Cara Mencari Sound TikTok Populer untuk Bisnis Kamu

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Cara Mencari Sound TikTok Populer untuk Bisnis Kamu


Sound TikTok penting banget buat buat meningkatkan engagement video, namun terkadang memilih sound yang tepat terkadang cukup sulit bagi pemula yang tidak tahu caranya.

Sebenarnya sudah banyak yang membuat artikel bagaimana cara mencari sound populer, dari mencari lewat fyp, pencarian TikTok, perpustakaan suara, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Semuanya itu merupakan cara yang benar-benar terbukti ampuh untuk mendapatkan pencarian sound trending, namun pada pembahasan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mencari sound menggunakan TikTok creative center.

Apa itu Sound TikTok?

Sound TikTok merupakan sound audio yang dapat ditambahkan pada video TikTok (VT), sound tersebut digunakan sebagai audio pengiring atau backsound musik video, bertujuan sebagai pemanis video untuk megurangi flatness dalam sebuah VT.

Jenis-Jenis Sound TikTok

Dalam TikTok creative center kita dapat mencari berbagai jenis indikator untuk meningkatkan enaggement VT seperti pencarian kata kunci, hashtag populer hingga sound populer.

Baca Juga: Mengoptimalkan Konten TikTok dengan Riset Kata Kunci

Dalam laman tersebut secara tersirat TikTok membagi sound menjadi 2 jenis, pertama adalah sound umum sound ini dapat digunakan untuk konten reguler dalam hal penggunaan kreatif saja dan  tidak dapat digunakan untuk konten promosi atau pun keperluan bisnis di dalam TikTok.

Jika kamu ingin mencari sound audio untuk keperluan bisnis atau promosi di TikTok kamu bisa menggunakan sound yang Approved for business use (Disetujui dalam keperluan bisnis).

Dengan menggunakan audio ini kita bisa menggunakannya untuk keperluan komersil termasuk promosi iklan dll, penggunannya menjadi lebih fleksibel tanpa khawatir suara di mute oleh pihak TikTok


Bagaimana cara mencari sound TikTok Trending?

Mencari sound TikTok yang sedang trending tidaklah sulit, tapi memang sedikit menyita waktu karena kita harus masuk ke website TikTok creative center  dan melihat jenis konten dominan dalam sound tersebut.

Link TikTok creative center: https://ads.tiktok.com/business/creativecenter/inspiration/popular/music/ 


Cukup masuk ke laman tersebut kamu akan disuguhkan berbagai jenis sound populer dalam kurun waktu terdekat 7 hari hingga 120 hari.


Agar konten tetap releven dengan tren setiap harinya, disarankan menggunakan sound populer yang ramai digunakan dalam seminggu terakhir.


Dalam sound populer TikTok creative center memberikan update yaitu sound Popular sound dan Breakout Sound:

  • Popular sound merupakan Daftar peringkat lagu paling populer di wilayah dan jangka waktu yang dipilih. Daftar ini tidak menyertakan suara buatan pengguna.
  • Breakout sound Daftar peringkat lagu yang tumbuh pada tingkat yang signifikan, dalam wilayah dan jangka waktu yang Anda pilih. Daftar ini tidak menyertakan suara buatan pengguna.

Sound yang bagus itu seperti apa?

Sound yang bagus adalah sound yang relevan dengan konsep VT itu sendiri, perhatikan gambar berikut:

Cara Mencari Sound TikTok Populer untuk Bisnis Kamu

Cara Mencari Sound TikTok Populer untuk Bisnis Kamu

Sound Stasiun Cinta memiliki trend bagus, terlihat dari trend mengarah menanjak ke kanan atas. Tapi apakah sound itu sudah bisa digunakan?

Meskipun trend terlihat positif tapi perlu di ingat relevansi sound dengan video itu penting! untuk melihat sound tersebut relevan dengan video mu atau tidak kamu bisa lihat bagian see analiytics untuk melihat gambaran detail, baik dari peminatan dan wilayahnya.

Dalam analitik sound tersebut telihat konten populernya memiliki tema romantis, jadi jika vt kamu bertemakan tutorial maka hal tersebut salah dan tidak relevan, dimana jika kamu gunakan sound tersebut tidak bisa membantu meningkatkan engagement mu secara maksimal.

Jadi pasikan mencari sound yang sesuai dengan tema vt mu, agar mendapatkan efek juice power dari sound tersebut. dan perlu dicatat jika tujuan vt kamu untuk promosi pastikan memilih sound yang telah disetujui penggunaan bisnis.


Kesimpulan

Dalam mencari sound TikTok, ada dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu tren positif dan relevansi dengan tema konten. Pastikan sound yang kamu pilih memiliki tren yang sedang populer agar video kamu mendapatkan lebih banyak engagement. Namun, penting juga untuk memilih sound yang sesuai dengan konsep video kamu agar tetap relevan dan maksimal dalam meningkatkan kualitas konten.

Selalu perhatikan panduan dan kebijakan TikTok, terutama jika tujuan kamu adalah untuk promosi bisnis, gunakan sound yang telah disetujui untuk penggunaan bisnis agar kamu dapat memanfaatkan penggunaan sound secara komersial tanpa kendala. Dengan memperhatikan tren positif dan relevansi sound, kamu dapat meningkatkan kualitas dan engagement video TikTok kamu.
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama