12 Shortcut Excel yang Wajib Kamu Tahu

Kumpulan shortcut excel dan penjelasannya


Siapa yang gak tau Excel, Aplikasi pengolah data dari Microsoft ini populer di kalangan pekerja kantoran. Bahkan beberapa Perekrutan mensyaratkan kandidatnya untuk menguasai Excel. Excel memiliki laman kerja yang berbentuk baris dan kolom, Baris cell di ditandai dengan nomor dan bagian kolom ditandai dengan huruf.

Di Dalam cell kita dapat memberikan input baik teks maupun numerik, namun penggunaan Excel sebagai mana pada umumnya adalah pengolah data, data numerik yang diolah menggunakan operasi matematika atau statistik. Oleh karena itu aplikasi ini adalah aplikasi yang kompleks, namun pada artikel kali ini aku akan memberikan pintasan keyboard yang dapat diterapkan pada Excel.

Pintasan keyboard atau Shortcut dapat membantu untuk menyelesaikan tugas di Excel dengan lebih cepat dan efisien. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang pintasan keyboard yang paling berguna di Excel, termasuk cara mengakses perintah yang sering digunakan, mengatur format cell, dan mengelola data. Dengan menggunakan pintasan keyboard ini, kamu dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas saat bekerja dengan spreadsheet.

Navigasi

  • Navigasi Cepat: CMD/Ctrl+ arrow keys
  • Ganti Lembar: CMD/ctrl+ Fn + Up/Down

Pilihan

  • Pilih Semua: CMD/Ctrl + a
  • Pilihan Kolom dengan Cepat: CMD/Ctrl + SHIFT + arrow keys
  • Pilih Baris: SHIFT + SPACE
  • Pilih Kolom: CMD/Ctrl + SPACE

Operasi Baris

  • Hapus Baris: CMD/Ctrl + —
  • Tambahkan Baris: CMD/Ctrl+ SHIFT + +

Mengisi Cell

  • Isi Kiri: CMD/Ctrl+ r
  • Isi Atas: CMD/Ctrl+ d

Pintasan Bonus 

  • SUM Total: CMD/Ctrl+ SHIFT + t
  • Alihkan Filter: CMD/Ctrl+ SHIFT + f
  • Tempel Spesial: CMD/Ctrl+ Control/Alt + v

Shortcut Navigasi

Cara Navigasi Cepat di Excel: Kalau punya data dengan ratusan baris dan kolom kamu bisa pakai CMD/Ctrl+ arrow keys dengan shortcut ini kamu bisa pergi dari ujung cell hingga ke ujung cell lainnya.

Cara Pindah Lembar/Sheet di Excel: Excel juga punya lembar cell yang berbeda, tujuannya agar memudahkan kita mengolah data dengan menjaga tetap rapi. Shortcut ini bisa digunakan jika kamu ingin melompat ke lembar atau sheet berikutnya cmd/ctrl+ Fn + Up/Down.

Shortcut Seleksi.

Cara Seleksi cell di Excel: Mungkin cara ini yang paling mudah dari pintasan lainnya, bagi yang sudah pernah menggunakan produk microsoft lainnya, pasti tahu cara untuk menyeleksi semua atau select all. Yaitu cukup menggunakan kunci CMD/Ctrl +


Cara Seleksi kolom di Excel: Caranya cukup mudah, kamu dapat menggunakan CMD/Ctrl + SHIFT + arrow keys  untuk dapat memilih tiap baris atau kolom yang ingin kamu copy atau olah. Jika kamu ingin menyeleksi 5 dari 10 cell yang ada kamu bisa menggunakan SHIFT + arrow keys saja.


Cara Seleksi Baris di Excel: Kalau kamu ingin menyeleksi baris di Excel kamu bisa menggunakan SHIFT + SPACE.


Cara Seleksi Kolom di Excel: Untuk menyeleksi kolom kamu cukup menggunakan kombinasi CMD/Ctrl + SPACE untuk memilih kolom secara keseluruhan secara langsung.

Hapus dan Tambah baris.

Cara Hapus Baris di Excel: ada kalanya beberapa baris harus dihapus karena kesalahan atau error, untuk menghapus baris tersebut kamu dapat menggunakan CMD/Ctrl +  agar dapat menghapus baris di excel secara instan.

Cara Menambahkan Baris dan Kolom di Excel: Caranya cukup mudah, gunakan pintasan CMD/Ctrl+ SHIFT + + (pilih baris/kolom) . Pilih kolom atau baris terlebih dahulu, kemudian gunakan shortcut diatas, maka otomatis sel akan bertambah.

Mengisi Cell secara masal.

Cara mengisi cell secara masal di Excel caranya cukup mudah, Gunakan CMD/Ctrl+ r namun sebelum itu kamu harus menyeleksi area/cell paling kiri terlebih dahulu, maka setelahnya cell sisi kanan dalam area seleksi akan terisi otomatis.


Jika tadi mengisi cell baris secara massal, selanjutnya adalah cara mengisi cell ke bawah secara masal. Untuk cara ini, pilihlah cell  paling atas kemudian seleksi kebawah menggunakan CMD/Ctrl+ d.

Pintasan Tambahan

Cara menjumlahkan seluruh kolom kamu bisa menggunakan shortcut CMD + SHIFT + t, namun sebelum itu kamu harus menyeleksi data yang ingin dijumlahkan menjadi tabel dengan cara CMD + t.


Cara mengalihkan filter kamu bisa menggunakan pintasan CMD + SHIFT + f

Kalau kamu perlu merubah data kolom menjadi baris atau data baris menjadi kolom, kamu bisa menggunakan cara menempel spesial dengan menggunakan CMD + Control/ALT + v. Setelah muncul jendela popup kamu jangan lupa pilih transpose.

Sekian dan Terima kasih, itulah beberapa pintasan untuk Excel yang dapat dihimpun. Semoga artikel ini membantu Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi saat bekerja dengan spreadsheet.

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads