Tips Memastikan Keaslian Dokumen Digital dengan ExifTool

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Cara Melihat Metadata File Lengkap


Cara Melihat Metadata File Lengkap

Keaslian dokumen menjadi salah satu hal penting di dunia digital saat ini, akses informasi yang tiada batas membuat beberapa orang mengambil jalan pintas demi kepentingannya. Salah satunya adalah menduplikasi file dokumen orang lain lalu mengatasnamakan kepemilikannya.

Fenomena ini bukan hal asing tentunya, dan masyarakat kita pun banyak yang menormalisasi pelanggaran kekayaan intelektual seperti itu, nah dalam pembahasan singkat ini aku akan menunjukan cara menganalisa atau melihat keaslian file dengan membandingkan pernyataan penggua dan data file yang ada.

Beberapa kasus yang pernah saya temui ketika kuliah adalah menyalin dokumen atau file teman yang kemudian di kumpul dengan mengatasnamakan dirinya, kesalahan ini lazim di temui. 

Lantas bagaimana caranya agar kita tau keaslian dokumen itu milik orang tersebut atau milik orang lain? satu tool yang dapat kita gunakan untuk melihat metadata file dokumen secara lengkap. 

Tapi bukanya di perangkat ada fitur properties? pakai itu aja kan cukup!


Benar, namun data tersebut hanyalah data dasar yang belum bisa menjelaskan kepemilikannya, beberapa data memang. Sebelum kita masuk kepembahasannya kita pahami dulu definisi metadata, jenis file, tools yang akan kita gunakan.


Definisi Metadata File

Metadata merupakan informasi yang terkait dengan file sistem, seperti timestamp (waktu pembuatan, modifikasi, dan akses), atribut lainnya (seperti hak akses), serta informasi lain yang mendeskripsikan struktur dan sifat dari file dan direktori dalam sistem komputasi. 

Metadata ini dapat digunakan dalam investigasi forensik untuk memahami aktivitas yang terjadi dalam sistem komputasi, seperti apa yang dilakukan, di mana, kapan, dan bagaimana aktivitas tersebut terjadi.

Jenis-Jenis File Komputer

Perlu kita sadari bahwa ada begitu banyak format file yang terdapat di komputer, ratusan hingga ribuan. Meski demikian kita tidak perlu mengetahui semuanya.

Cara mengetahui format file bisa dengan cara mengidentifikasi pada bagian akhir, jika file bernama Kursi.jpg, artinya file tersebut adalah file gambar/image. Berikut ini ada beberapa file yang umum di ketahui oleh masyarakat umum.
  • JPG adalah format file untuk gambar.
  • PDF adalah format file untuk file dokumen yang dapat berisi teks dan gambar.
  • DOCX adalah format XML untuk dokumen Microsoft Office biasanya.
  • XLS adalah format file untuk spreadsheet dalam Microsoft Excel.
  • MP4 adalah format file untuk video.
  • PNG adalah format file untuk gambar yang biasanya digunakan untuk gambar tanpa kehilangan kualitas.
  • MP3 adalah format file untuk audio.

ExifTool Metadata Ekstraktor

Apa itu ExifTool? ExifTool merupakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan membaca metadata file secara terperinci.

Software gratis ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mengakses laman exiftool.org, untuk mengunduhnya kamu bisa sesuaikan dengan sistem komputer mu, apakah Windows atau MacOs.

Kelebihan:

  1. Gratis: Salah satu kelebihan utama dari ExifTool adalah bahwa itu gratis. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengakses atau menggunakan fitur-fiturnya.
  2. Mudah digunakan: Meskipun menggunakan Command Line Interface (CLI), ExifTool relatif mudah digunakan setelah pengguna terbiasa dengan antarmuka baris perintahnya.
  3. Aplikasi Ringan: ExifTool adalah aplikasi yang ringan dalam hal penggunaan sumber daya komputer. Ini berarti dapat berjalan dengan lancar bahkan pada perangkat dengan spesifikasi yang lebih rendah.
  4. Lengkap untuk aplikasi gratis: ExifTool menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap untuk sebuah aplikasi gratis. Pengguna dapat membaca metadata file dengan detail yang tinggi dan melakukan berbagai manipulasi sesuai kebutuhan.
  5. Selalu diperbarui: Pengembang ExifTool secara teratur merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur-fitur baru. Hal ini menjamin bahwa perangkat lunak ini tetap relevan dan dapat diandalkan dalam jangka panjang.

Kekurangan:

  1. Menggunakan CLI: Salah satu kelemahan utama ExifTool adalah penggunaannya melalui Command Line Interface (CLI). Ini mungkin membuatnya kurang ramah bagi pengguna yang lebih memilih antarmuka grafis.
  2. Dokumentasi rumit tidak ramah pemula: Dokumentasi ExifTool cenderung rumit dan kurang ramah pemula. Ini dapat membuat pengguna baru merasa kesulitan dalam mempelajari cara menggunakan perangkat lunak ini secara efektif.
  3. Terbatas untuk analisis big data: Meskipun ExifTool sangat berguna untuk membaca metadata file individual, itu mungkin kurang cocok untuk analisis big data yang membutuhkan pengolahan metadata dalam jumlah besar secara efisien.
Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang apakah ExifTool cocok untuk kebutuhan mereka atau tidak.


Jenis file yang didukung

Berikut ini contoh format file yang pasti bisa dibuka oleh ExifTool

Jenis File Deskripsi Tipe Akses
JPG Joint Photographic Experts Group image R/W
PDF Adobe Portable Document Format R/W
DOCX Office Open XML Document [Macro-enabled] R
XLSX Office Open XML Spreadsheet [Macro-enabled/Binary] R
MP4 Motion Picture Experts Group version 4 (QuickTime-based) R/W
PNG Portable/JPEG/Multiple-image Network Graphics R/W
MP3 MPEG-1 layer 3 audio R

Ket: R {Read} / W {Write}

Kalau kamu mau lihat file lainnya kamu bisa ikuti link berikut untuk ratusan format file, mungkin saja ada yang sesuai dengan yang kamu inginkan. 


Cara Menggunakan ExifTool

Cara Menggunakan ExifTool

Untuk menggunakan alat ini caranya sangat mudah, jika kamu sudah mengunduh kamu bisa langsung ekstrak zip filenya.
  • Setalah itu kamu bisa masukan file yang ingin kamu lihat metadatanya kedalam 1 folder yang sama.
  • Drag & Drop File ke dalam aplikasi ExifTool
  • Langsung akan muncul dokumentasi seperti gambar dibawah.
Preview Dokumentasi ExifTool - cara buat file pdf


Sumber Video: Riska Ayu Dwi Asih


Mengeksplorasi File PDF: Menggunakan ExifTool untuk Analisis Dokumen


File PDF, meskipun terlihat sederhana, sering kali menyimpan sejumlah informasi yang menarik. Salah satu cara untuk mengungkap rahasia di balik dokumen PDF adalah dengan menggunakan ExifTool, alat yang sangat berguna dalam menganalisis metadata.

Tentu saja, pertanyaan pertama adalah bagaimana kita bisa mendapatkan file PDF untuk dianalisis. Ada beberapa cara membuat file PDF yang bisa kita gunakan. Pertama, kita bisa membuatnya langsung dari aplikasi Microsoft Office seperti Word, PowerPoint, atau Excel. Kedua, kita bisa menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe Illustrator atau Photoshop untuk menciptakan PDF yang lebih kreatif. Terakhir, jika kita memiliki file dalam format lain, kita bisa menggunakan layanan konversi online seperti Convertio, Smallpdf, atau iLovePDF untuk mengubahnya menjadi PDF.

Setelah kita memiliki file PDF yang ingin dianalisis, langkah berikutnya adalah membuka ExifTool. Dengan ExifTool, kita bisa mengungkap metadata yang tersembunyi dalam file tersebut. Misalnya, kita bisa melihat informasi tentang pembuat dokumen, tanggal pembuatan, bahkan revisi-revisi yang telah dilakukan.

Setelah mendapatkan data metadata dari berbagai dokumen PDF yang telah dibuat dengan cara yang berbeda, kita bisa membandingkannya. Mungkin kita akan menemukan perbedaan menarik antara metadata yang dihasilkan oleh Microsoft Office dan Adobe Creative Suite. Apakah ada informasi tambahan yang disimpan oleh salah satu program tersebut? Apakah ada perbedaan dalam cara metadata diatur?

Cara Menganalisa File Asli atau Tiruan/Editan/Palsu

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memeriksa apakah suatu file itu asli atau palsu, seperti file skripsi atau penelitian dengan ekstensi Docx/PDF.
  1. Pertama, tanyakan kepada pengguna beberapa informasi dasar seperti waktu pembuatan file, perangkat yang digunakan, kata kunci yang digunakan, dan nama pengguna yang membuat file tersebut.
  2. Gunakan ExifTool untuk melihat properti file secara detail, termasuk informasi tentang waktu pembuatan, perangkat yang digunakan, dan metadata lainnya.
  3. Selanjutnya, analisis apakah pernyataan pengguna sesuai dengan data yang ada di ExifTool. Periksa apakah informasi yang diberikan oleh pengguna cocok dengan data yang tercatat dalam metadata file.
  4. Gunakan data yang ditemukan melalui ExifTool untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut kepada pengguna, misalnya meminta klarifikasi tentang waktu pembuatan atau perangkat yang digunakan.
  5. Dari hasil analisis tersebut, kamu bisa membuat keputusan apakah file tersebut asli atau palsu berdasarkan konsistensi antara informasi yang diberikan oleh pengguna dan data yang terdapat dalam ExifTool.
Cara Menganalisa File Asli atau Tiruan/Editan/Palsu

Kesimpulan

Artikel ini membahas pentingnya memastikan keaslian dokumen di era digital. Beberapa orang sering menyalin file dokumen orang lain dan mengatasnamakan sebagai milik mereka sendiri. Penulis memperkenalkan ExifTool, sebuah alat gratis yang bisa digunakan untuk memeriksa detail metadata file dokumen guna menentukan keasliannya.

Kelebihan ExifTool adalah gratis, mudah digunakan, ringan, dan selalu diperbarui. Namun, kelemahannya adalah penggunaannya melalui Command Line Interface (CLI) dan dokumentasinya yang agak sulit dipahami.

Proses penggunaan ExifTool dijelaskan langkah demi langkah, mulai dari pengunduhan hingga cara menganalisis apakah suatu dokumen asli atau palsu. Dengan menggunakan ExifTool, pengguna bisa melihat detail tentang waktu pembuatan, perangkat yang digunakan, dan informasi lainnya yang membantu dalam memverifikasi keaslian dokumen.

Artikel ini memberikan pemahaman yang sederhana dan berguna bagi pembaca tentang pentingnya memeriksa keaslian dokumen digital dan cara menggunakan ExifTool untuk tujuan tersebut.
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama