4 Tips Untuk Mencari Font atau Typeface ala RIO PURBA

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!

4 Tips Untuk Nyari Font atau Typeface

4 Tips Untuk Nyari Font atau Typeface ala RIO PURBA. Saat merancang desain poster atau user interface aplikasi, salah satu hal yang sering menjadi perhatian adalah pemilihan font yang tepat. Namun, seringkali kita bingung dalam memilih font yang cocok untuk desain yang kita buat.

Oleh karena itu, kami telah merangkum 4 tips untuk membantu kamu menemukan font yang tepat ala RIO PURBA. Namun sebelumnya, perlu dijelaskan bahwa terdapat perbedaan antara typeface dan font. Typeface adalah desain huruf yang mencakup semua ukuran, sementara font adalah varian spesifik dari typeface yang memiliki ukuran dan gaya tertentu. Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat lebih mudah dalam memilih font yang sesuai dengan kebutuhan desain kita.

Baca Juga: Dapatkan Adobe Photoshop 2022 WIN & MAC 

Menggunakan Tools What The Font

What The Font adalah sebuah website yang memungkinkan kita untuk mencocokkan typeface dari text pada gambar dengan database What The Font. Dengan mengupload gambar yang berisi text, What The Font akan mencocokkan dengan database yang dimilikinya dan memberikan informasi tentang typeface yang digunakan pada gambar tersebut. 

Kelebihan dari What The Font adalah database yang luas sehingga dapat mencocokkan dengan berbagai macam typeface yang berbeda. Namun, kekurangannya adalah terkadang hasil pencocokan yang diberikan tidak akurat dan terkadang tidak dapat mencocokkan dengan typeface yang jarang digunakan.

Fitur Match Font dari Adobe Photoshop

Adobe Photoshop memiliki fitur Match Font yang memungkinkan kita untuk mencocokkan typeface dari text pada gambar dengan font yang terinstal pada komputer kita. Dengan mengklik gambar yang berisi text pada Photoshop, kita dapat memilih fitur Match Font dan Photoshop akan memberikan rekomendasi font yang mirip dengan typeface pada gambar tersebut. 

Link Match Font: https://helpx.adobe.com/photoshop/how-to/match-font-image.html

Kelebihan dari fitur Match Font adalah kemampuannya untuk mencocokkan dengan font yang terinstal pada komputer kita sehingga tidak perlu mencari di database yang berbeda. Namun, kekurangannya adalah terkadang hasil rekomendasi yang diberikan tidak akurat.

Gunakan Adobe Capture

Adobe Capture adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk menscan objek dari dunia nyata dan mengubahnya menjadi vektor atau font. Dengan menggunakan kamera smartphone, kita dapat memindai objek dan Adobe Capture akan mengubahnya menjadi vektor atau font yang dapat digunakan pada desain kita. 

Link Adobe Capture: https://www.adobe.com/products/capture.html

Kelebihan dari Adobe Capture adalah kemampuannya untuk mengubah objek dari dunia nyata menjadi vektor atau font yang dapat digunakan pada desain kita. Namun, kekurangannya adalah hasil scanning tergantung pada kualitas kamera smartphone yang kita gunakan.

Masuk di Forum

Selain menggunakan aplikasi atau website, kita juga dapat mencari bantuan dari forum-forum desain. Terdapat banyak forum desain yang dapat kita gunakan untuk mencari informasi tentang font yang tepat untuk desain kita. 

Kelebihan dari forum desain adalah kita dapat berkonsultasi langsung dengan desainer lain yang lebih berpengalaman. Namun, kekurangannya adalah terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan jawaban yang kita inginkan.


Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama