Tips Smartphone Android Super Ngebut

Tips Smartphone Android Super Ngebut
Tips Smartphone Android Super Ngebut

Tips Smartphone Android Super Ngebut

Android mungkin adalah sistem operasi terbaik dan terpopuler saat ini! Miliaran perangkat seluler didukung oleh Android saat ini.

Tapi, kita semua menghadapi satu hal ini ketika datang ke smartphone kita. Masalah perlambatan kinerja dari waktu ke waktu.

Ketika kami pertama kali membeli ponsel kami, itu berjalan cepat, bukan? Kemudian seiring waktu, itu mulai berjalan perlahan dan lebih lambat. Ini adalah masalah umum yang kita semua hadapi.

Tapi, jangan khawatir! Dengan menggunakan tutorial ini, kamu dapat mempercepat Ponsel Android hanya dalam hitungan menit.

1. Identifikasi Masalahnya

Hal pertama dan selalu perlu kita lakukan dalam hal apa pun dari suatu masalah adalah mengidentifikasi penyebab di baliknya. Kita perlu menentukan apakah – apakah ini sebuah aplikasi? Banyak aplikasi? Atau sistem itu sendiri?

Bagaimana kita melakukannya?

Aplikasi luar biasa di Play Store yang dikembangkan oleh Qualcomm disebut Trepn Profiler. Ini adalah aplikasi pembuatan profil kinerja agar dapat membantu mengidentifikasi aplikasi yang memonopoli sumber daya CPU di ponsel Android.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
cari permasalahan

Jikalau kalian mungkin berpikir bahwa ini dikembangkan oleh Qualcomm, sehingga hanya boleh berjalan pada perangkat yang didukung oleh chip Qualcomm.

Nah, jawabannya adalah tidak, ini berjalan pada perangkat dengan Snapdragon, Exynos, MediaTek, serta prosesor lainnya, tetapi beberapa fitur hanya tersedia di perangkat yang menampilkan prosesor mereka.

Ini akan menunjukkan kepada frekuensi cpu real-time serta beban untuk masing-masing core, grafik kinerja untuk setiap Core, ikhtisar lalu lintas jaringan untuk data dan Wi-Fi, beban GPU serta penggunaan RAM, dll.

Monitor Penggunaan CPU akan memantau penggunaan CPU oleh setiap aplikasi, serta kamu juga dapat menyimpan data ini secara offline untuk analisis nanti.

Setelah proses identifikasi masalah dan penyebabnya, Kamu dapat mengerjakan solusinya.

Unduh Trepn Profiler Di Play Store.

2. Bersihkan Beberapa Ruang

Ponsel Android kamu membutuhkan ruang untuk bernapas. Semua foto yang telah diambil dan semua aplikasi terinstal di ponsel dapat memengaruhi kinerja ponsel kamu.

Memiliki banyak aplikasi yang diinstal pada ponsel kamu dan menjaga ponsel tetap berjalan di ruang penyimpanan rendah secara signifikan memengaruhi kinerja.

Artikel Terkait: Memulihkan file yang dihapus sementara di komputer

Semakin besar jumlah aplikasi terinstal pada ponsel android, semakin besar jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, memakan RAM dan CPU.

Kamu dapat memeriksa status penyimpanan dengan menuju ke Pengaturan → Penyimpanan, untuk dapat melihat aplikasi mana menggunakan berapa banyak ruang penyimpanan hanya dengan masuk ke bagian Aplikasi.

Ketuk aplikasi yang tidak perlu dan klik Uninstall.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
Uninstal aplikasi

Hal lain yang perlu kita hapus adalah file. Ini termasuk foto, dokumen, video, sertafile unduhan.

Sering kali kami mengunduh file untuk penggunaan sementara dan lupa menghapusnya. File-file itu hanya duduk di sana tanpa melakukan apa-apa. Untuk menghapus file-file tersebut, masuk ke unduhan, pilih file kemudian hapus dengan klik tombol hapus.

Kamu dapat menemukan lebih banyak file untuk dihapus di bagian Lainnya; file-file ini mungkin merupakan cadangan yang diterima melalui Bluetooth, daftar putar, atau APK. Pilih file yang ingin hapus dan ketuk tombol Bin.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
Hapus data

Jenis file lain yang mengguras banyak ruang di ponsel android kamu adalah data cache. Data cache biasanya digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat berbagai tugas, tetapi itu bisa menjadi masalah jika kehabisan ruang.

Ketuk bagian data cache dan klik Ok untuk mengonfirmasi penghapusan data cache dari ponsel android.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
Hapus data cahce

3. Hapus Widget yang Tidak Perlu

Memiliki widget di layar beranda mungkin bisa membantu, tetapi mereka cenderung berdampak pada sumber daya. Jika memiliki terlalu banyak Widget yang berjalan di layar beranda, pertimbangkan untuk menghapus beberapa widget.

Tidak ada salahnya menyimpan beberapa dari mereka tetapi menjaga yang tidak perlu setelah berjalan mungkin mempengaruhi kinerja perangkat andorid

4. Kurangi Animasinya

Bergantung pada launcher yang kamu gunakan, atau bahkan dalam sistem default, berbagai animasi berlangsung setiap kali kita menyentuh, membuka, atau menutup apa pun.

Animasi ini mungkin tampak hebat dalam aksinya, tetapi mereka cenderung menggunakan sumber daya GPU & CPU untuk merendernya dengan lancar. Jika ponsel android mogok/Hang, melambat, atau berhenti sesekali, menonaktifkan animasi tersebut dapat membantu.

Kamu dapat memeriksa pengaturan peluncur untuk menonaktifkan animasi. Untuk menonaktifkan animasi sistem, Kamu perlu mengaktifkan opsi pengembang.

Buka Pengaturan → Tentang Telepon dan ketuk Nomor Build 7 kali.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
Aktifkan Opsi Pengembang

Sekarang, kembali ke Pengaturan, serta kamu akan melihat Opsi Pengembang di sana. Ketuk, buka bagian Menggambar, dan atur durasi skala Window, Transition, dan Animator ke Off.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
Mematikan Animasi

Kamu juga dapat mengatur nilainya sesuai dengan sesuai pilihan, tetapi mematikannya dapat menghemat beberapa sumber daya CPU untuk mempercepat ponsel android.
5. Format Ponsel
Ini adalah satu hal yang pasti akan berhasil jika ada yang gagal. Seringkali, kita menginfeksi ponsel kita dengan beberapa jenis virus, malware, atau junkware.

Dalam menggunakan telepon, kami membuat banyak file sampah, menginstal aplikasi dari siapa tahu di mana, mengunduh banyak file, dan membuat banyak cache, thumbnail, dan file log.

Topik Terkait: Cara Mengunci Folder Menggunakan Kode Notepad

Pilihan terbaik untuk mempercepat ponsel adalah memformatnya sepenuhnya dalam kasus seperti itu. Ponsel akan sebagus yang baru dan memang akan berkinerja lebih baik.

Buka Pengaturan → Cadangkan & Atur Ulang dan pilih Reset Data Pabrik untuk memformat telepon.

Tips Smartphone Android Super Ngebut
reset data pabrik

6. Mulai Ulang/Restart Ponsel

Seperti yang mungkin kamu ketahui, memulai ulang telepon adalah solusi pertama untuk harus dicoba pada masalah teknis apa pun yang mungkin terjadi. Dalam hal ini, tidak terkecuali.

Kami selalu memiliki banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang; mereka selalu memiliki banyak data cache dan proses latar belakang yang membantu memperlambat ponsel kamu.

Memulai ulang ponsel akan menghentikan banyak aplikasi serta proses latar belakang, membantu memperbaiki beberapa masalah jika memilikinya serta dapat meningkatkan kecepatan ponsel kamu.

Sekarang, saya pindah ke tip berikutnya, mengingat kamu tahu cara me-restart ponsel.

7. Ubah Kebiasaan

Kebiasaan penggunaan sehari-hari memainkan peran penting dalam kinerja ponsel cerdas dalam jangka panjang. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat gunakan untuk memastikan umur panjang kinerja ponsel cerdas kamu.
  1. Mulai ulang ponsel sekali sehari
  2. Jangan gunakan terlalu banyak aplikasi media sosial
  3. Bersihkan RAM perangkat sesekali
  4. Tutup aplikasi setelah multitasking
  5. Jangan biarkan ponsel terlalu panas
  6. Jangan menginstal aplikasi dari sumber selain Play Store
  7. Jika memungkinkan, jangan gunakan peluncur pihak ketiga
  8. Jangan gunakan App Lock serta semua jenis screensaver pengisian daya
  9. Jangan gunakan aplikasi penguat kecepatan atau penguat RAM apa pun
Sekarang, saya tahu banyak dari kalian mungkin berpikir bahwa yang terakhir seharusnya membantu mempercepat ponsel karena membersihkan RAM. Nah, di sinilah banyak yang salah.

Meskipun benar bahwa aplikasi penguat memori seperti itu menghapus RAM, untuk melakukan pembersihan RAM, mereka cenderung menggunakan RAM untuk diri mereka sendiri.

Beberapa aplikasi seperti media sosial, perpesanan, peluncur, serta aplikasi bawaan lainnya seperti Layanan Google selalu berjalan. Saat menghapus RAM menggunakan aplikasi penguat RAM, memaksanya untuk menutup. Tetapi mereka tidak tetap tertutup; ponsel kita membutuhkan mereka dalam tindakan untuk bekerja dengan benar.

Jadi, aplikasi ini restart hampir seketika setelah kamu membersihkan RAM Android; percayalah, melanjutkan aplikasi ini sangat membebani CPU perangkat. Sebuah studi menemukan bahwa membersihkan RAM sangat sering mempercepat degradasi kinerja ponsel jauh lebih cepat.

Jadi, disarankan untuk menjauh dari aplikasi semacam itu, karena mereka akan membantu kamu mempertahankan kinerja jangka panjang ponsel Android. Tapi, apa pun yang kami lakukan! Ponsel kita akan selalu menjadi lebih lambat dan lebih lambat seiring kemajuan teknologi.
www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads