Cara Riset Hashtag Trending di TikTok

Table of Contents
Cara Riset Hashtag Trending untuk Konten TikTok

#hashtag menjadi salah satu SEO media sosial saat ini, karena hashtag sendiri mengandung kata kunci yang gunanya untuk mengkategorikan atau melabeli konten.

Sederhananya hashtag merupakan label yang digunakan untuk mengelompokkan berbagai konten dari berbagai user, jadi ketika terdapat label dalam sebuah caption postingan dan kamu meng-klik #hashtag tersebut maka akan diarahkan secara langsung ke konten terkait nama hashtag tersebut.

Jadi jangan salah jika penggunaan hashtag itu penting dan perlu dilakukan riset, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mencari hashtag trending di TikTok.

Apa itu Hashtag TikTok?

Hashtag merupakan tanda yang digunakan untuk menyoroti suatu hal, biasanya sering di jumpai dalam postingan media sosial, hashtag atau tagar bisanya ditulis dengan menambahkan tanda (#) sebelum kata tertentu.

Seperti media sosial pada umumnya Facebook,Instagram,Twitter, TikTok juga menggunakan fitur ini untuk menyoroti atau mempertegas konteks dalam konten, dan kita bisa membuatnya dalam caption teks postingan.

Apakah Hashtag Penting?

Dalam media sosial hashtag memiliki pengaruh yang signifikan terhadap eksposure dari konten, jika kamu menyadari bahwa pencari di sosial media pasti ada yang menyertakan pencarian hashtag.

Dengan menggunakan hashtag yang tepat kita dapat mengkategori konten sesuai topik konten, jadi dengan terdapat kemungkinan besar konten yang dibuat akan mendapat kan impresi lebih dari penggunaan hashtag.

Maka dari itu biasanya sosial media spesialis akan menentukan hashtag potensial untuk setiap kontennya.

Bagaimana Cara Riset Hashtag Trending TikTok?



Sebagai media sosial yang telah memiliki ratusan juta pengguna TikTok kian berkembang pesat dan menjadi pasar potensial untuk owner bisnis memasarkan bisnisnya melalui media sosial. Oleh karena itu perlu adanya optimasi konten, salah satunya adalah pemilihan hashtag yang tepat.

Dalam penarapannya sebenarnya tidak ada aturan baku berapa persentase yang harus digunakan antara hashtag relevan dan hashtag trending, namun perlu di katahui bahwa konten yang baik merupakan konten yang menarik dan relevan.

Dengan asumsi sudah berhasil membuat konten yang menarik, maka relevansi dibutuhkan, optimasi seperti kata kunci, pemilihan sound, membuat caption, hingga hashtag perlu dilakukan. Artinya jika terkait dengan relevansi, maka penggunaan hashtag relevan cenderung lebih banyak dibandingkan dengan hashtag trending.

Karena hal ini akan berdampak kepada waktu tayang, jika waktu tayang semakin sedikit, maka konten di asumsikan tidak menarik dan tidak relevan dengan tagar tersebut.

Riset hashtag di TikTok Creative Center

Kita dapat melakukan riset hashtag menggunakan tools dari TikTok creative center, disana kita dapat mencari berbagai kata kunci, sound dan hashtag yang sedang trending dalam pekan ini ataupun beberapa bulan belakangan.

TikTok creative center: https://ads.tiktok.com/business/creativecenter/inspiration/popular/hashtag/pc/en

Misalnya kita akan membuat konten terkait produk yang dapat mengatasi jerawat, kita bisa menggunakan kata kunci jerawat untuk melihat hashtag terkait. Perhatikan gambar berikut.

Cara Riset Hashtag Trending untuk Konten TikTok

Cara Riset Hashtag Trending untuk Konten TikTok

Terdapat 2 hashtag yang memiliki impresi positif dalam sepekan, kita bisa menggunakan itu untuk di masukkan kedalam caption.

Untuk mempelajari lebih detail kamu bisa melihat bagian see analytic untuk melihat konten populer, demografi, dan peminatannya. Dari video yang telah ada kamu juga bisa mempelajari cara mereka melakukan hook, membuat membuat penawaran.

Cara Riset Hashtag Trending untuk Konten TikTok

Kreasikan hashtag, misalnya hashtag #jerawat, kamu bisa tambahkan hashtag relevan dengan produk perawatan jerawat, misalnya produk jerawat, acne fighter, skincare anti jerawat.  Jangan lupa tambahkan beberapa hashtag populer untuk mendapatkan impresi lebih, hal itupun memberi signal kepada algoritma bahwa kamu update populer.

Kesimpulan

Dalam memilih hashtag, relevansi konten sangat penting. Konten yang menarik dan relevan akan mendapatkan impresi yang lebih tinggi. Meskipun tidak ada aturan baku tentang persentase penggunaan hashtag relevan dan trending, keberhasilan konten dipengaruhi oleh relevansi.

Hashtag yang relevan cenderung lebih banyak digunakan daripada hashtag trending. Selain itu dengan menggunakan riset hashtag dan memilih hashtag yang tepat, pengguna TikTok dapat mengoptimalkan konten mereka dan meningkatkan visibilitasnya di platform tersebut.
www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads