Cara Membuat Google Form & Settingan Yang Tepat

Table of Contents
Cara Membuat Google Form & Settingan Yang Tepat


Bagaimana cara membuat google form? Apakah susah? Tidak sudah sama sekali! namun dibutuhkan fokus yang baik agar kuesioner dapat digunakan dengan baik sesuai fungsinya.


Membuat angket atau kuesioner memang sangat menyita konsentrasi. Dalam sudut pandang peneliti google form merupakan mata pedang yang akan digunakan mencari data-data. Jika kita sebagai peneliti ceroboh dalam menyusun kuesioner menggunakan google forms (gforms), maka kedepannya dapat menyulitkan kita dalam olah data.


Selain penelitian, google form digunakan untuk apa saja? Dewasa ini seperti mahasiswa atau pekerja biasanya menggunakan tools dari google ini untuk absensi, pengumpulan berkas, riset. Selain itu layanan ini dapat digunakan untuk kelas virtual, jadi seorang guru dapat memberikan soal menggunakan gform.


Dengan fitur automasinya, gform sangat mudah digunakan dan keunggulan lainnya layanan ini gratis. Cukup login dengan akun google email (GMail) kita dapat leluasa menggunakan layanan tersebut.


Dalam pembahasan ini, aku akan membahas cara membuat google forms untuk absensi, kuis, dan angket penelitian.

Apa itu Google Form?

Google form atau gform merupakan layanan formulir elektronik yang disediakan secara gratis oleh google. Kata "Form" dirujuk dari bahasa inggris yang berarti "formulir", gform adalah inovasi dari formulir konvensional, dapat dikatakan menjadi pengganti formulir konvensional karena dapat menjangkau audiens yang luas.


Saat ini gform telah dimanfaatkan menjadi berbagai bidang, dari pengajar, pelajar, hingga kalangan pekerja. Dalam bidang studi belakangan ini yang dipengaruhi pandemi, beberapa guru memanfaatkan gform ini menjadi kelas virtual.


Sedangkan implementasi sebagai pelajar/mahasiswa, biasanya mereka memanfaatkan layanan ini untuk mengorganisir kelas mereka atau untuk penyelesaian tugas seperti karya ilmiah. Tidak hanya itu kalangan pekerja/karyawan juga manggunakannya untuk screening data customer, absensi pegawai, mengoleksikan/mengarsipkan data dan lain-lain.


Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Dalam pembahasan ini kita akan membahas singkat terkait bagaimana cara membuat gform dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah gforms, hingga cara mempublikasinya. 


Pertama-tama kamu harus masuk kedalam laman google form terlebih dahulu, berikut linknya https://docs.google.com/forms/u/0/. Jika sudah perhatikan langkah-langkah berikut ini.


Langkah 1: Buka Google Drive dan Login

Pertama-tama, buka browser favorit kamu dan akses Google Drive. Pastikan kamu sudah login dengan akun Google. Jika belum memiliki akun Google, kamu dapat membuatnya dengan cepat dan gratis.

Langkah 2: Buat Google Form

Setelah berhasil login ke Google Drive, klik tombol "Buat" di pojok kiri atas layar. Kemudian, pilih opsi "Lebih banyak" dari menu dropdown yang muncul. Di dalam submenu, pilih "Google Form."

Langkah 3: Beri Judul pada Form

Sekarang kamu akan diarahkan ke halaman baru yang berisi form kosong. Di bagian atas halaman ini, kamu bisa memberikan judul untuk form yang akan kamu buat. Misalnya, jika kamu ingin membuat survei kepuasan pelanggan, kamu dapat menuliskan judul "Survei Kepuasan Pelanggan" di sini. Pastikan judul yang kamu pilih mencerminkan tujuan dari form yang kamu buat.

Langkah 4: Tambahkan Pertanyaan

Langkah selanjutnya adalah menambahkan pertanyaan ke dalam form. Klik tombol "Tambahkan pertanyaan" untuk memulai. Google Form menyediakan berbagai jenis pertanyaan yang dapat kamu pilih, seperti pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan singkat, pertanyaan paragraf, atau pertanyaan dengan pilihan dropdown.

Langkah 5: Edit Pertanyaan dan Pilihan

Setelah memilih jenis pertanyaan yang sesuai, kamu dapat mengedit teks pertanyaan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan pilihan jawaban atau petunjuk tambahan jika diperlukan. Jangan lupa untuk menentukan apakah pertanyaan tersebut wajib diisi atau bersifat opsional.

Langkah 6: Tambahkan Pertanyaan Tambahan

Jika kamu memiliki lebih banyak pertanyaan yang ingin ditambahkan, kamu dapat menggunakan langkah ini untuk menambahkan pertanyaan baru. Klik tombol "Tambahkan pertanyaan" lagi dan tambahkan pertanyaan sesuai kebutuhan kamu.

Langkah 7: Selesai dan Bagikan

Setelah kamu telah menambahkan semua pertanyaan yang dibutuhkan dan merasa puas dengan form yang kamu buat, kamu bisa mengklik tombol "Selesai" yang terletak di pojok kanan atas layar. Google Form akan secara otomatis menyimpan perubahan yang kamu buat.

Sekarang, kamu dapat membagikan link ke Google Form ini kepada responden kamu. Mereka dapat mengisi form tersebut secara online, dan semua jawaban akan secara otomatis terkumpul dalam spreadsheet yang terhubung dengan Google Form tersebut.

Dengan langkah-langkah yang sederhana ini, kamu telah berhasil membuat Google Form untuk berbagai keperluan, mulai dari survei hingga pendaftaran. Ini adalah cara yang efisien dan efektif untuk mengumpulkan data dan informasi yang kamu butuhkan dalam dunia digital yang modern. Selamat mencoba!

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Google Form untuk mempermudah berbagai kegiatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengoptimalkan penggunaan Google Form untuk keperluanmu.

Cara Setting Wajib Isi Otomatis di Google Form

Dalam membuat pertanyaan wajib diisi secara default di Google Form, ikutin langkah-langkah berikut, ya:
  • Buka Google Form yang kamu mau edit atau bikin form baru.
  • Tambahin pertanyaan yang kamu mau jadi pertanyaan wajib diisi.
  • Klik pertanyaan itu buat buka menu opsi.
  • Pilih ikon pensil di sebelah kanan pertanyaan atau klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas pertanyaan.
  • Di menu opsi, pilih "Pilihan pertanyaan".
  • Nyala-in opsi "Wajib diisi" dengan klik kotak centang di sebelah "Wajib diisi".
  • Klik "Simpan" buat nyimpen perubahan.

Dengan nyalain opsi "Wajib diisi" buat pertanyaan tertentu, orang yang isi formulir harus jawab pertanyaan itu dulu sebelum mereka bisa lanjut ke pertanyaan berikutnya.

Tapi kalau punya lima puluh (50) pertanyaankan ribet kalau harus satu persatu, nah ini caranya biar kamu gak ribet-ribet pakai cara yang diatas tadi.

  • Buka Google Form yang telah kamu buat
  • Masuk ke menu setelan
  • Cari pengaturan bagian bawah, disana ada terdapat keterangan berikut "Buat pertanyaan wajib diisi secara default"
  • Cukup aktifkan saja maka semua pertanyaan kamu gak akan takut terlewat.

Cara Ubah Font di Google Form

Buka formulir Google yang ingin kamu ubah fontnya.

  • Di bagian atas formulir, klik ikon "Tema" yang berbentuk icon palet warna.
  • Akan muncul jendela "Pengaturan Tema". Pada bagian atas jendela, kamu akan melihat opsi "Font". Klik pada opsi ini.
  • Kamu akan melihat daftar font yang tersedia. Pilihlah font yang ingin kamu gunakan untuk formulir kamu.
  • Setelah memilih font, kamu dapat melihat tampilan pratinjau di sebelah kanan jendela. Jika sudah puas dengan hasilnya, klik tombol "Simpan" di bagian bawah jendela.
  • Font pada formulir Google kamu akan diubah sesuai dengan pilihan yang kamu buat.

Perlu diingat bahwa perubahan font hanya akan berlaku untuk tampilan formulir dan tidak akan mempengaruhi font pada tanggapan yang dikumpulkan.

Kesimpulan & Penutup

Membuat Google Form tidaklah sulit, meskipun memerlukan konsentrasi yang baik agar kuesioner dapat digunakan dengan efektif. Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk berbagai keperluan, termasuk penelitian, absensi, pengumpulan berkas, dan kelas virtual. 

Dengan fitur otomatisasinya yang mudah digunakan dan gratis, Google Form menjadi pilihan yang cerdas. Artikel ini telah menjelaskan langkah-langkah sederhana untuk membuat Google Form dan beberapa fitur tambahan yang dapat digunakan.

Dengan Google Form, kamu dapat dengan mudah membuat kuesioner dan formulir online untuk berbagai keperluan. Selain itu, kamu juga dapat mengatur pertanyaan wajib diisi secara otomatis dan mengubah font sesuai keinginan. 

Dengan ini, kamu siap untuk memanfaatkan alat ini dalam kegiatan sehari-harimu, baik dalam pendidikan, pekerjaan, atau penelitian. Jadi, jangan ragu untuk memulai penggunaan Google Form yang lebih efisien dan praktis. Selamat mencoba!


www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads