Promo Mtalkblog

Cara Riset Kata Kunci Mudah dengan Chat GPT

Cara Riset Kata Kunci Untuk Blog atau Youtube Menggunakan Chat GPT

Cara Riset Kata Kunci Mudah dengan Chat GPT

Apa Itu Kata Kunci?

Kata kunci merupakan istilah yang sangat penting dalam dunia digital marketing, terutama untuk strategi SEO dan media sosial.

Kata kunci atau keyword adalah sebuah frasa atau kata tertentu yang digunakan sebagai penanda pada konten tertentu agar mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari atau sosial media.

Kata kunci untuk media sosial, kata kunci menjadi penting karena dapat membantu konten lebih mudah ditemukan oleh pengguna.

Misalnya, jika memiliki bisnis makanan, maka kata kunci yang tepat untuk media sosial (caption, tagar, design grafis) bisa berupa "makanan enak", "kuliner", atau "resepi makanan".

Dengan menggunakan kata kunci tersebut, kontenmu akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang sedang mencari informasi tentang makanan.

Jadi, Apakah media sosial atau search engine memerlukan kata kunci? Jawabannya adalah sangat penting! karena ini sangat berpengaruh terhadap visibilitas dan bahkan kredibilitas.

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Chat GPT

Jadi Kata kunci adalah faktor penting dalam optimasi mesin pencari atau SEO. Riset kata kunci adalah langkah penting dalam membangun strategi SEO yang efektif.

Namun, riset kata kunci tidaklah mudah, membutuhkan waktu dan upaya yang cukup banyak. Oleh karena itu, ada beberapa alat yang dapat membantu dalam riset kata kunci, salah satunya adalah Chat GPT.

Chat GPT adalah kependekan dari "Chat Generative Pre-training Transformer". Ini adalah model pembelajaran mesin yang dapat memprediksi kata-kata berikutnya dalam kalimat yang dibuat oleh pengguna. Model pembelajaran mesin ini dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci dengan cepat dan efektif.

Berikut adalah beberapa langkah dalam melakukan riset kata kunci dengan Chat GPT:

1. Pilih topik yang ingin dicari kata kuncinya.

Pertama, tentukan topik yang ingin kamu cari kata kuncinya. 

Contohnya, jika ingin menulis artikel tentang cara membuat kue brownis topiknya adalah "Kue Brownies".

2. Buat kalimat bertanya seputar topik.

Setelah menentukan topik, buat beberapa kalimat bertanya seputar topik tersebut.

Contohnya, "Bagaimana cara membuat kue brownies yang enak?", "Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue brownies?", "Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue brownies?", dll.

3. Gunakan Chat GPT untuk mendapatkan ide kata kunci.

*Dengan menggunakan Chat GPT sebenarnya kamu telah melewati langkah 1 dan 2 dengan sangat mudahnya.

Setelah membuat beberapa kalimat bertanya, gunakan Chat GPT untuk mendapatkan ide kata kunci. Salah satu platform yang dapat digunakan adalah OpenAI.

Masukkan kalimat pertanyaan yang sudah dibuat dan Chat GPT akan memberikan beberapa ide kata kunci yang relevan dengan topik tersebut.

Misalnya, kamu dapat menggunakan prompt sederhana seperti berikut; [Buatkan saya 10 long tail keywords yang unik untuk artikel blog dengan topik “kue Brownies”]

maka akan tampil hasil seperti berikut;

Cara Riset Kata Kunci Mudah dengan Chat GPT

Adapun prompt lebih detailnya kamu bisa menggunakan prompt pada chat GPT seperti berikut; [Buatkan saya 10 long tail keywords yang unik untuk artikel blog dengan topik “kue Brownies” bagi berdasarkan keyword cluster, search intent, volume keyword,keyword difficulty,judul artikel, buat dalam bentuk tabel.

Maka akan tampil seperti gambar ini

Cara Riset Kata Kunci Mudah dengan Chat GPT

* Volume keyword adalah jumlah pencarian atau permintaan yang diterima oleh suatu kata kunci di mesin pencari seperti Google dalam periode tertentu. Jumlah ini dapat memberi gambaran tentang seberapa populer atau diminati suatu topik atau kata kunci dalam pencarian online.

* Keyword difficulty (kesulitan kata kunci) mengacu pada tingkat kesulitan dalam menempatkan suatu kata kunci pada halaman pertama hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Semakin tinggi nilai keyword difficulty, semakin sulit untuk bersaing

4. Analisis dan pilih kata kunci yang tepat.

Setelah mendapatkan ide kata kunci, lakukan analisis dan pilih kata kunci yang tepat. Pastikan kata kunci yang dipilih relevan dengan topik dan memiliki volume pencarian yang cukup tinggi.

Analisis lanjutan kamu bisa menggunakan tools pendukung untuk riset kata kunci seperti google keyword planner, ahrefs, semrush, ataupun ubersuggest.

Tinjau kembali kata kunci yang kamu inginkan, berdasarkan volume dan tingkat kesulitannya, keyword yang memiliki traffic dan sedikit kompetitor bisa kamu hajar langsung untuk di buat sebagai artikel

* Cara mengecek traffic keyword kamu bisa menggunakan google keyword planner, dengan melihat bagian penelusuran perbulan.

* Cara melihat kompetitor atau persaingan keyword kamu bisa melihat bagian persaingan pada google keyword planner, ataupun menggunakan perintah allintitle: kue brownis pada kolom pencarian google

Dalam riset kata kunci kue brownis dengan google keyword planner didapati kata kunci potensial.
“cara membuat kue brownis”

Dimana kata kunci ini memiliki traffic 1-10k pengunjung setiap bulan, artinya jika kata kunci tsb memiliki 10k per bulan, maka pengunjung perhatinya berkisar 333 pengunjung. Kata kunci ini bisa digunakan dan berpotensi mendapatkan ranking

Selain itu kamu harus melihat persaingan dari kata kunci, apakah tergolong rendah atau tinggi, jika rendah kamu bisa memastikan kembali menggunakan perintah allintitle:cara membuat kue brownis pada pencarian google. Di sini didapati hasil Sekitar 63 hasil (0,47 detik) artinya hanya 63 artikel yang bersaing.

Dari top page berdasarkan kata kunci tersebut dapat dijadikan referensi membuat artikel yang lebih komprehensif.

5. Gunakan kata kunci tersebut dalam strategi SEO.

Setelah memilih kata kunci yang tepat, gunakan kata kunci tersebut dalam strategi SEO. Gunakan kata kunci tersebut dalam judul artikel, deskripsi meta, tag, dan konten artikel. Pastikan tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci, karena ini dapat dianggap sebagai spam oleh mesin pencari.

Selain kata kunci utama, kita dapat menerapkan semantic keyword untuk memperkaya kata kunci turunan.

Keyword semantik pastinya juga digunakan dalam SEO atau optimasi mesin pencari. Dalam SEO, keyword semantik akan membantu mesin pencari untuk memahami topik atau konten dari sebuah halaman web.

Dengan menggunakan keyword semantik yang tepat, halaman web dapat lebih mudah ditemukan dan ditampilkan di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Berikut prompt untuk mencari kata kunci semantik di Chat CPT: [Buatkan 10 saya kata kunci semantik dengan kata kunci utama “cara membuat kue brownis”.] Maka berikut hasilnya.
  • Resep kue brownis
  • Bahan-bahan brownis
  • Tekstur kue brownis
  • Variasi topping brownis
  • Oven yang tepat untuk brownis
  • Waktu memanggang brownis
  • Brownis tanpa telur
  • Brownis kukus
  • Brownis dengan isian
  • Tips membuat brownis yang lezat
Pastikan penerapan kata kunci semantik disesuaikan agar tidak dideteksi sebagai kanibalisme keyword.

Riset kata kunci dengan Chat GPT dapat membantu dalam memperoleh ide kata kunci dengan cepat dan efektif.

Namun, ingatlah bahwa riset kata kunci hanya salah satu faktor dalam optimasi mesin pencari. Pastikan memiliki strategi SEO yang lengkap dan efektif untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

Tools Pendukung untuk Riset Kata Kunci Menggunakan Chat GPT

Selain Chat GPT, ada banyak tools lain yang dapat digunakan untuk membantu riset kata kunci dan meningkatkan strategi SEO website. Berikut beberapa tools yang dapat dicoba:
  • Google Keyword Planner: Ini adalah tools riset kata kunci yang disediakan oleh Google sendiri. Kamu dapat menggunakan tools ini untuk menemukan kata kunci baru, mengetahui frekuensi pencarian, dan perkiraan biaya per klik untuk kata kunci tertentu.
  • Ahrefs: Ahrefs adalah salah satu tools SEO yang paling populer dan lengkap. Selain riset kata kunci, Ahrefs juga dapat membantumu dalam analisis backlink, analisis pesaing, dan banyak lagi.
  • SEMrush: Ini adalah tools all-in-one SEO yang juga termasuk riset kata kunci. Kamu dapat menggunakan SEMrush untuk mengetahui kata kunci yang digunakan pesainmu, melacak peringkat kata kunci, dan banyak lagi.
  • Moz Keyword Explorer: Moz adalah salah satu tools SEO yang paling terkenal di industri SEO. Moz Keyword Explorer dapat membantu menemukan kata kunci baru, mengetahui volume pencarian, kesulitan peringkat, dan banyak lagi.
  • Ubersuggest: Ubersuggest adalah tools riset kata kunci yang dikembangkan oleh Neil Patel. Tools ini dapat membantu menemukan kata kunci baru, mengetahui volume pencarian, kesulitan peringkat, dan banyak lagi.
Dalam memilih tools riset kata kunci yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran. Beberapa tools SEO dapat mahal, sementara yang lainnya gratis atau berbayar dengan biaya rendah. Cobalah beberapa tools tersebut dan lihat mana yang paling cocok untuk strategi SEO.
www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads