10 Hal Yang Wajib Dilakukan Di LinkedIn

Hal Yang Wajib Dilakukan Di LinkedIn

Apa saja yang harus dilakukan dalam linkedIn

Siapa yang tidak mengenal linkedIn? generasi milenial dan generasi Z pasti sangat familiar dengan platform media sosial linkedIn. LinkedIn menjadi salah satu media sosial yang populer karena aplikasi ini dapat menghubungkan antara HRD dan calon pegawai.
Sudah banyak karyawan yang direkrut melalui media sosial ini. Selain itu seperti media sosial pada umumnya linkedIn menyajikan feeds atau postingan yang bermanfaat, seperti lowongan kerja, tips bekerja, sharing topik tentang dunia kerja telah terjadi di linkedIn.

Karena dapat menghubungkan kepada masyarakat luas, baik antara pencari kerja dan perusahaan. Maka dari itu perlu adanya aktivitas positif di akun linkedIn agar kamu dapat terlihat dengan HRD yang mencari karyawan. Salah satu hal yang membuat akun linkedIn tidak diminati atau tidak dilihat HRD, hal ini karena poin ke aktifkan di linkedin mu sangat kurang.
Jadi linkedIn akan berusaha merekomendasikan kita kepada HRD perusahan yang sesuai, dimana hal ini dinilai dari track record akun linkedIn. Maka dari itu berikut beberapa fakta yang harus diketahui agar dilirik HRD.
  1. Tambahkan foto
    Jika kamu baru menggunakan linkedIn, cobalah mencari persona persona populer! kemudian lihat bagaimana mereka menambahkan foto profil mereka. Terkesan profesional bukan. Foto profil tidak harus menggunakan setelan jas dan kemeja dengan latar warna polos, jadul sekali.
    Buatlah foto yang baik, foto yang menampilkan wajah dan sebagian postur kamu. Tidak perlu ragu untuk mengedit bokel jika latar belakang yang ramai. Dari foto saja HRD dapat menilai bagaimana karakter kamu.
  2. Bergabung Dengan Grup atau Forum
    Dengan bergabung dengan grup linkedIn kamu bisa menerima insight-insight baru, baik informasi terkait ataupun informasi lainnya. Dalam grup seluruh peserta dapat berkontribusi dalam sebuah forum, nilai tambahnya adalah meningkatkan relasi kamu terhadap dunia luar.
    Baca Juga: Hal Dasar Dalam Membangun Personal Branding di Sosial Media 
  3. Cobalah membuat postingan dalam grup: Cobalah berpartisipasi dengan postingan atau tanggapan dalam forum, jagalah citra kamu dengan bersikap sopan ketika membuat tanggapan. Jika kamu menanggapi seperti orang barbar hal itu dapat berdampak buruk bagi reputasi kamu dimata perekrut.
  4. Jadilah individu yang terbuka
    Yang dimaksud terbuka adalah keaktifan kita di linkedIn, jangan hanya masuk ke dalam satu grup. Pilihlah grup atau forum yang terdapat hubungan dengan goals, semakin banyak informasi yang kita miliki dan keaktifan kita dalam berkontribusi, kita akan dinilai cakap oleh publik.
  5. Dapatkan rekomendasi lebih
    LinkedIn menyediakan kolom pencarian yang kita dapat gunakan, beberapa orang mungkin mencari berdasarkan nama, namun perekrut tidak sesantai itu. Agar akun linkedIn mu terlihat sebagai rekomendasi dari linkedIn, tipsnya adalah kembangan akun mu dengan selalu aktif berkontribusi baik postingan pribadi ataupun postingan di grup.
  6. Meminta undangan dan Terima undangan
    Untuk mendapatkan rekomendasi lebih kamu bisa menambahkan teman, atau menerima undangan dari publik. Pastikan menambahkan orang atau menerima orang yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu tuju, jika kamu menargetkan bidang pekerjaan X namun orang-orang yang berinteraksi dengan mu memiliki latar belakang Y maka tidak ada kecocokan, nilai relevansi linkedIn tidak baik.
  7. Diversifikasi Kontak
    Seperti yang dinyatakan sebelumnya, jangan hanya terhubung dengan orang yang dikenal di LinkedIn. Juga, jangan hanya terhubung dengan orang-orang di lingkunganmu saja. Undang orang-orang yang memiliki tujuan, minat, dan jalur karir yang sama. Undang orang-orang yang membuat kamu tertarik dan memiliki wawasan yang sangat baik tentang topik yang relevan dengan karier.
  8. Gunakan Jaringan atau Networking
    Sebagaimana media sosial pada umumnya, jika kita membutuhkan jawaban kita bisa langsung tanyakan kepada jaringan kita (grup,forum,ataupun orang). Dengan secara aktif terlibat dengan jaringan kamu dan memberikan nilai yang konsisten sebagai koneksi, jangan malu untuk bertanya. Jaringan yang kuat adalah tentang memberi dan menerima yang sama!
  9. Update secara teratur
    Periksalah dan perbaharui terkait statusmu saat ini, baik itu pekerjaan ataupun hal menarik kamu bisa membagikan artikel atau informasi lainnya, pada kolom postingan. Jangan menyimpan hal yang sama di profil mu. update, update, update!.
Berikut beberapa tips yang berhasil dihimpun, hal-hal tersebut wajib kamu lakukan untuk membangun personal image di linkedIn agar dilirik HRD. Cobalah untuk memulai dengan perlahan karena sebuah proses tidak ada yang instan.
www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads