI ALAMAT EMAIL". Karena hal ini gagal kita bisa menyalin link yang terdapat pada tombool verifikasi alamat email dengan cara klik kanan pada mouse pad dan salin tautan. Berikut preview-linknya

https://anon.ws/?https://scholar.google.com/citations?update_op=verify_email.........

https://anon.ws/? kita hapus dan menyisakan link verifikasi yang valid saja, yang berawal an https://scholar.google.com/citations....... . 

Cara Menggunakan Google Cendekia: Teknik Pencarian dan Tips

Untuk mengoptimalkan penggunaan Google Cendekia dan melakukan penelitian dengan efisien, berikut adalah beberapa teknik pencarian dan tips:

  • Gunakan Pencarian Lanjutan: Saring pencarian kita dengan menggunakan fitur pencarian lanjutan untuk mencari dalam bidang-bidang tertentu seperti penulis, judul, atau publikasi.
  • Gunakan Tanda Kutip: Untuk mencari frasa tertentu, letakkan dalam tanda kutip untuk hasil yang lebih tepat.
  • Gunakan Operator Boolean: Google Cendekia mendukung operator Boolean seperti DAN, ATAU, dan TIDAK. Dengan menggunakan operator-operator ini, kita bisa menggabungkan atau mengesampingkan istilah tertentu untuk menyempitkan hasil pencarian kita.
  • Cari dalam Publikasi Tertentu: Jika kita mencari artikel dalam jurnal atau publikasi tertentu, kita bisa menggunakan operator "site:" diikuti dengan situs web atau domain publikasi tersebut.
  • Manfaatkan Filter Lanjutan: Google Cendekia menyediakan berbagai filter untuk menyaring hasil pencarian kita. Kita bisa menyaring berdasarkan tanggal publikasi, penulis, dan lainnya untuk menemukan artikel yang paling relevan dan terbaru.
  • Jelajahi Karya Terkait dan Kutipan: Google Cendekia menampilkan karya terkait dan kutipan untuk setiap artikel. Ini bisa menjadi sumber berharga untuk menemukan sumber tambahan yang relevan dan memperluas penelitian kita.
  • Buat Pustaka Google Cendekia: Kita bisa membuat pustaka pribadi di dalam Google Cendekia untuk menyimpan artikel, mengorganisasi mereka dengan label, dan mengaksesnya dengan mudah dari perangkat mana pun. Fitur ini memungkinkan kita untuk melacak penelitian kita dan mengakses artikel yang telah disimpan dengan praktis.
  • Buat Peringatan Email: Tetap terinformasi tentang penelitian baru di bidang kita dengan mengatur peringatan email untuk kata kunci atau penulis tertentu. Google Cendekia akan mengirimkan notifikasi saat artikel baru yang sesuai dengan kriteria kita dipublikasikan.

Meskipun Google Cendekia adalah alat yang sangat bagus untuk penelitian akademis, kita harus selalu mengevaluasi sumber-sumber yang kita temukan secara kritis dan membandingkannya dengan basis data dan perpustakaan yang terpercaya.

Solusi Alternatif Selain Google Cendekia

Jika kita mencari solusi alternatif selain Google Cendekia, pertimbangkan mesin pencari akademis berikut:

  • WorldCat
  • ERIC
  • ScienceDirect
  • Academia
  • RefSeek
  • BASE
  • ResearchGate
  • Semantic Cendekia
  • Microsoft Academic
  • Science.gov
  • DOAJ (Directory of Open Access Journals)
  • Garuda Kemdikbud
  • Z-Lib

Setiap mesin pencari ini memiliki fitur dan manfaat unik. Misalnya, Microsoft Academic adalah alat pencarian gratis dari Microsoft Research yang tidak hanya memberikan banyak pilihan untuk penelitian kita, tetapi juga memungkinkan kita berkolaborasi dengan rekan-rekan sejawat dalam komunitas ilmiah dan terhubung dengan profesional industri untuk memulai karir. 


RefSeek adalah mesin pencari yang fokus pada akademik yang mencari miliaran dokumen seperti halaman web, buku, ensiklopedia, jurnal, surat kabar, dan lain-lain. WorldCat adalah katalog global koleksi perpustakaan yang memungkinkan kita mencari buku, artikel, dan materi lainnya di perpustakaan di dekat kita.


Dengan menggunakan lebih dari satu mesin pencari, kita akan memiliki lebih banyak pilihan untuk memperbaiki keterampilan penelitian kita dan menemukan sumber yang paling relevan dan tepercaya untuk pekerjaan akademis kita.


Kesimpulan

Google Cendekia adalah sumber daya berharga bagi akademisi dan peneliti. Dengan menguasai teknik pencarian dan tahu kapan untuk menjelajahi solusi alternatif, kita dapat meningkatkan penelitian akademis kita dan menemukan informasi yang kita butuhkan dengan lebih efisien. Selalu ingat untuk mengevaluasi sumber-sumber kita secara kritis untuk mendapatkan informasi yang tepercaya dan relevan dalam bidang kita.

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads