Cara Menjaga Flashdisk Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak

 Cara Menjaga Flashdisk Tetap Awet

Mempunyai flashdisk yang awet dan berfungsi dengan baik tentunya menjadi idaman setiap orang, bukan? Terlebih lagi, flashdisk tidak hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan data, tetapi juga bisa digunakan sebagai alat booting untuk menginstal sistem operasi pada komputer.


Namun, agar flashdisk tetap berfungsi dengan baik, perawatan yang tepat sangatlah penting. Terlebih lagi, banyak di antara kita yang terbiasa mencabut flashdisk tanpa melakukan safely remove terlebih dahulu, padahal hal ini dapat merusak flashdisk dan membuat data yang tersimpan di dalamnya tidak dapat diakses.

Oleh karena itu, untuk menjaga flashdisk tetap awet dan berfungsi dengan baik, perlu dilakukan eject atau safely remove terlebih dahulu sebelum mencabut flashdisk. Sehingga, semua listrik yang mengalir ke dalam flashdisk dapat dimatikan dan membuat flashdisk terlindungi dari kerusakan.

Selain itu, jika terdapat masalah karena virus, ada dua solusi yang dapat dilakukan. Pertama, kita bisa menggunakan software USB Safely Remove yang akan membantu kita untuk melakukan safely remove flashdisk atau harddisk portabel dengan aman. Kedua, kita juga dapat mematikan komputer setelah menggunakan flashdisk sebelum mencabutnya.

Meskipun solusi kedua agak sedikit ribet, namun tetap lebih baik daripada harus kehilangan data atau merusak flashdisk secara permanen. Kita juga bisa melakukan perawatan flashdisk yang tepat tergantung pada kondisi dan pemakaian yang dilakukan, sehingga flashdisk bisa bertahan lama dan awet digunakan.

Cara melakukan safely remove agar flashdisk tetap awet


Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami kesulitan saat ingin mencabut flashdisk dari komputer, terutama ketika terdapat proses yang sedang berjalan atau terkena virus. Namun, mencabut flashdisk secara asal-asalan dapat merusak flashdisk dan membuat data yang tersimpan di dalamnya menjadi tidak bisa diakses. Oleh karena itu, perlu dilakukan eject atau safely remove terlebih dahulu sebelum mencabut flashdisk dari komputer.

Berikut adalah cara-cara melakukan safely remove flashdisk dengan aman:

  1. Klik ikon "Safely Remove Hardware" yang terletak di taskbar. Ikon tersebut biasanya terlihat seperti gambar USB atau kunci.
  2. Setelah itu, akan muncul kotak dialog "Safely Remove Hardware". Pilih flashdisk atau hardisk portabel yang ingin dicabut.
  3. Klik "Stop" untuk menghentikan semua proses yang sedang berjalan pada flashdisk atau hardisk portabel.
  4. Setelah proses dihentikan, klik "OK" untuk menyelesaikan proses safely remove.
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan yang menyatakan bahwa flashdisk atau hardisk portabel dapat dicabut dengan aman.
  6. Setelah muncul pesan tersebut, cabut flashdisk atau harddisk portabel dengan hati-hati.

Melakukan eject atau safely remove memang terkadang terasa sedikit merepotkan, tetapi hal ini sangat penting untuk menjaga flashdisk tetap awet dan berfungsi dengan baik. Dengan melakukan safely remove, kita bisa mematikan semua listrik yang mengalir ke dalam flashdisk sehingga terlindungi dari kerusakan. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan flashdisk dengan tepat, tergantung pada kondisi dan pemakaian yang dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Kesimpulannya


Flashdisk yang awet dan berfungsi dengan baik dapat dicapai dengan melakukan eject atau safely remove terlebih dahulu sebelum mencabut flashdisk, dan melakukan perawatan yang tepat tergantung pada kondisi dan pemakaian yang dilakukan. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi dan tetap bisa memanfaatkan flashdisk sebagai tempat penyimpanan data yang praktis dan efisien.

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads