7 Kekurangan Aplikasi Threads yang Perlu Diperhatikan

Threads: Aplikasi Baru dari Meta yang Masih Terbatas Fitur dan Kekurangan Lainnya

Di era digital ini, komunikasi telah berkembang pesat. Dengan munculnya platform media sosial dan forum online, orang dapat terhubung dengan sesama dari seluruh dunia.

Dalam beberapa hari terakhir, netizen dihebohkan dengan kemunculan aplikasi baru dari meta, yaitu Threads. Saat ini Threads telah dapat diakses di Indonesia melalui perangkat Android dan iOS.

Sebagai aplikasi baru berbasis teks, Threads masih tergolong sederhana, di mana pengguna dapat membuat utas, melihat utas, dan merespon utas. Namun, pengguna tidak dapat mengetahui topik yang sedang tren saat ini.

Kekurangan Threads

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Threads setelah penggunaan selama lebih dari 3 hari, yang menurut saya sangat penting dalam sebuah media sosial.

1. Fitur Pencarian Terbatas

Saat ini, fitur pencarian Threads masih sangat terbatas. Di Threads, kita hanya dapat menemukan akun ketika kita memasukkan kata kunci dalam kolom pencarian. Berbeda dengan Instagram, di mana kita dapat mencari berbagai hal seperti postingan, akun, tagar, lokasi, dan musik.

Entah mark terlalu terburu-buru untuk mengambil momentum dari isu publik terhadap twitter, hanya dia yang tau. Tapi sebagai platform yang berbasis teks dan sebagaimana pendahulunya, klustering kata kunci penting untuk melihat topik trending dan pemantik untuk membuat utas.

2. Tidak Ada Hashtag

Threads belum menyediakan fitur hashtag! Saat berbicara tentang utas, kita akan dibawa kepada perspektif pengguna Twitter, di mana penggunaan hashtag dan kata kunci sangat membantu dalam menggunakan media sosial.

Threads yang belum memiliki fitur hashtag ini membuat pengguna menjadi sangat random dalam membuat utas. Fitur hashtag ini sangat penting untuk menandai topik penting yang sedang tren dan menjadi penghubung dalam utas-utas terkait.

3. Fitur Pin Utas Threads

Meskipun tidak terlalu penting, fitur pin utas Threads dapat menjadi sangat berguna bagi kita yang ingin menampilkan utas terbaik yang kita miliki kepada pengunjung profil kita.

4. Masalah Keyboard

Terjadi masalah dalam navigasi di Threads yang bisa jadi disebabkan oleh bug atau hal lainnya. Kasus ini terjadi pada smartphone Android dan pada utas yang memiliki media.

Ketika ingin berkomentar dalam utas tersebut, masalah yang sering muncul adalah keyboard menutupi kolom teks, sehingga diperlukan usaha lebih untuk memberikan komentar dalam utas tersebut.

5. Tidak Ada Fitur Draft Post

Terkadang, ide muncul terlalu awal untuk langsung diunggah. Oleh karena itu, fitur draf post menjadi penting sebagai direktori sementara untuk utas yang tertunda. Sayangnya, Threads belum menyediakan fitur tersebut, dan diharapkan akan ditambahkan dalam update mendatang.

6. Masalah Privasi

Pelanggaran privasi oleh Threads menjadi topik yang viral di jagat dunia maya belakangan ini. Threads dinilai mengambil data pengguna terlalu detail.

Setidaknya, terdapat 13 jenis data yang dikumpulkan oleh Threads, seperti kesehatan, informasi finansial, kontak, konten pengguna, riwayat pencarian, penggunaan data, diagnostic, pembayaran, lokasi, riwayat browsing, identitas, informasi sensitif, dan data lainnya.

Berikut 7 Kekurangan Aplikasi Threads yang Perlu Diperhatikan
image by aljazeera

Hal ini memicu perbandingan antara Threads dan Twitter. Meskipun memiliki konsep aplikasi yang sama, Threads dinilai masih terlalu terbatas fiturnya, sehingga menuai banyak kritik dari masyarakat. Beberapa pengguna bahkan menyatakan kekecewaan mereka setelah mendaftar aplikasi tersebut.

*Tidak luput pula bahwa di Eropa, Threads belum mendapatkan izin untuk diakses oleh masyarakatnya karena persoalan keamanan data dan privasi.

7. Tidak Dapat Menghapus Akun Threads

Perlu diketahui bahwa Threads merupakan bagian dari Instagram. Dalam syarat pendaftarannya, pengguna cukup memiliki akun Instagram yang telah login melalui perangkat tersebut, dan dengan sistem otomatisasinya, pengguna langsung terhubung dengan Threads dan Instagram.

Namun, hal yang sangat disayangkan bagi pengguna adalah ketidaktersediaan fitur "Delete Account Threads". Jika pengguna berniat untuk menghapus atau menonaktifkan akun Threads, mereka harus menghapus akun Instagram mereka.

Apakah menguninstall Threads akan menghentikan Meta mengambil data? Ya, artinya data yang diterima oleh Meta dari akun pengguna akan berhenti saat mereka logout atau menguninstall Threads.

Namun, jangan lupa bahwa "Threads merupakan bagian dari Instagram." Hal ini tercantum dalam kebijakan dan privasi, yang berarti kemungkinan Meta tetap dapat mengakses informasi tersebut melalui Instagram. Oleh karena itu, penting untuk melihat kebijakan privasi aplikasi Instagram juga.

Penutup

Dengan demikian, Threads masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur-fitur yang lebih lengkap, peningkatan privasi, dan perbaikan bug dapat membuat Threads menjadi aplikasi yang lebih menarik bagi pengguna media sosial di Indonesia.

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads