Fitur Instagram Threads yang Bikin Kamu Penasaran

Table of Contents
Fitur Instagram Threads yang Bikin Kamu Penasaran



Kamu pasti sudah tahu tentang Twitter, kan? Nah, sekarang ada aplikasi baru yang siap bersaing dengan Twitter, namanya adalah Instagram Threads!

Tampilannya mirip dengan Twitter, tapi sebenarnya Instagram Threads memiliki beberapa fitur menarik yang tak dimiliki oleh sang pesaing.

Aplikasi berbasis teks ini diciptakan oleh Meta dan resmi diluncurkan pada Kamis, 6 Juli 2023. Peluncurannya pun menarik perhatian karena bersamaan dengan masalah teknis yang terjadi di Twitter.

Tidak sedikit pengguna Twitter yang merasa kecewa dan protes terkait batasan bacaan yang ditetapkan oleh Twitter.

Sebelum itu, mereka juga mengkritik kehadiran akun berbayar, yaitu Twitter Blue. Akibatnya, banyak pengguna bergegas mencari aplikasi teks alternatif, salah satunya adalah Instagram Threads.

Tapi apa saja sih fitur menarik dari Instagram Threads yang tidak dimiliki oleh Twitter? Yuk, simak ulasannya!


1. Beranda Utas di Instagram Threads

Beranda Threads menampilkan beragam utas yang dibuat oleh pengguna lain. Namun, yang menarik adalah beranda ini memprioritaskan utas-utas dari akun yang kamu ikuti sebelumnya.

Jadi, kamu bisa dengan mudah melihat apa yang sedang dibicarakan oleh orang-orang yang kamu pilih untuk diikuti.Selain itu, Threads memungkinkanmu untuk berinteraksi aktif dengan utas-utas yang ada di beranda.

Fitur Instagram Threads yang Bikin Kamu Penasaran

Kamu juga bisa memberikan dukungan dengan menyukai utas, memberikan komentar yang menarik, mengunggah ulang utas, atau bahkan membagikannya kepada teman-temanmu.

Tapi itu belum semua! Threads juga memungkinkanmu untuk berbagi utas ke aplikasi lain seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi.

Terutama di Instagram dan Facebook, kamu bisa membagikan utas dalam bentuk cerita atau postingan dengan tampilan yang keren. Jadi, teman-temanmu bisa langsung melihat utas yang kamu bagikan dengan gaya yang menarik.

cara membagikan threads ke instagram

Dengan beranda utas yang seru dan fitur interaktif yang lengkap, Instagram Threads memang bikin pengalamanmu dalam berjejaring sosial semakin seru.

2. Fitur Pencarian Threads Bisa Apa?

Fitur ini merupakan fitur mainstream. Tapi, sekarang ini fitur tersebut masih terbatas dan masih dalam tahap pengembangan.

Di dalam Threads, pengguna dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari akun-akun lain yang ingin diikuti. Namun, saat ini fitur ini hanya dapat melakukan hal tersebut, belum lebih. Artinya, fitur pencarian ini masih terbatas karena sedang dalam tahap pengembangan.
Seperti halnya media sosial lainnya, seharusnya fitur pencarian dapat menampilkan rekomendasi konten menarik, hashtag populer, atau kata kunci tertentu yang bisa memancing pengguna untuk membuat konten atau utas yang seru.

Tapi jangan khawatir! Meta, perusahaan di balik Instagram Threads, pasti akan terus meningkatkan kualitas aplikasi ini. Tampaknya dalam waktu dekat, fitur hashtag akan segera muncul. Hal ini didasarkan pada tambahan kebijakan privasi untuk Threads.

"Dalam penggunaan Threads, kami mengumpulkan informasi tentang aktivitasmu di Threads... fitur Threads yang kamu gunakan dan bagaimana kamu menggunakannya, tagar yang kamu gunakan, serta waktu, frekuensi, dan durasi aktivitasmu di Threads."

Jadi, tunggu saja perkembangan selanjutnya apakah Meta akan menambahkan fitur-fitur yang menarik tersebut dalam waktu dekat atau tidak. Terus pantau dan jadilah bagian dari perjalanan seru Instagram Threads!

3. Add Threads Dalam Tab Khusus Seperti Instagram.

Salah satu fitur penting di media sosial mikro blog seperti Threads adalah "Add Threads". Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat utas baru dalam aplikasi Threads. 

Threads memberikan dukungan kepada pengguna untuk membuat utas yang lebih panjang dengan batasan maksimal 500 karakter atau sekitar 60 kata dalam sebuah utas.

Yang menarik adalah
kita dapat membuat utas yang terhubung secara langsung, tanpa harus menunggu utas sebelumnya selesai diunggah. Jadi, kita bisa dengan cepat melanjutkan atau merespons utas yang sedang dibahas.

cara membuat utas panjang di threads simpel

Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah gambar/foto dan video dalam utas. Saat ini, Threads hanya mendukung format lampiran gambar dan video saja. Hal ini memudahkan pengguna untuk berbagi momen dalam bentuk gambar atau video dalam sebuah utas.

Menariknya lagi, Threads memungkinkan hingga sepuluh konten gambar dalam satu utas. Sedangkan untuk format video dalam format mp4, Threads memungkinkan pengguna untuk memposting video dengan durasi lebih dari enam (6) menit dalam satu utas. Bahkan, ada kemungkinan durasi video mencapai 10 menit.

*Penting diketahui, informasi ini berdasarkan pengujian video berdurasi 6 menit 3 detik pada saat artikel ini diunggah.

Dengan fitur "Add Threads" yang lengkap dan fleksibel ini, pengguna Instagram Threads dapat dengan mudah membuat utas seru dengan konten yang menarik. 

4. Terus Terhubung dengan Fitur Pemberitahuan di Instagram Threads

Fitur pemberitahuan di Instagram Threads sangat mirip dengan yang ada di Instagram, dan ditandai dengan ikon hati. Fitur ini memberikan pengguna informasi penting dalam beberapa kategori, seperti balasan, penyebutan, dan ter-verifikasi.

Kategori pertama adalah balasan. Fitur ini memberikan notifikasi tentang balasan yang diterima dari pengguna lain berdasarkan aktivitas seperti membuat utas, memberikan komentar, atau membagikan ulang yang kita lakukan sebelumnya.

Baca Juga: Ini Dia Kekurangan Threads yang Viral

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah melihat tanggapan dari pengguna lain terhadap konten yang kamu bagikan di Threads.

Kategori berikutnya adalah penyebutan atau mention. Fitur ini memberikan informasi kepada pengguna ketika ada utas atau komentar yang menyebut username kita.

Jadi, kamu akan langsung tahu ketika ada orang yang ingin berinteraksi langsung denganmu dalam suatu utas atau komentar. Ini memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan komunitasmu di Threads.

Terakhir, ada fitur ter-verifikasi. Meskipun mungkin tidak terlalu bermanfaat bagi semua pengguna, fitur ini tetap ada di aplikasi Threads. Dalam fitur ini, kamu dapat melihat secara eksklusif pengguna yang memiliki tanda verifikasi baru yang kamu ikuti. Ini memberikanmu kesempatan untuk mengikuti konten dari pengguna yang diverifikasi dan mungkin menarik perhatianmu.

Dengan fitur pemberitahuan ini, kamu dapat tetap terhubung dengan interaksi dan informasi terbaru di Instagram Threads.

5. Jelajahi Profil dan Aktivitas Pengguna di Instagram Threads

Di halaman profil pengguna Instagram Threads, kamu dapat melihat beragam detail profil pengguna tersebut. Mulai dari foto profil, nama pengguna, meta deskripsi, jumlah pengikut, akun Instagram yang terhubung, tautan khusus, hingga utas dan balasan yang telah mereka buat.
  • Threads atau utas menampilkan seluruh aktivitas kita, baik itu utas yang kita buat secara pribadi maupun ketika kita mengunggah ulang utas milik orang lain.

    Dengan fitur ini, kamu dapat melihat secara lengkap semua utas yang telah kamu buat dan berpartisipasi di dalamnya. Ini memudahkanmu untuk melihat kembali dan mengelola semua aktivitasmu di Threads.

  • Selain itu, terdapat fitur balasan yang menampilkan riwayat aktivitasmu dalam mengomentari utas pengguna lain.

    Kamu dapat melihat balasan yang telah kamu berikan di utas-utas orang lain, sehingga kamu dapat mengikuti percakapan dan berinteraksi dengan komunitas Threads.

Itulah sejumlah fitur menarik yang ada di Instagram Threads, yang membedakannya dari Twitter. Apakah kamu tertarik untuk mencoba Instagram Threads? Dengan fitur-fitur yang beragam dan seru ini, Instagram Threads dapat memberikan pengalaman berjejaring sosial yang baru dan menarik. 

Kebijakan & Privasi: Help Center. (2023). Retrieved 9 July 2023, from https://help.instagram.com/515230437301944

www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads