Cara Memulihkan File yang Terhapus Sementara di Komputer

cara memulihkan file yang dihapus sementara di komputer

Bagaimana anda dapat memulihkan file yang dihapus sementara di komputer?


Adakalanya kita perlu menghapus file-file sampah di perangkat agar memori penyimpanan lebih luas, hal ini biasanya dilakukan ketika ingin menyimpan file baru atau menginstal aplikasi.


Tak ayal untuk melakukanya lebih cepat kita menyeleksi semuanya dengan (CTRL+A) kemudian menghapus sementara atau bahkan permanen. Jika tidak teliti dalam menyortir bisa saja file penting kamu akan tidak sengaja ikut terhapus bersama-sama.

Baca juga: cara menghapus file di komputer dengan aman

Tidak perlu khawatir karena file yang tidak sengaja terhapus biasanya akan berpindah tempat. Berpindah tempat? Iya, file yang terhapus benar akan hilang dari file explorer, namun masih tetap ada dalam penyimpanan. Untuk menemukanya kembali kamu dapat cari di Recycle Bin, yang letaknya berada di (kiri atas layar desktop)

Cara mengatasi memulihkan file yang dihapus sementara di komputer. Kamu dapat melakukan dua langkah sederhana ini, simak baik-baik tips singkat berikut.

1. Kunjungi Recycle Bin dan temukan file yang kamu ingin pulihkan kembali. Cukup klik kanan pada file dan pilih Restore, maka dengan otomatis file akan kembali ke tempat semula.

Jika pada tahap ini kamu telah berhasil, selamat kamu sudah dapat memulihkan file yang dihapus sementara. Biasanya tidak hanya file tadi yang ingin kamu pulihkan, mungkin mendapati file yang dulu tidak terhapus dan kamu ingin memulihkan nya juga.

Jangan asal restore jika kamu tidak yakin tahu dimana tempat (direktori) penyimpanan file. Untuk hal ini gunakan cara ke dua.

2. Jika tidak sengaja menemukan file di Recycle Bin jangan asal restore, terlebih jika kamu lupa dimana menyimpannya. Caranya kamu dapat melakukan pemindahan file, dengan cara (CTRL + X = move) kemudian pilih tempat penyimpanan yang baru, misal di direktori 'Dokumen' langsung saja paste dengan short cut (CTRL + V)

Sekian TIPS singkat yang dapat kami berikan semoga dapat membantu rekan-rekan yang membutuhkan.
www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads