Pengertian Sel dan Struktur Sel Mahluk Hidup

Table of Contents
Sel adalah bagian terkecil dalam struktur organisme, terdiri dari jaringan kompleks dengan jenis yang berbeda-beda. Pada artikel ini pembahasan sel terkait dengan pembahasan sel secara umum, dan struktur sel yang terdapat pada makhluk hidup.


Sel


Sel berasal dari bahasa latin cella, yang berarti ruangan kecil. Sel merupakan kesatuan struktural dan fungsional yang dimiliki setiap makhluk hidup, baik hewan, bakteri, tumbuhan, dan manusia. sel juga dikatakan sebagai unit terkecil yang merupakan kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup.

Dalam biologi kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal, atau organisme uniseluler, contohnya seperti amoeba dan bakteri. Selain uniseluler ada pula jenis multiseluler, jenis ini lebih kompleks dimana sel-sel pada organisme multiseluler tidak akan bertahan lama jika masing-masing berdiri sendiri dan terdiri dari banyak tipe sel yang dengan fungsinya masing-masing, organisme multiseluler ini biasnya didapati pada hewan, tumbuhan, dan manusia.

“Fact: Tubuh manusia tersusun atas lebih dari 1013 sel.”

Sel terkecil yang miliki manusia adalah bekteri Mycoplasma dengan diameter 0,0001 sampai 0,001 mm dimana harus menggunakan alat bantu, sedangkan ada pula contoh sel tunggal yang dapat dilihat dengan mata telanjang, yaitu telur ayam yang belum di buahi atau disebut telur ayam infertil



Sel Pada Mahluk Hidup


Sel merupakan struktural terkecil dari organisme hidup, sel pada umumnya memiliki selaput/membrane sel yang di dalamnya terdapat cairan protoplasma atau matriks, dan tersusun atas sub selulur, organ sel, yang dikelilingi membran. Cairan protoplasma atau matriks, terdiri dari sel sitoplasma dan inti sel atau nucleus., di dalam nucleus terdapat plasma inti atau nucleusplasma

Sel adalah satuan atau unit terkecil yang dimiliki makhluk hidup yang dapat melaksanakan kehidupan, secara fungsi, sel menjalankan fungsi kehidupan ( Menyelenggarakan kehidupan jika sel-sel penyusunnya berfungsi ), dan kemudian membentuk organisme
Sel sendiri berkembang biak secara mandiri dengan cara membelah diri (mitosis). Sel pula memiliki materi genetik, yang menjadi penentu sifat dari makhluk yang membawanya, maka dengan hal tersebut dapat menjelaskan bahwa sifat makhluk hidup dapat di wariskan kepada keturunannya karena memiliki DNA bawaan. Dalam sebuah sel memiliki struktur yang di sebut ribosom yang berfungsi dalam membuat protein yang akan digunakan sebagai katalis pada berbagai reaksi kimia dalam sel tersebut.
Struktur sel

Struktur organisme tersusun atas salah satu dari dua jenis sel berbeda, yaitu: sel prokariotik atau sel eukariotik. Keduanya dibedakan berdasarkan tempat atau posisi DNA di dalam sel, sebagian besar DNA pada eukariota terselubung membran organel yang disebut nukleus atau inti sel, sedangkan prokariota tidak mempunyai nucleus atau inti sel.


Sel Prokariotik


Pengertian Sel dan Struktur Sel Mahluk Hidup
Sel Prokariotik

Sel Prokariota, berasal sari bahasa yunani, pro ‘sebelum’ dan karyon, ‘biji’. Dalam sel inii tidak terdapat membran yang memisahkan DNA dan bagian sel lainnya, dan daerah tempat DNA terpusat di sitoplasma disebut nukleoid. Kebanyakan sel ini merupakan organisme uniseluler dan berukuran kecil, dengan ukuran sekitar berdiameter 0,7-0,2 µm dan volumenya sekitar 1 µm3, serta pada umumnya terdiri dari selubung sel, membran sel, sitoplasma, nukleoid, dan beberapa sturktur lainnya.

Semua sel memiliki prokariotik memiliki selubung sel diluar membran selnya, jika selubung tersebut mengandung lapisan kaku yang terbuat dari karbohidrat atau kompleks karbohidrat-protein, Peptidoglikan, lapisan itu disebut dinding sel. Kebanyakan bakteri memiliki membran luar yang menutupi lapisan itu peptidoglikan, dan ada pula bakteri yang memiliki selubung sel dari protein. Sementara itu, kebanyakan selubung sel arkea berbahan protein, walaupun ada juga yang peptidoglikan. Selubung sel prokariota mencegah sel pecah akibat tekanan osmotik pada lingkungan yang.

Banyak jenis bakteri memiliki lapisan di luar dinding sel yang disebut kapsul yang membantu sel bakteri agar dapat melekat di permukaan atau sel lainnya, dan membantu sel untuk menghindar dari sel kekebalan tubuh manusia. selain itu sejumlah bakteri yang melekat pada permukaan benda dan sel lain dengan benang perotein yang disebut pilus ( jamak:pili) dan fimbria ( jamak: fimbriae ). Banyak jenis bakteri bergerak menggunakan flagelum (Jamak: Flagela) yang melekat pada dinding selnya dan berputar seperti motor.

Sel ini pada umumnya jangan memiliki molekul DNA dengan struktur lingkar yang terpusat pada nulkeoid. Seliain itu sel ini pun memiliki bahan genetik tambahan yang disebut plasmaid yang berstruktur DNA lingkar, plasmid tidak dibutuhkan oleh sel untuk pertumbuhan meskipun sering kali plasmid membawa gen tertentu yang membeikan keuntungann misalnya resistensi terhadap antibiotik.

Prokariota memiliki sejumlah protein struktural yang disebut sitoskeleton. Yang pada mulanya dianggap hanya dimiliki pada eukariota. Protein skeleton tersebut mengatur pembelahan sel dan berperan menentukan bentuk sel.


Sel Eukariotik


Pengertian Sel dan Struktur Sel Mahluk Hidup
Sel Eukariotik

Sel Eukariotik berasal dari bahasa yunani eu ‘sebenarnya’ dan karyon ‘biji’, sel ini memiliki 10 hingga 100 µm, dengan ukuran seperti itu sel ini. Sitoplasma eukariota merupakan daerah diantara nukleus dan membran sel. Sitoplasma terdiri dari sitosol, yang di dalamnya terdiri dari organel-organel, dengan bentuk dan fungsi terspesialisasi. Kebanyakan organel-organel tersebut dibatasi oleh membran, dan nukleus dibatasi oleh dua membran.

Selain nukleus, sejumlah organel lain dimiliki hampir semua sel eukariota, yaitu;

  • Mitokondria
  • Retikulum Endoplasma
  • Badan golgi
  • Perokisom

Lisosom, yang menguraikan komponen sel yang rusak dan benda asing yang dimasukkan oleh sel, yang terdapat pada sel hewan dan tidak terdapat pada sel tumbuhan.

Kloroplas, sel ini sangat terkenal pada tumbuhan dan organisme uniseluler, dimana kloroplas ini menjadi tempat terjadinya fotosentesis. Baik sel tumbuhan maupun sejumlah eukariota uniseluler memiliki satu atau lebih vakuola, yaitu organel tempat menyimpan nutrien dan limbah serta tempat terjadinya sejumlah reaksi penguraian.

Jaringan protei sitoskleton mempertahankan bentuk sel dan mengendalikan pergerakan struktur dalam sel eukariota. Sentriol, yang hanya ditemukan pada sel hewan di dekat nukleus, juga terbuat dari sitoskeleton.

Dinding sel yang kaku, terbuat dari selulosa dan polimer lain, mengelilingi sel tumbuhan dan membuatnya kuat dan tegar. Fungi juga memiliki dinding sel, namun komposisinya berbeda dari dinding sel bakteri maupun tumbuhan. Di antara dinding sel tumbuhan yang bersebelahan terdapat saluran yang disebut plasmodesmata.


Daftar Pustaka


Subagiartha, 2018. tinjauan pustaka, sturktur sel, Fungsi dan regulasi.

www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Komentar baru tidak diizinkan.*

Lebih baru Lebih lama

Ads