Melihat Jejak Perkembangan Teknologi oleh Manusia

Melihat Jejak Perkembangan Teknologi oleh Manusia

Lebih Sedikit Input, Lebih Banyak Output

Manusia telah mengembangkan "teknologi" dalam arti luas selama puluhan ribu tahun. Teknologi telah mengambil banyak bentuk, dari alat batu di masa-masa awal hingga komputasi kuantum baru-baru ini, tetapi vektor evolusionernya konsisten. 


Di lapisan yang lebih tinggi, efisiensi telah meningkat dalam arti "menghasilkan lebih banyak output dengan input yang lebih sedikit" (misalnya, efisiensi dalam mengubah energi menjadi daya), tetapi ketika berfokus pada "tugas yang ditanggung oleh manusia", teknologi telah berevolusi ke arah pengurangan "kontrol" oleh manusia.

Dalam istilah awam, teknologi adalah tentang "berevolusi sehingga manusia dapat melewati lebih banyak." Pengurangan" "kontrol" disini mengacu pada pengurangan input dan output manusia (termasuk peningkatan hasil). 

Ini berarti mendapatkan lebih banyak output dengan lebih sedikit keterlibatan.Ambil contoh pekerjaan teknik sipil. Alat-alat besi seperti sekop harus dikendalikan oleh manusia sambil menggenggamnya, yaitu harus dikendalikan dengan terus menerus menerapkan kekuatan.


Dengan sedikit kemajuan teknologi, tingkat kontrol yang dibutuhkan manusia telah berkurang ketika menemukan roda dan menarik bajak ke ternak atau menggunakan traktor. Misalnya, Robotika Yang Dibangun Dan Lainnya Telah Mengembangkan Dan Memberikan Solusi Yang Memungkinkan Peralatan Konstruksi Beroperasi Secara Mandiri, Yang Diharapkan Dapat Lebih Mengurangi Tingkat Kontrol Yang Diperlukan Manusia.
 

Pengembangan Teknologi Sama Dengan Difusi Mekanisme + Peningkatan


Tingkat kontrol manusia dapat diatur dalam abstraksi sebagai pengurangan bertahap melalui dua pendorong: (1) difusi mekanisme teknologi baru dan (2) peningkatan intensitas teknologi yang bergantung pada mekanisme ini. Contoh-contoh 'perkakas besi', 'mobil', dan 'komputer' yang disebutkan di atas dapat dikelompokkan ke dalam tiga tahap ini, sesuai dengan difusi 'mekanisme baru' (dan pengurangan tingkat kontrol manusia) yang terjadi di masa lalu.

Sebagai contoh, manusia berhasil meningkatkan efisiensi tugas berburu dan bertani, yang pada awalnya dilakukan dengan tangan, dengan menggunakan "alat" seperti perkakas batu (yaitu (1) difusi mekanisme baru). Dan dalam kategori mekanisme 'alat', kekuatan alat itu sendiri meningkat seiring dengan berkembangnya alat batu menjadi alat perunggu dan besi (ii) Peningkatan kekuatan dalam mekanisme yang sama. Bahkan dalam mekanisme yang sama, tingkat kontrol yang diperlukan manusia menurun secara dramatis seiring dengan meningkatnya kekuatan mekanisme.

Kemudian, selain 'alat', mekanisme baru seperti 'mesin' (misalnya kereta kuda) tersebar luas (1) Difusi mekanisme baru. Mekanisme 'mesin' (secara tautologis) menyediakan apa yang disebut 'otomatisasi awal' dari apa yang disebut alat mekanis.

Walaupun sangat sulit untuk menarik garis antara 'alat' dan 'mesin', namun untuk tujuan artikel ini, 'mesin' didefinisikan sebagai suatu alat dengan banyak bagian yang saling berkaitan dalam gerakan. Perangkat dengan banyak bagian, yang masing-masing tidak bergerak dengan cara yang berkorelasi, tetapi bergerak dengan cara yang kompleks di bawah kendali manusia (misalnya gunting), diatur sebagai 'alat'.

Mesin" pada awalnya juga dioperasikan secara manual, tetapi sumber energi alami seperti tenaga air dan angin digunakan, yang pada akhirnya mengarah pada penggunaan mesin uap dan pembakaran internal, yang meningkatkan kekuatan "mesin" (ii) Peningkatan kekuatan dalam mekanisme yang sama.
 

Apa yang disebut sebagai Revolusi Industri Pertama (mesin uap) dan Revolusi Industri Kedua (mesin pembakaran internal) dapat diorganisir sebagai revolusi dalam kekuatan mekanisme 'mesin'. Mesin pemintalan, misalnya, pada awalnya adalah mesin manual, tetapi kemudian berevolusi untuk memanfaatkan tenaga air sebagai sumber tenaga eksternal, dan kemudian berevolusi lebih lanjut untuk memanfaatkan mesin uap untuk meningkatkan outputnya.

Belakangan, selain 'alat' dan 'mesin', mekanisme baru yang disebut 'perhitungan' menyebar ke seluruh dunia. Pada tahun 1940-an, perangkat komputasi elektronik sepenuhnya muncul, diikuti oleh apa yang dapat disebut komputer sekitar tahun 1950, dan kemudian, seiring dengan meningkatnya daya komputasi secara eksponensial karena Hukum Moore (dan upaya manusia untuk mewujudkannya), tingkat otomatisasi dan otonomi pemrosesan tugas meningkat pesat. 


Otomatisasi dan otonomi meningkat secara eksponensial, dan komputer menjadi semakin kecil. Namun, baik kalkulasi sederhana yang diproses oleh komputer awal maupun AI yang dengan cepat digunakan secara praktis saat ini memiliki struktur logis yang sama, meskipun terobosan besar telah dibuat melalui pengembangan kerangka kerja baru. Pada intinya, semua ini didasarkan pada mekanisme 'komputasi', yang direduksi menjadi pemrosesan digital '0 dan 1'.

Ada sebuah anekdot tentang master catur Garry Kasparov, yang ketika dikalahkan oleh AI catur Deep Blue, mengatakan bahwa dia terkejut karena dia memainkan permainan seolah-olah dia memiliki rencana dan memahami esensi makna dari setiap gerakan yang dia buat.
 

Struktur logika Deep Blue pada dasarnya sama dengan program tahun 1960-an. Dengan kata lain, meskipun mekanisme yang sama digunakan, perubahan kualitatif (dari sudut pandang manusia) dapat dilakukan dengan meningkatkan intensitas dan output (ii) Peningkatan intensitas dalam mekanisme yang sama).

Tidak perlu diragukan lagi, mekanisme yang mendominasi dunia saat ini adalah 'komputasi'. Intensitasnya meningkat dari hari ke hari, sehingga membawa serangkaian perubahan yang tidak berkesinambungan 'dari sudut pandang manusia'.

Multi-Layering Dan Fusi Mekanisme


Mekanisme baru tidak muncul tiba-tiba suatu hari, tetapi secara bertahap ditingkatkan dan digunakan secara praktis melalui penyampaian upaya banyak orang, dan secara bertahap meresap ke dalam masyarakat.

Selain itu, bahkan jika mekanisme baru muncul, kelompok teknologi yang mengandalkan mekanisme lama tidak akan terkubur, tetapi akan terakumulasi seperti lapisan (mekanisme berlapis-lapis). Kami masih menyikat gigi dengan sikat (mekanisme "alat"), bepergian dengan kereta api (mekanisme "mesin"), dan bekerja di depan komputer di tempat kerja (mekanisme "perhitungan").

Sebagai orang yang terlibat dalam bisnis dan manajemen, saya harus ingat bahwa mekanisme baru akan diintegrasikan ke dalam produk berdasarkan mekanisme lama (fusi mekanisme). Misalnya, sejak munculnya "mesin", alat telah menjadi mekanis (gergaji telah dialiri listrik). Selain itu, sejak munculnya "perhitungan", "alat" dan "mesin" telah didigitalkan dan di Internet (sebagian besar kamera film telah digantikan oleh kamera digital).

Program perangkat lunak tidak lain adalah manual instruksi komputasi untuk komputer, dan frasa terkenal "Perangkat lunak memakan dunia" tidak lebih dari deskripsi yang mudah dipahami tentang bagaimana mekanisme modern yang dominan dari "komputasi" bergabung dengan serangkaian mekanisme lama.

Berpikir seperti ini, adalah rasional bagi operator bisnis besar yang telah berkecimpung dalam bisnis selama bertahun-tahun untuk mewujudkan inovasi sendiri melalui pendekatan yang menggabungkan mekanisme baru dengan produk dan solusi berdasarkan teknologi lama yang menjadi spesialisasi mereka. Bukan ide yang baik untuk meninggalkan semua teknologi yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun dan hanya bekerja pada teknologi berdasarkan mekanisme baru.

Diseminasi Mekanisme Baru

"Perhitungan" yang muncul pada 1940-an masih berkuasa di dunia sebagai mekanisme dominan di zaman modern, tetapi berapa lama itu akan bertahan? Sejak munculnya apa yang disebut "mesin" (sulit untuk menentukan waktu yang tepat. 


Butuh setidaknya beberapa ribu tahun untuk "perhitungan" muncul. Jika interval ini berlanjut, adalah mungkin untuk memperkirakan bahwa itu masih akan menjadi beberapa ribu tahun sebelum teknologi dominan "komputasi" berikutnya dimulai dengan sungguh-sungguh.


Di sisi lain, apa yang disebut revolusi industri yang meningkatkan kekuatan "mesin" termasuk revolusi uap sekitar tahun 1770 ~ 1780 dan revolusi mesin pembakaran internal sekitar tahun 1870, yang terjadi pada interval sekitar 100 tahun. Ini mungkin juga kebetulan, tetapi revolusi informasi (revolusi komputer) terjadi sekitar 100 tahun kemudian.

Jika ada pola di mana penyebaran mekanisme spesifik dipercepat atau bahwa mekanisme spesifik diperkuat setiap 100 tahun, ada kemungkinan bahwa beberapa jenis revolusi akan terjadi sekitar tahun 2070 yang akan sangat meningkatkan intensitas perhitungan. 

Dalam hal ini, dikatakan bahwa mekanisme mesin uap Newcomen itu sendiri ditemukan sekitar tahun 1710, dan watt mulai digunakan secara praktis sekitar tahun 1780.Sekitar 70 tahun telah berlalu sejak penemuan mekanisme primitif, dan dari analogi ini, komputasi kuantum, yang penelitiannya dimulai dengan sungguh-sungguh sekitar tahun 1980~1990, dapat sangat ditingkatkan dengan penyebaran komputasi kuantum skala penuh dari tahun 70~2050, 2060 tahun kemudian.

Mekanisme Dominan Berikutnya

Dengan asumsi bahwa peningkatan "perhitungan" akan berlanjut untuk saat ini, apa yang akan menjadi mekanisme baru berikutnya yang akan menyapu dunia?

Seperti disebutkan di atas, model pengembangan teknologi mengurangi tingkat kontrol manusia, tetapi secara kiasan, "alat" memperkuat anggota badan itu sendiri, "mesin" memperkuat anggota badan, dan "perhitungan" memperkuat kemampuan pemrosesan informasi manusia. 

Mengingat bahwa teknologi telah memperkuat dari tepi luar manusia ke bagian tengah, perbatasan penguatan berikutnya terkait dengan ketidaksadaran dan emosi, dan "biokimia" akan menjadi mekanisme baru pada saat itu.Melalui pembaruan daya komputasi dan struktur logis, kekuatan "komputasi" akan ditingkatkan, dan jangkauan aplikasi AI akan semakin diperluas. "Jika Kamu memberikan instruksi kasar, mereka akan membuat Kamu melakukan pekerjaan Kamu dengan baik," dan teknologi seperti itu akan membuat dunia lebih nyaman.

Tingkat kontrol manusia menurun melampaui ini ketika kita menyadari keadaan di mana "itu telah disadari jika Kamu berpikir dengan kepala Kamu" atau "itu telah direalisasikan sebelumnya tanpa berpikir." Ini mungkin menjadi dasar dari "teknologi bioregulasi" teori SINIC (teknologi kontrol yang menangkap keadaan tubuh dan masyarakat untuk mempromosikan dan mendukung adaptasi optimal terhadap seluruh tubuh dan lingkungan) dan "teknologi psikobiologis" (teknologi yang meningkatkan kegembiraan hidup dengan mengerjakan dan memanfaatkan mekanisme otonomi pikiran dan tubuh manusia).

Jika sesuatu yang disebut Artificial general intelligence (AGI) muncul di beberapa titik di masa depan, tidak jelas apakah itu akan dapat memahami "makna" dan "akal sehat" dunia dan masyarakat (masalah pembumian simbol), dan bahkan jika itu layak, diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama. Dalam hal ini, mungkin lebih cepat bagi sisi "tubuh hidup" manusia untuk berkompromi dengan "perhitungan" dan "mesin".

Untuk tujuan ini, perlu untuk mengambil pendekatan yang mengintegrasikan informasi biologis (sinyal listrik, neurotransmiter dan hormon tubuh) dengan "perhitungan" dan "mesin" dan "alat". Upaya pada Brain Machine Interface sudah berjalan dengan mantap, tetapi saya pikir pendekatan yang lebih ringan seperti solusi yang memanfaatkan data penting akan muncul di masa depan.

Jika teknologi didirikan yang dapat memantau dan bahkan mengendalikan ketidaksadaran dan emosi, pertanyaan filosofis etis, politik, dan hukum seperti "bagaimana memahami kehendak bebas," "apa itu privasi," "apa yang harus diatur," dan "kepada siapa kekuasaan itu berasal?" harus diselesaikan. Kamu harus menghadapi pandangan dunia yang digambarkan dalam film fiksi ilmiah seperti "Minority Report" dan "The Matrix."

Ringkasan

  • Teknologi menghasilkan lebih banyak output dengan lebih sedikit input. Ketika melihat "manusia yang bekerja" sebagai buruh atau pekerja, teknologi telah berevolusi untuk mengurangi tingkat kontrol oleh manusia = "sehingga manusia dapat melewati lebih banyak", dan diharapkan akan berevolusi dengan vektor yang sama di masa depan.
  • Tingkat kontrol manusia dikurangi melalui dua pendorong: (1) penyebaran mekanisme baru dan (2) peningkatan kekuatan mekanisme ini. (1) Sampai sekarang, mekanisme baru telah menyebar luas dalam urutan alat→ mesin→ perhitungan. (2) Sebagai contoh peningkatan kekuatan, mekanisme yang disebut "mesin" telah diperkuat oleh perubahan sumber energi alam seperti tenaga air dan tenaga angin→ mesin uap → mesin pembakaran internal.
  • Mekanisme baru menyebar sambil mengakumulasi seperti strata dalam bentuk menambah mekanisme lama (mekanisme multilayering). Mekanisme baru cenderung menelan dan menggabungkan teknologi lama (fusi mekanisme). Ungkapan terkenal "Perangkat lunak memakan dunia" adalah ungkapan yang mudah dipahami tentang bagaimana mekanisme modern yang dominan dari "komputasi" menyatu dengan teknologi lama.
  • Untuk saat ini, "perhitungan" kemungkinan akan mendominasi dunia. Komputasi kuantum, yang penelitiannya dimulai dengan sungguh-sungguh sekitar tahun 1980~1990, dapat menyebar ke masyarakat 70 tahun kemudian, pada tahun 2050~2060, dan revolusi industri yang akan sangat meningkatkan "komputasi" dapat terjadi.

[referensi]
  1. Rodney A. Brooks, "Brooks' Theory of Intelligent Robots"
  2. Hiroaki Ohta, "Will AI Drive Out Humanity? The Arrival of an Autonomous World"* Brian Kernihan, Computer Science as Liberal Arts, Second Edition
  3. Guo Shizhi, " History of the Industrial Revolution: Changes in
  4. Shinichi Naka, "SINIC Theory"* Newton Press, "Newton Supplement: Chronology of the Future of Mankind (Revised 2nd Edition)"
  5. Yuichiro Okamoto "What the World's Philosophers Are Thinking Now"* Matt Ridley, "Humanity and Innovation: The World Evolves with 'Freedom' and 'Failure'"
www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads