Tips Membuat Storyboard Animasi Dengan Mudah

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Masih ribet buat storyboard? Di sini ada Tips dan Tamplatenya!


Tips Membuat Storyboard Animasi Dengan Mudah

Apa itu Storyboard?

Storyboard adalah rangkaian gambar atau ilustrasi yang menggambarkan aspek naratif dan visual dari sebuah animasi, film, video, atau proyek multimedia lainnya. Storyboard berfungsi sebagai panduan visual untuk tim produksi, menguraikan setiap pengambilan gambar dan adegan secara rinci. 

Fungsi Storyboard

Fungsi utama storyboard adalah untuk membantu mengkomunikasikan dan menyempurnakan visi kreatif proyek, serta memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam proses produksi memiliki pemahaman yang sama tentang alur cerita, gaya visual, dan pacing. Selain itu, storyboard dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah atau tantangan dalam proses produksi dan memungkinkan penyesuaian yang harus dilakukan sebelum pembuatan film atau animasi dimulai.

Baca Juga: Jenis-Jenis Animasi 2D Yang Harus Kamu Ketahui

Mengapa Storyboard Penting?

Tips Membuat Storyboard Animasi Dengan Mudah

Membuat storyboard adalah langkah penting dalam proses pra-produksi proyek film atau video animasi apa pun. Keuntungan dari membuat storyboard antara lain, 

  • Membantu menyempurnakan dan memantapkan visi kreatif proyek, sehingga lebih mudah dipahami dan diikuti oleh seluruh tim produksi. Hal ini juga dapat membantu mengidentifikasi potensi masalah atau tantangan dalam cerita, pacing, atau elemen visual proyek sebelum produksi dimulai, yang pada akhirnya dapat menghemat waktu dan uang.
  • Dengan memvisualisasikan setiap pengambilan gambar dan adegan terlebih dahulu, storyboard dapat membantu memastikan bahwa produk akhir kohesif dan menarik secara visual. 
  • Storyboard dapat mencegah atau meminimalkan miskomunikasi atau kesalahpahaman di antara anggota tim dengan memberikan referensi visual yang jelas yang dapat diikuti oleh semua orang. Secara keseluruhan, membuat storyboard adalah alat yang sangat penting bagi para pembuat film dan animator, karena dapat membantu memastikan keberhasilan dan efisiensi proses produksi.

Tahapan dalam membuat storyboard

Ada beberapa langkah penting yang harus diikuti saat membuat storyboard. 
  1. Menentukan konsep dan ide cerita yang akan memandu narasi visual proyek. 
  2. Storyboard artist atau tim akan mulai membuat sketsa atau ilustrasi dari setiap adegan atau shot cerita, menggunakan gambar untuk mewakili karakter, latar, dan aksi film atau video animasi.
  3. Mempertimbangkan kecepatan dan durasi keseluruhan proyek, karena hal ini akan membantu memastikan bahwa produk akhir kohesif dan menarik bagi pemirsa. 
  4. Saat storyboard dikembangkan, detail dan informasi tambahan harus ditambahkan untuk memastikan bahwa semua elemen cerita yang diperlukan telah disertakan dan bahwa setiap masalah atau tantangan yang mungkin terjadi telah diatasi. 
Secara keseluruhan, dengan mengikuti langkah-langkah kunci ini, seorang storyboard artist dapat membantu menciptakan panduan visual yang jelas dan efektif untuk seluruh tim produksi.

Alat dan software yang dapat digunakan untuk membuat storyboard

Tips Membuat Storyboard Animasi Dengan Mudah

Ada beberapa alat dan perangkat lunak yang tersedia untuk membuat storyboard, mulai dari metode kertas dan pensil tradisional hingga perangkat lunak digital dan aplikasi desain.

1. Alat Tradisional

Metode tradisional untuk membuat storyboard melibatkan sketsa setiap bidikan dan adegan dengan menggunakan kertas dan pensil. Meskipun metode ini bisa memakan waktu dan mungkin memerlukan keterampilan artistik, namun metode ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan gaya visual yang kuat dan memastikan bahwa setiap pengambilan gambar telah dipertimbangkan dengan cermat.

2. Aplikasi khusus storyboard

Selain metode tradisional, sekarang ada beberapa pilihan perangkat lunak yang secara khusus dirancang untuk membuat storyboard. Opsi perangkat lunak ini sering kali menyertakan berbagai alat dan fitur yang berguna, seperti templat yang sudah dirancang sebelumnya, panel storyboard, dan alat menggambar, sehingga proses pembuatan storyboard menjadi lebih ramping dan efisien. Beberapa pilihan perangkat lunak populer untuk pembuatan storyboard termasuk Storyboarder, Toon Boom Storyboard Pro, dan FrameForge.

3. Aplikasi alternatif

Terakhir, ada juga beberapa aplikasi desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat storyboard, seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator (AI). Meskipun aplikasi-aplikasi ini tidak secara khusus dirancang untuk pembuatan storyboard, mereka menawarkan berbagai alat desain dan kemampuan yang dapat membantu dalam membuat storyboard yang detail dan menarik secara visual. Pada akhirnya, pilihan alat atau perangkat lunak akan bergantung pada preferensi dan kebutuhan individu, serta persyaratan spesifik proyek.

Tamplate Storyboard

Jika kamu bingung atau tidak ingin mengunduh software khusus untuk storyboard, kamu masih dapat membuatnya menggunakan berbagai jenis software seperti MS Word, Adobe Illustrator, Photoshop, Powerpoint, atau PDF. Hal ini karena tidak semua tim memiliki spesifikasi komputer atau laptop yang cukup mumpuni untuk menjalankan software grafis khusus. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang tersedia dalam tim.

Terdapat beberapa model storyboard diantaranya ada storyboard landscape dan portrait, berikut modelnya
  • Storyboard 2 panel
  • Storyboard 3 panel
  • Storyboard 4 panel
  • Storyboard 6 panel
  • Storyboard 12 panel
  • Storyboard 16 panel
Semuanya berukuran A4, lengkap berisi kolom gambar dan kolom deskripsi dalam tamplate tersebut.


Penutup dan Kesimpulan

Membuat storyboard bukanlah hal mudah karena storyboard merupakan gambaran dasar dari sebuah cerita yang diinterpretasikan dalam bentuk visual. Oleh karena itu, proses pembuatan storyboard membutuhkan kreativitas yang tinggi serta keahlian dalam menggambar. Agar dapat menjadi seorang storyboard artist yang mahir, perlu banyak berlatih dan terus mencari referensi untuk scene, sketsa, sudut pandang, dan masih banyak lagi. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang masih kebinggunan dalam membuat storyboard untuk karya pertama mu.
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama