Apa Itu Twitter Circle? Bagaimana cara menggunakannya.

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!

Fitur baru twitter circle
Twitter Circle

Apa itu Twitter Circle? Apa yang Dapat Dilakukan Pengguna

Apa Itu Twitter Circle? Bagaimana cara menggunakannya. Pada hari Selasa lalu, raksasa media sosial Twitter mengumumkan bahwa mereka merilis fitur baru untuk semua pengguna bernama Twitter Circle yang memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang dapat melihat tweet mereka tanpa membuat akun mereka sepenuhnya pribadi.

"Jikalau kamu memiliki Tweet besar yang ditujukan untuk kerumunan yang lebih kecil, kamu dapat  memilih mengirimkan melalui Twitter Circle atau tersedia untuk semua orang," 

Twitter dalam sebuah tweet resminya . "Pilih hingga 150 orang yang dapat melihat dan berinteraksi dengan Tweet yang Anda kirim di Lingkaran Anda. Mulai dari menu pembuat Tweet atau bilah sisi."

Pengumuman pada hari Selasa  itu datang setelah beberapa bulan pihak twitter mengatakan bahwa mereka sedang menguji fitur baru dengan pengguna tertentu pada bulan Mei.

Baca Juga: Tips Smartphone Android Super Ngebut 

Twitter Circle memungkinkan kita pengguna untuk memilih sekelompok kecil orang untuk berbagi tweet mereka, dari pada memposting tweet untuk dilihat oleh semua pengikut mereka. Dengan fitur ini kita dapat mengontrol siapa saja yang dapat mengaksesnya, karena hanya anggota yang berada di Twitter  Circle yang dapat membalas dan berinteraksi dengan tweet, dan hanya pembuat Circle atau admin yang dapat melihat daftar orang yang dipilih.

Saat membuat lingkaran, pengguna Twitter diizinkan untuk menambahkan pengguna lain, meskipun mereka tidak mengikutinya. Namun, pengguna hanya diperbolehkan membuat masing-masing satu Circel.

"Orang-orang di Twitter Circle kamu tidak bisa menggunakan ikon Retweet untuk membagikan Tweet Lingkaran Twitter kamu di Twitter, atau di Lingkaran Twitter mereka sendiri," jadi benar-benar sebuah grup terbatas, meski begitu pengguna dan anggota yang tergabung masih dapat mengunduh gambar, capture tweet atau gambar yang ada di dalam circle. Yang artinya perlu pedoman komunitas terbatas untuk menjaga komunitas circle tetap aman.

Selain itu, perbedaan utama antara pemiliki akun Twitter biasa dan pengguna Twitter Circle adalah bahwa terdapat pembatasan audiens dimana twitter circle membatasi tweet pengguna hanya untuk dilihat oleh pengikut mereka. Di sisi lain, dengan Twitter Circle, "Anda memilih audiens setiap kali Anda membuat Tweet. Anda akan memiliki opsi untuk mengirim satu Tweet ke lingkaran Anda dan yang berikutnya ke semua pengikut Anda," ujar juru bicara twitter.

 Juru bicara  twitter mengatakan bahwa "Kami benar-benar mengerti orang-orang menikmati sesekali menumpahkan teh, berbagi berita dan pembaruan pribadi dan membiarkan makanan terpanas mereka berkeliaran bebas di timeline untuk dilihat semua orang, tetapi terkadang mereka hanya ingin berbicara dengan kerumunan yang lebih kecil: AKA Circel mereka." Jadi dapat dikatakan Twitter menyematkan fitur ini agar penggunanya tidak beralih dari twitter, dapat dikatakan akan screen time pengguna twitter akan lebih lama terkait twitter circle

Bisa dikatakan kita bisa membagikan spoiler tanpa memiliki beban kepada publik, so. kedepan twitter diprediksi akan mengalami peningkatan traffic karena fitur baru ini.

Cara Buat dan Menggunakan Twitter Circle

Apa Itu Twitter Circle
twitter dekstop version

Twitter Circle
Twitter mobile version


Untuk menggunakannya baik di dekstop atau smartphone, Kamu dapat mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Buka Twitter, klik tombol Tweet.
  2. Dalam kolom tweet baru terdapat opsi Everyone atau Semua Orang di sebelah profil-mu. Klik opsi tersebut, dan kamu dapat memilih kepada siapa kamu akan kirim tweet tersebut. 
    Note: di dekstop kamu mungkin akan sedikit berbeda dari penamaan twitter circle, atau dikenal Lingkup pertemanan twitter  
  3. Pilih dengan cara Klik Twitter Circle untuk mengirimkan tweet dengan sekelompok orang yang kamu pilih, anggota dibatasi 150 orang .
  4. Jika kamu menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, Kamu dapat menambahkan anggota dengan mengklik Edit, cari dan tambahkan pengguna lain yang ingin kamu masukan.
  5. Setelah berhasil menambahkan pengguna, Kamu dapat melanjutkan dengan menulis tweet dan mengirimkannya seperti halnya tweet biasa. Kamu mungkin familiar dengan fitur privasi status di whatsapp dimana kamu memilih orang tertentu yang dapat melihat Whatsapp stories 
  6. Ketika kamu berhasil mentweet sesuatu akan terlaihat  highlight hijau sebagai penanda bahwa tweet tersebut adalah tweet circle.

Cara melihat circle di twitter

Twitter circle adalah fitur baru yang  baru ditambahkan akhir minggu lalu, dapat dikatakan twitter circle adalah fitur grup yang dimiliki oleh twitter dan hal ini sangat berbeda dengan komunitas twitter dimana Komunitas Twitter menawarkan kepada orang-orang untuk terhubung, berbagi, dan lebih dekat dengan diskusi terkait topik tertentu dengan siapa pun di Twitter.


Twitter Circle adalah untuk membagikan Tweet yang hanya ingin Anda bagikan dengan orang yang Anda pilih untuk melihatnya, untuk dapat mengkasesnya kita dapat menghubungi admin untuk menambahkan kita sebagai anggota.

Jika kamu telah terdaftar sebagai anggota, kamu dapat melihat dengan memperhatikan gambar berikut.

cara mencari Twitter Circle di laptop
Twitter Dekstop


cara mencari Twitter Circle di HP
Twitter Mobile




Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama