Cara Membuat Cover Latter Dengan AI Chat GPT

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!

Hai semuanya di artikel kali ini aku akan membahas cara membuat cover latter menggunakan AI, nah kenapa hal ini penting dan harus dikuasai, karena cover latter ini sangat diperlukan bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan idaman.

Disclaimer dulu di pembahasan kali ini tidak ada tips-tips pasti untuk mendapatkan perkerjaan idaman kamu, pembahasan ini murni penjelasan teknis bagaimana membuat cover latter untuk lamaran perkerjaan dibidang apapun.

Tapi sebelum itu kita akan membahas sedikit mengenai cover latter


Cara Membuat Cover Latter Dengan AI - Chat GPT

Apa itu Cover Latter?

Cover latter dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai surat pengantar, karena sebagai pengantar seharusnya sebuah cover latter yang baik dikemas dalam bahasa dan kalimat persuasive. Bingung?

Jadi di cover latter kamu bisa memperkenalkan diri kamu, seperti kepribadian, minat bakat, pengalaman hingga alasan kamu tertarik untuk melamar pada posisi tersebut.

Cover latter mampu memberikan first impression kepada HRD, dengan cover latter yang baik pelamar akan lebih menjadikan sebagai poin plus untuk usaha kamu, dan juga pastinya lebih profesional.

Apa itu Chat GPT?

Chat GPT adalah tools kecerdasan buatan berbasis teks yang mampu berinteraksi dengan manusia berdasarkan permintaan/prompt yang di input oleh user. (Fatin 2024) Mengungkapkan bahwa Chat GPT dapat memberikan jawaban yang terstruktur dengan baik, urutan kata yang benar serta memiliki ketelitian yang tepat, selain itu Chat GPT juga dapat mengingat percakapan sebelumnya, serta Chat GPT juga dapat menghasilkan jurnal, majalah atau sebuah artikel karya ilmiah dengan waktu yang cepat.

Baca Juga: Cara Mudah Login Chat GPT

Apa itu prompt

Cara Membuat Cover Latter Dengan AI - Chat GPT

Dalam bahasa Indonesia Prompt memiliki meminta, dimana permintaan dilakukan oleh user dan kemudian sistem AI dari Chat GPT sebagai peladen akan memberikan rekomendasi dari sebagai jawaban terbaik

Cara Membuat Cover Latter di Chat GPT

Cover latter atau sampul surat biasanya digunakan oleh pencari kerja guna melamar pekerjaan, dahulu pekerjaan ini dilakukan manual dengan tulisan tangga, berjalan seiring waktu berkembang menggunakan sistem komputer. 

Digitalisasi ini mendorong inovasi untuk produktivitas manusia, yaitu dengan kemunculan AI generatif teks yang dapat dengan mudah membuatkan cover latter yang profesional dan akurat.

Hal-hal yang dibutuhkan dalam membuatnya adalah dengan Microsoft Office ataupun Google Doc untuk editing teks, dan yang pasti adalah Chat GPT.

Pastikan kamu sudah membuat template bio data diri lengkap, pengalaman, moto, skill, prestasi dimana ini semua bisa kamu ambil dari CV. 

Lantas bagaimana menggunakan Chat GPT untuk membuat cover latterCaranya sangat mudah kira bisa menggunakan prompt sederhana secara langsung dan alternatif-nya menggunakan custom pormpt.


Menggunakan prompt sederhana

Kamu bisa memberikan perintah sederhana dengan mengetikkan 

"Dari bio data saya ini [paste bio data kamu] buatkan saya cover latter, untuk melamar pekerjaan di [perusahaan ] pada bidang [bidang yang dilamar], saya mendapat informasi dari [sumber info]"

*Bagian perusahaan kamu dapat mengisi detail profil perusahaan

Menggunakan custom prompt

Cara alternatif ini cukup memudahkan kita untuk memberikan instruksi, dengan custom instructions kita tidak perlu lagi mengisi bio data kita setiap kali ingin membuat cover later.

Caranya cukup mudah, ikut langkah berikut:
  • Masuk kedalam Chat GPT
  • Klik pada bagian profil user Chat GPT mu
  • Masuk ke Menu Custom instructions
  • Dan paste biodata lengkap mu.
Maka selanjutnya untuk membuat prompt kita cukup menggunakan perintah seperti berikut
"Buatkan saya cover latter, untuk melamar pekerjaan di [perusahaan ] pada bidang [bidang yang dilamar], saya mendapat informasi dari [sumber info]"

 

Cara Membuat Cover Latter Dengan AI - Chat GPT

Contoh Cover Latter Hasil Prompt Sebelumnya

Amanda Putri
[Alamat Anda]
[Email Anda]
[Nomor Telepon Anda]

[Tanggal]

HRD TechGrowth Solutions
[Alamat Perusahaan]
[Email Perusahaan]

Yth. HRD TechGrowth Solutions,

Saya menulis untuk mengungkapkan minat saya yang besar dalam posisi Digital Marketer di TechGrowth Solutions, seperti yang saya temukan melalui profil LinkedIn perusahaan Anda. Dengan latar belakang pendidikan dalam Ilmu Komunikasi dan pengalaman yang kuat dalam pemasaran digital, saya percaya bahwa saya memiliki kualifikasi dan keahlian yang sesuai untuk memberikan kontribusi positif bagi tim pemasaran digital Anda.

Sejak Oktober 2022, saya telah bekerja sebagai Digital Marketing Specialist di Perusahaan XYZ, di mana saya bertanggung jawab merancang dan melaksanakan strategi pemasaran digital yang berhasil meningkatkan visibilitas merek perusahaan. Saya memiliki pengalaman yang solid dalam mengelola kampanye periklanan online melalui berbagai platform seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads, serta mampu melakukan analisis data kinerja kampanye untuk memberikan rekomendasi untuk optimalisasi.

Selain itu, pengalaman saya sebagai Asisten Pemasaran Digital di Agensi Pemasaran Digital ABC telah memperkuat pemahaman saya dalam strategi pemasaran online, termasuk SEO, SEM, dan Sosial Media Marketing. Saya memiliki keahlian dalam analisis data pemasaran dan copywriting yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja kampanye pemasaran.

Saya juga memiliki sertifikasi Google Analytics dan Facebook Blueprint, serta penghargaan Karyawan Bulan Terbaik di Perusahaan XYZ pada bulan Juni 2023. Saya sangat antusias untuk membawa keahlian dan pengalaman saya ke dalam tim pemasaran digital yang dinamis di TechGrowth Solutions.

Terlampir adalah resume saya yang lebih rinci yang mencakup pengalaman kerja dan kualifikasi saya. Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan membahas lebih lanjut bagaimana saya dapat berkontribusi pada kesuksesan tim pemasaran digital Anda.

Terima kasih atas pertimbangan Anda. Saya menantikan jawaban positif dari Anda.

Hormat saya,

Amanda Putri

 

Kesimpulan

Cover letter adalah surat pengantar yang memberikan kesan pertama kepada HRD, dan dengan penggunaan AI seperti Chat GPT, proses pembuatannya dapat dilakukan dengan lebih efisien dan profesional. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disampaikan, kamu dapat meningkatkan peluang mereka untuk diperhatikan oleh calon pemberi kerja. Semoga artikel ini bermanfaat dalam perjalanan mencari pekerjaan.


Diva Fatin, Dinda Tasya Fajriyanti, Andi Aprilia Saputri and Ika Putra Viratama 2024. DAMPAK DARI CHAT GPT BIOTEKNOLOGI. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2, 2 (Jan. 2024), 13–20. DOI:https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i2.818.


Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama