Cara Membuat Channel di WhatsApp Paduan Praktis

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Cara Membuat Channel di WhatsApp Paduan Praktis

Apa itu Channel WhatsApp?

Channel whatsapp adalah saluran satu arah dari kreator kepada audiens pengikutnya, berbeda dengan komunitas dan grup whatsapp yang anggota dapat berinteraksi menggunakan chat text. Dalam saluran tersebut kita akan disuguhkan update feeds dari saluran tersebut baik itu informasi dalam bentuk informasi singkat dan rujukannya ataupun informasi grafis yang bisa di berikan media kepada pengikutnya, hingga saat ini fitur poling belum tersedia di saluran whatsapp.


Channel whatsapp memiliki keterbatasan interaksi, sebagai pengikutnya kita hanya bisa memberikan reaksi terhadap unggahan yang diberikan oleh publisher/media pembuat saluran, maka dari itu sebaiknya kita selektif dalam mengikuti saluran, dengan memilih media yang memiliki kredibilitas yang baik untuk mendapatkan informasi yang up to date dan berimbang.

Panduan Video Tersedia di Bawah Artikel


Bagaimana membuat channel whatsapp?

Banyak sekali yang bertanya-tanya mengenai hal ini, apakah kita dapat membuat saluran pribadi untuk ditampilkan di publik? menjawab pertanyaan tersebut ialah sangat memungkinkan bagi kita membuatnya. Cara membuat saluran whatsapp sanggatlah mudah tanpa aplikasi pihak ketiga ataupun setingan yang njelimet (Susah).

Ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi, yang wajib adalah menggunakan whatsapp bisnis. Kita harus memiliki whatsapp bisnis agar dapat membuatnya, kita bisa akun baru ataupun hanya beralih dari whatsapp pribadi ke whatsapp bisnis. Simak caranya lebih lanjut.

Saat ini akses membuat saluran dapat dilakukan di whatsapp pribadi, hal ini bisa dilakukan pada aplikasi whatsapp versi terbaru. Pada dasarnya membuat channel whatsapp sama mudahnya dengan membuat gurp ataupun komunitas.
 

Cara Membuat Channel WhatsApp - Panduan Praktis

Cara Membuat Channel di WhatsApp Paduan Praktis
Membuat saluran whatsapp sangat mudah seperti membuat grup, ikuti panduan ini untuk detail lebih lanjut:
  1. Pastikan sudah memiliki akun whatsapp bisnis/pribadi.
  2. Buka Aplikasi whatsApp bisnis/pribadi.
  3. Cari Menu pembaharuan atau update dalam bahasa inggris.
  4. Pada bagian kolom saluran/channel klik tanda plus (+).
  5. Selanjutnya pilih buat saluran, klik lanjut pada popup yang muncul.
  6. Kemudian tambahkan foto, nama saluran, deskripsi saluran.
  7. Selanjutnya klik tombol buat saluran/ create channel.
  8. Selamat channel berhasil dibuat.
Jika sudah berhasil membuat channel maka saluran kita akan berada pada barisan saluran yang telah kita ikuti sebelumnya. Selanjutnya kita bisa membagikan tautan ke media sosial atau pun kegrup whatsapp lainnya untuk mengikuti update informasi dari kita sebagai publisher.


Cara Mengirim Pesan di Saluran

Sebagai publisher atau pemilik saluran whatsapp, yang sebelumnya telah kita buat wajib bagi kita untuk memberikan informasi terbaru dan faktual, untuk itu kita bisa mengirimkan informasi berupa pesan singkat baik berupa text ataupun gambar.

Meskipun kita pemilik saluran whatsapp, saluran tersebut tidak akan muncul di daftar chat pada umumnya, untuk itu jika kita ingin membuat sebuah pesan kita harus ke menu pembaharuan, berikut step by step membuat pesan di saluran whatsapp.
  1. Masuk ke whatsapp bisnis/pribadi.
  2. Cari icon dan menu pembaharuan/update.
  3. Cari nama saluran yang telah kita buat sebelumnya.
  4. Klik saluran tersebut, jika saluran tersebut miliki kita maka akan terlihat text box untuk akses menulis teks di saluran tersebut.
  5. Selanjutnya buatlah informasi baik teks, gambar ataupun tautan keluar yang relevan agar pengikut mendapatkan pengalaman yang baik di saluran tersebut.
  6. Selanjutnya adalah repetisi memberikan informasi yang berguna bagi pengikut.
Langkah-langkah diatas adalah panduan praktis untuk mendistribusikan informasi melalui saluran whatsapp, dengan kemampuannya masih terbatas hal ini tidak menutup kemungkinan untuk dimanfaatkan menjadi saluran bebagi informasi yang lebih ramah pengguna.





Kesimpulan: Cara Mudah Membuat dan Mengelola Saluran WhatsApp

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi cara membuat Channel di whatsApp dengan fokus pada saluran satu arah yang memungkinkan kreator menyampaikan informasi kepada pengikutnya. Dibandingkan dengan grup dan komunitas whatsApp, saluran ini memiliki keterbatasan interaksi, memungkinkan pengikut memberikan reaksi terhadap unggahan.

Untuk membuat saluran ahatsApp, langkah-langkahnya sederhana dan memerlukan penggunaan whatsApp Bisnis. Artikel memberikan panduan praktis, termasuk persyaratan yang perlu dipenuhi dan langkah-langkah rinci, mulai dari pembuatan saluran hingga pengiriman pesan di dalamnya.

Pentingnya mengikuti saluran dengan kredibilitas yang baik juga disoroti, mengingat interaksi yang terbatas. Dengan demikian, sebagai pemilik saluran, penting untuk memberikan informasi terkini dan relevan kepada pengikut melalui pesan singkat, gambar, atau tautan.

Dengan memanfaatkan fitur whatsApp Bisnis, artikel ini memberikan panduan praktis bagi pembaca untuk membuat dan mengelola saluran whatsApp mereka sendiri, menciptakan pengalaman yang baik bagi pengikutnya.
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama