Tips Memilih Smartphone yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Smartphone yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Smartphone Yang Tepat Sebelum Membeli

Winda Sari - Industri smartphone berkembang pesat setiap harinya, perusahaan menawarkan berbagai jenis smartphone dengan spesifikasi yang berbeda dengan harga yang bervariasi. Bahkan jika kalian mencari spesifikasi rendah smartphone, kalian masih akan disuguhkan dengan banyak pilihan yang tak kalah canggih. Jadi itu membuat kita sulit memilihnya, membeli smartphone yang bagus dan harga terjangkau sangat sulit, tentunya kita sulit mendapatkan semua yang dibutuhkan pada smartphone yang sempurna.

Kadang kadang kita mencoba untuk mendapatkan smartphone yang sesuai dan pastinya memiliki spesfikasi yang canggih dengan harga yang pas dikantong, tapi kita kompromikan itu semua dengan kualitas. Terkadang juga kita memiliki budget lebih untuk membeli smartphone, namun beberapa hal yang kita inginkan di smartphone mungkin ada di satu smartphone dan spek-spek yang kita inginkan lainnya ada dismarphone lain.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak perusahaan-perusahaan yang ada khususnya penjualan smartphone. Tentunya tidak semua dapat kita jamin kualitasnya, ada kemungkinan kita bisa terkena penipuan oleh karena hal tersebut membuat kita sulit memilih smartphone yang benar-benar sesuai.

Jadi disini kami ada untuk kalian, dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa tips yang tentunya akan membuat kalian lebih mudah dalam memilih smartphone.

Tips Memilih Smartphone yang Tepat


Tips membeli smartphone : Tips cepat untuk menemukan ponsel yang tepat

Hal penting yang perlu diingat adalah kemungkinan kalian tidak mendapatkan semua spek yang diinginkan pada smartphone. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti sebelum membeli smartphone.

1.Sistem operasi

Ada 2 sistem operasi utama di industri smartphone yaitu android dan iOS. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ada sebagian orang lebih menyukai android dan ada pula yang menyukai iOS.

Tips Memilih sistem OperasiSmartphone yang Tepat

Tetapi jika kalian bingung diantara keduanya, kami akan membantu kalian untuk memilih, berikut beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang kedua sistem operasi tersebut.

  • Android

Android didasarkan pada linux dan ini merupakan sistem operasi yang paling populer di dunia. Android memberikan banyak opsi dan peralatan untuk penyesuaian.

Versi terbaru android yaitu android 13 yang mempunyai banyak fitur canggih seperti multiwindow dan multitasking dimana kalian dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan pada satu layar. Doze meningkatkan siaga waktu dan masa pada pemakaian baterai dengan menghibernasi aplikasi yang berjalan dilatar belakang saat smartphone tidak digunakan, meningkatkan antarmuka penngguna dan juga multitasking.

Baca Juga: Tips Smartphone Android Super Ngebut

Namun android juga memiliki beberapa kekurangan, karena menjalankan banyak perangkat yang memiliki spesifikasi berbeda, dan kompatibel aplikasi mungkin menjadi masalahnya. Kemungkinan beberapa aplikasi tidak berfungsi di beberapa perangkat. Selain itu android membutuhkan banyak tenaga atau sumber daya agar berfungsi dengan sempurna.

Proses pembaruan android terbilang berantakan, kalian mungkin harus menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan android dengan versi paling baru pada smartphone, satu-satunya pengecualian untuk hal ini yaitu dua smartphone – Pixel XL dan Pixel

  • iOS

iOS merupakan sistem operasi kedua yang paling populer tentunya tersedia untuk smartphone. Ios sangat sederhana dan memiliki antarmuka pengguna yang sangat baik. iOS tidak membutuhkan banyak sumber daya berat untuk dijalankan. Versi terbaru dari ios yaitu ios 15, yang menyediakan banyak fitur baru seperti siri yang ditingkatkan, peningkatan UI, aplikasi pesan yang dirancang ulang dan masih banyak lagi.

iOS tidak memiliki masalah pembaruan dikarenakan semua perangkatnya dikelola oleh satu perusahaan, toko aplikasi mendapatkan akses ke aplikasi dan game baru sebelum android.

Tetapi, iOS juga tentunya memiliki kekurangan, sama hal nya dengan android, iOS tidak menyediakan alat penyesuaian dan tidak menawarkan banyak fitur seperti yang diberikan oleh android.

2.Desain

Desain adalah isu penting ketika kita memilih smartphone. Desain smartphone memberikan suasana dan penampilan yang elegan, kalau tidak apa gunanya membeli smartphone dengan desain yang biasa saja dan tidak nyaman digenggaman? Tersedia banyak smartphone dengan desain yang bagus dipasaran. Tetapi harus kalian ingat, desain yang bagus tidak hanya dari luar penampilannya saja.

Tips Memilih design Smartphone yang Tepat


Desain yang hebat terdiri dari penempatan komponen yang tepat seperti speaker, sidik jari/sensor, jack headphone dan tombol-tombol. Komponen-komponen tersebut harus ditempatkan dengan sesuai agar dapat dijangkau dengan mudah.

Ketahanan smartphone juga menjadi perhatian dalam desain yang dibuat, kita cenderung sering menjatuhkan smartphone secara tidak sengaja. Sebelum membeli, kalian harus memastikan smartphone kalian tahan dengan air, saat ini banyak smartphone yang mempunyai sertifikasi IP68, yang artinya mereka dapat bertahan hidup dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Hal lain yang perlu dipastikan yaitu perlindungan pada tampilan, pastikan kalian setidaknya membeli smartphone yang memiliki perlindungan seperti gorilla glass yang dapat mencegah kerusakan saat smartphone terjatuh.

Beberapa smarphone, seperti moto z force menghadirkan layar anti pecah, yang dapat membantu kalian jika sering menjatuhkan smartphone.

3.Kamera

Saat ini berada pada zaman dimana kamera smartphone merupakan faktor penting ketika memilih smarphone. Banyak smartphone yang menghadirkan kamera dengan resolusi yang sempurna. Mulai sekarang kalian tidak diperkenankan untuk membeli smartphone dengan resolusi kurang dari 12 MP. Namun, banyak orang yang mengacaukan kualitas kameran dengan jumlah megapiksel, perlu di ingat banyak resolusi belum tentu kualitasnya bagus.

Tips Memilih kamera Smartphone yang Tepat


Ketika membeli smartphone dengan kamera yang bagus, banyak faktor yang harusnya dilihat. Kecepatan banyak smartphone dengan harga yang rendah biasanya kecepatan kameranya kurang, akan memakan banyak waktu hanya untuk mengambil gambar. Rentang dinamis memainkan peran penting dalam kualitas gambar; smartphone sekarang ini menggunakan mode HDR untuk menampilkan rentang dinamis yang sangat hebat dalam foto

Stabilisasi gambar memiliki dua jenis yaitu stabilisasi gambar optik dan perangkat lunak. Walaupun kedua fitur stabilisasi tersebut bagus, stabilisasi gambar visual memberikan hasil yang lebih baik dari keseluruhan dengan begitu hal ini bermanfaat apabila kalian mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya.

Pasca pemrosesan membuat beberapa perubahan yang positif pada foto setelah mengambil bidikan dan sebelum ditampilkan. Terutama dilakukan oleh perangkat lunak. Pasca pemrosesan mengurangi kebisingan dan meningkatkan rentang dinamis, koreksi warna, dan yang lainnya.

Banyak smartphone yang menghadirkan berbagai jenis kamera yang bagus. Contohnya seperti pixel XL dan Iphone 7.

Kedua kamera tersebut mempunyai kemampuan untuk mengambil gambar yang bagus dengan beberapa fitur yang unik seperti moder HDR + Pixel, yang meningkatkan rentang dinamis pada smartphone dengan menggunakan beberapa algoritme pasca pemrosesan terbaik, dalam mode potret iphone 7 plus, yang mengaburkan latar belakang untuk terciptanya efek kedalaman dalam bidang yang dangkal.

4.Performa

Chip Qualcomm Snapdragon

Banyak orang yang membuat asumsi tidak benar terhadap kinerja seperti saat smartphone mempunyai spesifikasi kelas atasm kinerjanya akan lebih baik, itu hampir dan tidak benar sepenuhnya. Kinerja ponsel tergantung pada perangkat keras yang dibutuhkan untuk proses menjalankan, Soc, ukuran RAM, kecepatan penyimpanan, dan pengoptimalan.

Iphone tidak memiliki banyak spesifikasi canggih, namun masih berjalan dengan lancar, bagaimana bisa begitu? Jawabannya yaitu sistem operasi; iOS tidak membutuhkan spesifikasi kelas atas untuk menjalankan semuanya dengan lancar. Pilihan bahasa untuk membangun iOS dan pengoptimalan karena jumlah perangkat yang terbatas membuatnya lebih cepat dibandingkan dengan spesifikasi kelas bawah

Dalam kasus android, ia membutuhkan spesifikasi kelas atas untuk tetap berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu kami melihat banyak spesifikasi kelas atas di smartphone android seperti, prosesor octa core, ukuran RAM yang mungkin lebih besar bahkan lebih besar dari laptop yang kalian punya, dan juga baterai yang mempunyai daya tinggi.

Tetapi kinerja perangkat android tergantung dengan banyak hal, seperti yang dijelaskan lebih lanjut. Resolusi layar dan jumlah pixel yang harus dibantu dengan prosesor.


Tingkat penyesuaian android, stok android dengan sedikit atau tanpa penyesuaian memiliki UI yang lebih ringan dan pengoptimalan yang lebih baik, memberikan kinerja yang lebih cepar. Saat tingkat penyesuaian semakin tinggi, ia akan menggunakan lebih banyak sumber daya RAM dan CPU, yang membuat kinerja semakin sedikit lebih lambat daripada stok android.

RAM juga berperan penting dalam kinerja smartphone, karena mengingat aplikasi dalam memorinya dan memuatnya kapan pun saat diperlukan. Aplikasi semakin berat setiap harinya yang tentu memakan banyak RAM.

Pada intinya kalian tidak boleh menggunakan smartphone dengan RAM kurang dari 3 GB. Bahkan jikan kalian memiliki budget yang rendah, ada banyak pilihan yang sudah tersedia, seperti moto G5 Plus yang menyediakan RAM 4GB.

Kapasitas RAM

Jika kalian tidak memiliki masalah budget dan merupakan peminat Apple, iPhone 7 Plud adalah pilihan yang tepat dengan chip fusion A10 yang memberikan beberapa kinerja tercepat dan terhalus dari smartphone apapun termasuk android. Di ponsel android, snapdragon 835 merupakan pemain top yang digunakan smartphone seperti Samsung Galaxy S8.

Tips Memilih RAM  Smartphone yang Tepat


Jika kalian memiliki budget lebih dari 400 atau 500$, kalian tidak boleh turun dibawah snapdragon 821, jika kalian memiliki anggara di bawah $300, kalian harus membeli smartphone dengan Soc seri snapdragon 600.

Daya tahan baterai menjadi peran penting saat kita memilih smartphone. Smartphone dengan daya baterai yang besar dapat bertahan lebih lama, itu fakta tetapi tidak sepenuhnya begitu. Masa pakai baterai smartphone tergantung pada beberapa faktor, seperti OS, SoC, Optimization, dan juga Display.

Sistem operasi yang berbeda tentunya memerlukan sejumlah daya tambahan untuk dijalankan. iOS dapat memberikan cadangan baterai yang baik bahkan pada baterai yang kapasitasnya kecil. Pada android stok android menyediakan cadangan baterai yang lebih baik dari pada android yang sudah disesuaikan.

Chipset yang digunakan dalam sebuah smartphone akan berdampak pada daya tahan baterai. Chipset yang berbeda membutuhkan jumlah daya tambahan. Sebagian besar chipset yang digunakan pada smartphone android yaitu snapdragon, yang hemat energi, tetapi juga banyak produsen chipset yang lainnya seperti, mediatek dan huawei.

Pengoptimalan perangkat lunak berperan penting untuk masa pemakaian baterai smartphone; smartphone yang dioptimalkan dengan baik menggunakan sumber daya telepon dengan lebih efisien, menguras lebih sedikit daya baterai. Ketika smartphone tidak digunakan, perangkat lunak yang dioptimalkan menghibernari aplikasi yang berjalan pada latar belakang, dan meningkatkan waktu siaga smartphone.


5.Resolusi Layar

Ukuran serta resolusi layar juga dapat berpengaruh pada masa pemakaian baterai smartphone. Layar dan resolusi yang lebih menunjukkan smartphone harus memberi daya yang lebih banyak, dan piksel yang menguras daya baterai ekstra.

Jika kalian seorang penggemar apple, ada kabar baik karena smartphone baru mereka menghadirkan chip hemat daya, baterai berkapasitas besar, dan perangkat lunak oprimal yang secara konsisten sangat baik.

Mengenai tentang android, android membutuhkan jumlah yang besar untuk daya baterai agar smartphone tetap hidup sampai akhir.

Mulai sekarang kalian tidak boleh membeli smartphone dengan kapasitas baterai kurang dari 3000 mah, karena OS dan aplikasi android semakin berat.

Kami menggunakan smartphone untuk mengklik gambar, bermain medsos dan mengakses multimedia. Tentunya pada hal-hal tersebut layar merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih smartphone.

Saat ini kalian tidak boleh melampaui resolusi- 1920x1080; walau banyak smartphone yang hadir dengan resolusi 1440p, jikan kalian memiliki budget yang rendah, maka disarankan dengan resolusi 1080p pun tetap aman.

Meskipun resolusi tampilan pada smartphone itu penting, tetapi bukan hanya itu saja yang perlu diperhatikan. Ada faktor lainnya seperti kecerahan, akurasi warna, kontras, dan sebagainya.

Umumnya, smartphone dengan layar OLED menciptakan warna yang lebih akurat, hitam pekat, dan kontras yang lebih tinggi. Samsung selalu menduduki posisi tinggi dalam membuat tampilan smartphone yang hebat.

Inovasi terbaru dari mereka yaitu Galaxy s22 ultra yang memiliki layar terbaik di smartphone mana pun, setiap smartphone kelas atas menggunakan layar amoled, yang tentunya sangat terkenal dengan kualitas yang baik

Jika kalian siap untuk mengeluarkan banyak budget, mereka semua merupakan pilihan yang pas yang tersedia untuk kalian dengan beberapa tampilan yang menarik dan terbaik dikelasnya seperti Iphone 7 plus, Galaxy S8 Plus dan S8, Pixel XL, dan LG G6.

Jika kalian memiliki budget yang minim, kalian bisa memilih tampilan resolusi yang rendah tetapi tidak kurang dari 1080p. Moto G5 dan Moto M adalah pilihan yang pas untuk smartphone murah dengan layar 1080p yang cukup mengesankan.

Mesikupun saat ini lebih banyak orang yang menyukai smartphone dengan layar besar, itu tidak berarti kalian juga harus memilihnya, adapun opsi yang tersedia untuk layar yang lebih kecil.

Layar yang lebih kecil biasanya berukuran 5.0 atau kurang dari 5.0 inci. Sangat cocok untuk kalian yang mempunyai tangan yang kecil, karena genggaman yang lebih nyaman dan pas untuk mengoprasikan telepon lebih mudah. Smartphone seperti iphone 7, iphone SE, dan google pixel merupakan pilihan yang tepat jika kalian mencari smartphone dengan ukurang layar yang kecil.

Layar berukuran sedang dengan ukuran 5.0- 5.5 inci juga sangat ideal untuk kebanyakan orang dengan pengoperasian menggunakan satu tangan. Banyak pilihan yang menarik dalam ukuran ini, seperti iphone 7 plus, Moto G5 Plus, dll.

Layar berukuran luas merupakan layar yang berukuran lebih besar dari 5,5 inci. Itu dibuat untuk pengoperasian menggunakan dua tangan, dan ini memberikan pengalaman multimedia yang tentunya luar biasa dan dapat memperoleh informasi yang lebih banyak pada layar.

Namun,perlu diingat ukurang yang lebih besar juga membuat penanganan smartphone menjadi sulit, dan kalian harus berhati-hati atau suatu waktu kalian mungkin bisa menjatuhkannya.

Banyak pilihan yang pas tersedia dalam kategori ini, rekomendasi yang pertama yaitu galaxy S8, smartphone lainnya seperti pixel XL dan LG G6 juga memiliki tampilan layar yang sempurna.

6.Penyimpanan internal

Aplikasi pada saat ini semakin berat dan ukurannya lebih ditonjolkan, jika kalian para gamers, dan game yang bagus setidaknya kalian dapat memilih 1 GB untuk ruang penyimpanan. Jadi penyimpanan internal merupakan hal penting untuk dipertimbangkan.

Oleh sebab itu apple tidak lagi membuat iphone dengan kapasitas 16gb. Saat membeli smarphone pastikan kalian setidaknya memilih penyimpanan internal 32 atau g4 gb, karena kita akan menyimpan banyak data pada smartphone sepertim dokumen, foto, dan video.

Beberapa smartphone android menyediakan slot untuk kartu memori atau micro SD tentunya hal ini baik untuk kita semua agar bisa memindahkan file kita pada kartu SD dan mengosongkan ruang yang diperlukan.

Ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan, mungkin tidak perlu seperti hal yang sudah dijelaskan dsebelumnya, tetapi kalian haru memperhatikannya.

7.Sensor dan Fitur

Tips Memilih Fingerprint  Smartphone yang Tepat

ID Sentuh/Fingerprint

Fitur tersebut menjadi populer karena sensor sidik jari apple menggunakan sidik jari kalian untuk keamanan smartphone. Itu membuat kita semua mudah untuk membuka dan mengunci smarthone. Kalian dapat menggunakan sidik jari untuk membuka banyak hal yang diinginkan, dulu fitur ini hanya tersedia untuk perangkat kalangan atas, tetapi sekarang banyak tersedia hampir di semua smartphone kelas bawah maupun menengah.

Pengisian nirkabel dan pengisian cepat

Tips Memilih Charger  Smartphone yang Tepat



Fitur ini di adopsi dengan baik pada smartphone kelas atas, kalian hanya perlu meletakkan smarphone di pengisian nirkabel. Teknologipengisian cepat atau fast charging dapat ditemui dihampir semua jenis smartphone dengan prosesor snapdragon. Pengisian daya baterai lebih cepat dengan membawa lebih banyak arus ke dalam baterai.

Hal ini tentunya bermanfaat bagi kalian yang sedang terburu-buru; pengisian cepat dapat mengisi daya baterai dalam waktu kurang dari 15-20 menit yang pastinya akan cukup bertahan untuk waktu berjam-jam. Tetapi kedua fitur ini belum ada dalam smartphone apple.

Penutup

Nah begitulah tips yang dapat kami berikan kepada kalian yang akan membeli smartphone. Kami berharap dengan adanya artikel ini dapat mempermudah kalian untuk menentukan pilihan yang tepat dalam membeli smartphone. Bagaimana menurut kalian? Sudah tahu smartphone seperti apa yang harus kalian beli? Jika ada pertanyaan dan butuh saran, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar, dengan senang hati kami akan membantu.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads