Solusi Jitu Meningkatkan Performa Windows

Table of Contents
meningkatkan performa windows 10 dan windows 11


Mungkin beberapa dari kamu memiliki masalah dengan Windows 10. Atau berpikir kinerja Windows 10 menjadi lamban? Tidak perlu khawatir jika kamu memiliki pengalaman itu karena pengguna Windows 10 sering mengalami pengalaman serupa. Masalah kinerja Windows 10 dapat disebabkan oleh kesalahan pengguna atau oleh sistem itu sendiri.

Agar kinerja Windows 10 meningkat, kami akan memberi tips dalam artikel ini yang dapat digunakan pada perangkat mu. Secara teknis, ini sebanding dengan versi sebelumnya, yaitu Windows 7 dan Windows 8, tetapi ada beberapa langkah yang berbeda dan Windows 10 juga memiliki beberapa fitur baru yang tidak ada di versi tersebut. Tutorial lengkap disediakan di bawah ini.

Kebutuhan Sistem Standar harus dipenuhi.

Ini penting untuk dicatat karena Microsoft sendiri merilis sistem permintaan sistem informasi untuk alasan yang baik. Intinya adalah memastikan komputer atau laptop kamu mematuhi persyaratan sistem standar yang diperlukan sebelum menginstal Windows 10.

RAM: 2GB untuk sistem 64- dan 32-bit.
Prosesor: SoC atau prosesor yang berjalan pada 1 GHz atau lebih cepat.
Resolusi 800 x 600 dipajang.
Ruang hard disk: 20GB atau 16GB untuk sistem operasi 64-bit.
Kartu grafis: Driver WDDM 1.0 dan DirectX 9 atau yang lebih baru.

Kunjungi halaman Microsoft untuk melihat selengkapnya. Meskipun Windows 10 kadang-kadang dapat berfungsi dengan perangkat keras dengan spesifikasi minimum, ini tidak menjamin bahwa sistem akan bekerja dengan andal dan lancar.

  • Lakukan Update Software atau driver

  • Mematikan aplikasi latar belakang

  • Menonaktifkan visual efek

  • Mematikan aplikasi startup

  • Meng-uninstall aplikasi yang tidak berguna

  • Install aplikasi yang menghemat resource

  • Menghemat ukuran dan partisi sistem

  • Start Menu

  • Jangan menggunakan tema

  • Defragment partisi secara Berkala

  • Menonaktifkan Hibernate

  • Scan menggunakan Antivirus secara berkala

Pentingnya mengupgrade hardware bagi perangkat

Jika hardware pada laptop atau PC kamu masih di bawah standar, coba upgrade jika sudah familiar dengan sistem hardware, baik RAM, Hard Drive, Prosesor, atau VGA adalah beberapa komponen yang dapat ditingkatkan.

Dari hardware yang telah disebutkan, beberapa perangkat menerapkan batasan dalam upgrade parangkatnya, saat ini untuk laptop kebanyakan telah menggunakan prosesor yang telah terintegrasi dengan motherboard, jadi untuk upgrade manual tidak disarankan. Silahkan pergi ke service center jika diperlukan.

Catatan: jika perangkat mu Desktop/PC, maka dapat dilakukan upgrade keseluruhan, pastikan kamu mengenal batasan perangkat pendukung lainnya, misal beberapa hardware grafik tidak bisa berjalan di motherboard yang lama atau versi terbaru.

Lakukan update aplikasi atau driver perangkat komputer

Sudah pasti bahwa menggunakan versi terbaru akan meningkatkan kinerja aplikasi dan perangkat. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mengunduh versi terbaru dari perangkat lunak yang relevan pada aplikasi desktop.

Jangan lupa! Windows dan driver juga harus diperbarui selain perangkat lunak. Hal ini karena, Driver atau windows terbaru telah di optimasi dan menghilangkan bug yang menghambat kinerja komputer dengan memperbarui sistem. Jadi wajib memperbarui driver komputer untuk meningkatkan kinerjanya..

Mematikan aplikasi latar belakang

Tentu saja, program yang berjalan di latar belakang menggunakan sumber daya RAM, apakah itu program desktop. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi desktop menggunakan Task Manager [ Hotkey CTRL + SHIFT + ESC ]. Karena sebagian besar aplikasi Windows 10 memakan bandwidth tanpa terlihat, mematikan aplikasi latar belakang dapat membantu Anda menghemat lebih banyak bandwidth internet.

Menonaktifkan visual efek

Efek visual dapat dimatikan kalau kamu mementingkan performa lebih penting daripada tampilan Windows 10 yang interaktif. Dengan mematikan visual efek akan membuat Windows 10 berjalan lebih cepat dengan mematikan efek visual. Cara Mematikan Visual Efek di Windows 10.

Mematikan aplikasi startup

Beberapa program diluncurkan secara otomatis ketika komputer baru dihidupkan. Program-program ini dapat memperlambat waktu startup sistem. Khususnya, jika aplikasi startup bukan yang kita butuhkan. Oleh karena itu, kita harus mempertimbangkan untuk mematikannya. Cara mematikan startup apps di windows.

Meng-uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan

Untuk mengosongkan lebih banyak ruang hard drive, kamu dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Atau, bisa juga menonaktifkan layanan latar belakang yang menggunakan sumber daya untuk aplikasi. terutama kalau menggunakan komputer OEM, yang biasanya sudah diinstal sebelumnya dengan banyak perangkat lunak.

Install aplikasi yang menghemat resource

Ada banyak perangkat lunak yang tersedia saat ini yang melakukan tugas yang sama secara online. Oleh karena itu, jika menggunakan perangkat lunak, pilih versi hemat memori, seperti versi dengan antarmuka pengguna yang lebih sederhana daripada yang memiliki animasi.

Menghemat ukuran dan partisi sistem

Menghemat ruang pada hard drive sangat penting untuk kesehatan Windows 10 yang berkelanjutan, terutama pada partisi sistem (yang biasanya ada di partisi C:). Menghemat Ruang Hard Disk di Windows 10 dan Cara Menghapus File Sementara di Windows 10 dapat membantu memperbaiki masalah di Windows 10.

Optimasi start menu

Ada tindakan yang dapat kamu ambil untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10 di start menu,sehingga lebih cepat dibuka. Jika bagian Start Menu bermasalah, coba tips berikut Cara Memperbaiki Start Menu Windows 10 dengan PowerShell.

Jangan menggunakan tema

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengubah tampilan sistem akan menghabiskan sumber daya RAM yang berlebihan, terutama jika ada kesalahan. Oleh karena itu, kalau mau memprioritaskan kinerja, kamu harus berpikir untuk menghapus instalasi tema windows.

Defragment partisi secara Berkala

Defragmentasi secara teratur akan meningkatkan kinerja sistem Windows. Pastikan dilakukan secara teratur mendefrag komputer. Cek kembali cara. Cara Defrag di Windows 10 untuk informasi lebih lanjut.

Menonaktifkan Hibernate

Kamu dapat menyelesaikannya jika tidak menggunakan mode Hibernate dengan membuka command prompt sebagai administrator, lalu mengetik atau menempelkan powercfg -h off, diikuti dengan menekan Enter. Cara ini akan mempercepat shutdown karena tidak perlu menunggu memori untuk menyimpan file hiberfil.sys.

Scan menggunakan Antivirus secara berkala

Malware atau virus pada sistem adalah salah satu alasan utama penurunan kinerja sistem. Akibatnya, pastikan untuk menjalankan pemindaian antivirus biasa. Program antivirus lain dapat digunakan selain Windows Defender, yang merupakan perangkat lunak keamanan default.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan tentang Cara meningkatkan performa laptop kentang, semoga dapat membantu kalian.
www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads