Bagaimana Kita Dapat Saling Terhubung di Internet

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!

Bagaimana Kita Dapat Saling Terhubung di Internet

Bagi kebanyakan orang, internet itu maya. Seperti dari postingan Instagram, surel dan video-video YouTube. Namun, internet juga benda fisik, terbuat dari apa dan di mana itu pergi penting bagi cara kita menggunakan internet sekarang dan siapa yang akan diuntungkan di masa depan. Namun yang menjadi pertanyaan umum, bagaimana cara kerja sesungguhnya internet?


Banyak sekali hal-hal yang harus kita ketahui untuk mempelajari seluk beluk internet, dari sejarah hingga inovasi saat ini. Namun kita tidak akan membahas hal tersebut, pembahasan kali ini bagaimana kita dapat saling terhubung satu sama lain melalui internet, mengirim pesan.


Mungkin beberapa orang  akan menjawab karena kita telah terhubung ke internet, maka tidak mustahil untuk saling bertemu di dunia maya ini. Secara sederhana mengapa perangkat kita dapat saling terhubung satu sama lain, hal ini karena kita berada dalam satu saluran/channel besar yang disebut Internet.


Proses Encoding Data Menjadi Bentuk Biner

Bagaimana Kita Dapat Saling Terhubung di Internet
apa itu bilangan biner?

Bagaimana di internet kita dapat berbagi informasi? Secara teknis dalam ilmu komputer jaringan, informasi diinterpretasikan sebagai data. Data dalam hal ini berupa data maya/digital, data yang berupa data fisik (misal Foto) perlu di rekonstruksi dengan cara (direkam menggunakan perangkat kamera), dalam hal ini data fisik telah menjadi data digital seutuhnya, namun untuk dapat mengirimkan kepada pengguna lain data perlu diubah lagi menjadi sekumpulan kode-kode, proses ini disebut dengan proses encoding.


Data yang telah di encoding akan menjadi sekumpulan konde-kode biner yang siap di didistribusikan ke tujuan melalui internet. Biner ini merupakan satuan bilangan yang terdiri dari 1 dan 0, mengapa hanya dua angka saja? pada dasarnya komputer hanya dapat mengetahui dua kondisi yaitu true (1) dan false (0), maka dari itu setiap data yang ada baik itu foto, excel, pesan, semuanya akan dikonversi menjadi 0 dan 1 agar dapat terbaca oleh komputer.


Bagaimana internet tau tujuan pesan kita?


Internet adalah dunia digital, ini adalah analogi sangat jelas yang membedakan hanya deret binernya saja, Kurir paket butuh alamat untuk mengantarkan paketnya, demikian juga internet memiliki sistem pengalamatan juga. 


Network addressing atau pengalamatan jaringan bertujuan untuk memberikan alamat yang agar perangkat dapat saling terhubung satu sama lain, IP address dan Mac Address mungkin familiar di telinga kita, IP address adalah alamat yang bisa kita dapatkan dari provider yang memungkinkan kita saling terhubung dengan internet dan perangkat lain, sedangkan MAC Address adalah alamat unik yang diberikan oleh produsen perangkat.


Apa yang dimaksud dengan ip address? IP address atau internet protokol yang membantu kita agar teridentifikasi dan terhubung ke internet atau rangkaian jaringan seperti LAN, MAN, WAN. IP address sendiri memiliki beberapa jenis dan kelasnya. Biasanya kamu bisa menemukan IP address ketika mengonfigurasi jaringan WiFi. Berikut contoh IP Address jaringan kelas C (192.168.100.1).

Mengapa IP Address berbentuk bilangan desimal? oke jangan pusing, mengapa jadi bilangan desimal karena bertujuan memudahkan kita untuk menghitung, menentukan, mengatur alamat IP, selain itu IP yang tersebut nantinya juga akan dikonversi menjadi bilangan biner.


Pada intinya apa yang terjadi di internet dan komputer adalah pemrosesan data biner 0 dan 1, mengapa kita tidak melihat biner di tampilan layar kita? hal ini karena terjadinya proses decoding, jadi data biner yang terdistribusi disusun kembali menjadi utuh.


Kesimpulan

Bagaimana kita dapat mengirim pesan dan selalu terkoneksi adalah karena Proses ini dimulai dengan mengubah data fisik menjadi data digital melalui proses perekaman, lalu data tersebut diencoding menjadi sekumpulan kode biner yang siap ditransmisikan melalui sistem jaringan.


Dimana sistem jaringan Internet memiliki sistem pengalamatan yang disebut IP address (Internet Protocol address) yang bertujuan untuk memberikan alamat unik pada setiap perangkat yang terhubung ke internet, sehingga perangkat tersebut dapat saling terhubung satu sama lain.

Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama