Bagaimana Optimasi Struktur Artikel. Apa Saja Tools SEO Gratis?

Optimasi Artikel Tools SEO gratis

Daftar isi

Apa saja yang dioptimasi dalam artikel?

Hi sobat! dalam artikel kali ini aku akan ngebahas terkait SEO artikel.Aku akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti, bagaimana membuat struktur artikel ideal? bagaimana cara menulis konten artikel yang baik?

Apakah dengan memahami artikel ini akan membuat tulisan aku menjadi lebih baik dan akan masuk page one google? Ya! tulisan ada akan menjadi lebih baik, tetapi aku tidak menjamin page one.

Bagi kamu yang masih belum memahami bagaimana optimasi struktur artikel dan cara menulis yang baik maka perhatikan artikel ini, disini aku akan membahas hal-hal dasar untuk optimasi artikel yang jarang diperhatikan pemula.

Disclaimer: Aku menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi, jika terdapat ketidaksesuaian, aku sangat terbuka untuk diskusi.


Dalam menulis artikel blog pada dasarnya terdapat sebuah struktur yang fungsinya memandu pembaca untuk memahami sebuah artikel. Dalam sebuah struktur biasanya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan jangan sampai dilewatkan.

Perhatikan 6 poin berikut agar penulisan artikel kamu semakin berkualitas.

1. Optimasi Judul

Judul merupakan kalimat pertama yang tampil ketika kita melakukan pencarian di search engine google, maka dari itu buatlah judul yang menarik dengan memanfaatkan keyword research tool seperti google keyword planner.

Pembuatan judul tidak sembarangan menggunakan kata sangat penting melakukan research analysis.Sebelum membuat judul alangkah baiknya kita melakukan riset keywords, carilah beberapa kata kunci dengan 1 kata kunci utama dan beberapa kata kunci turunan.

Jika kamu sudah mendapatkan kata kuncinya kamu dapat membuat judul dengan 2 tipe (long tail keyword, dan short tail keyword). Kata kunci yang memiliki search volume tinggi menandakan kata kunci tersebut ramai dicari dalam search engines google.

Semakin panjang judul semakin kaya akan kata kunci, artinya semakin spesifik keterangan yang dimiliki maka berpotensi terlihat semakin besar.

2. Optimasi Deskripsi

Deskripsi adalah keterangan yang menjelaskan keseluruhan artikel, tujuannya dibuatnya adalah agar mudah mesin pencari dalam merekomendasikan kepada pencari.

Deskripsi biasanya dibatasi dalam penggunaan karakter, kurang lebih sekitar 150 kata. Maka dari itu buatlah kata-kata yang persuasif agar mampu menarik Pengunjung mengunjungi blog/website kamu.
optimasi alt deskripsi


Judul:Apa Itu Midjourney Beta Discord AI? - MTalk

Deskripsi: Midjourney merupakan generator gambar AI, alat yang membantu seniman untuk mengeksplorasi ide-ide inovatif baru di bidangnya dapat menggunakannya.

Jika deskripsi kamu tidak muncul di google search, dan hanya menampilkan judul kamu itu berarti blog kamu mengaktifkan fitur Nosnippet.

3. Optimasi Heading



Heading merupakan penanda untuk membedakan antara judul, sub judul, paragraf, quotes. Dalam SEO peran heading sangat penting dalam optimasi artikel. Heading adalah elemen penting dari situs web apa pun, fungsi heading menyusun konten dan teks dengan cara yang tersusun dan hierarkis.

Google menyarankan penggunaan heading yang tepat, beberapa tools seperti ahrefs, semrush, SEOquake, SEObility juga merekomendasikan penggunaan heading dalam penulisan artikel.

FYI, terdapat penelitian bahwa pembaca tidak 100% membaca artikel yang kamu tulis, maka dari itu fungsi heading digunakan agar memudahkan pembaca mencari informasi yang benar-benar dia butuhkan.

Heading adalah penanda otomatis yang dapat kita gunakan untuk memudahkan pengunjung blog, maka dari itu jangan gunakan metode Blod dan Resize untuk menonjolkan poin-poin artikel.

Heading otomatis yang dimaksud adalah dalam pembuatan daftar isi atau table of content (TOC), beberapa template blog memiliki script TOC dan beberapa tidak, bagi blog yang memiliki script TOC proses pembuatan daftar isi akan secara otomatis di buat karena script bisa mengidentifikasi heading, jika kamu menggunakan metode Bold dan Resize maka fitur daftar isi otomatis tidak akan muncul.

Bagaimana menentukan heading yang tepat? sebelum itu pahami terlebih dahulu apa saja heading yang lazim digunakan. diantaranya ada;
  • Heading 1 (H1 atau judul)
  • Heading 2 (H2 atau Sub Judul)
  • Heading 3 (H3 atau Sub Judul Kecil)
  • Paragraf (<p> paragraf bisa di tempatkan setelah heading) 

Contoh
(H1) Apa yang dimaksud dengan alat pengoptimalan artikel?
<P>Alat pengoptimalan artikel adalah jenis perangkat lunak yang membantu blogger meningkatkan keterampilan menulis mereka. Mereka bekerja dengan menganalisis teks artikel Anda, mencari cara untuk memperbaikinya berdasarkan algoritma Google Penguin.

(H2)Cara mengoptimalkan artikel Anda menggunakan SEO tools
<P>Gunakan SEO tools terbaik untuk mengoptimalkan artikel Anda. Optimalkan artikel Anda dengan kata kunci, tag, dan kategori yang tepat. Pastikan Anda memiliki panjang konten yang baik untuk setiap posting.

(H3)Mengapa Anda harus menggunakan alat pengoptimalan artikel?
<P>Alat pengoptimalan artikel harus dimiliki dalam kotak peralatan pemasar konten apa pun. Alat-alat ini dapat membantu Anda meningkatkan SEO dan keterampilan menulis, meningkatkan produktivitas, dan bahkan membuat blog Anda lebih menarik.

4.Optimasi Paragraf


Paragraf merupakan salah satu body artikel yang kaya akan informasi, dalam membuat artikel yang baik dan nyaman dibaca usahakan bagilah ulasan yang panjang dalam beberapa paragraf.

Idealnya paragraf yang nyaman untuk dibaca terdiri 2-4 kalimat, kata dan kalimat yang berderet terlalu banyak akan menyebabkan mata tidak nyaman, terlebih juga menggunakan ukuran font yang kecil. maka dari itu disarankan menggunakan font 12-14 dalam membuat paragraf.

Di dalam paragraf kita wajib memasukan kata kunci yang telah kamu riset sebelumnya, hindari pengulangan keywords dalam satu paragraf karena dapat dianggap spam. lantas bagaimana menempatkan kata kunci? kata kunci kamu haruslah terdiri dari 1 kata kunci utama dan beberapa kata kunci turunan yang relevan dengan kata kunci utama.

Kata kunci utama biasanya diletakan pada kalimat pertama atau terakhir, maka dari itu fungsi kata kunci turunan adalah untuk menonjolkan kata kunci utama. Semakin banyak kata kunci yang terdapat di artikel kamu makan akan semakin baik dimata google SERP karena dianggap informatif.

Semakin banyak ini bukan berarti kita membuat spam kata kunci yang sama, ingat kata kunci utama didukung dengan kata kunci turunan, jika ingin memasukan kata kunci maka perbanyaklah kata kunci turunan.

Diantara paragraf kamu bisa menambahkan related artikel yang bisa kamu tambahkan dengan memasukan judul dan link artikel, fungsi dari related keyword adalah agar memudahkan pengguna mencari konten yang serupa atau terhubung, sehingga screen time di laman kita menjadi lebih lama.

5.Optimasi Gambar


Pemilihan ukuran gambar yang ideal untuk artikel

Gambar dalam sebuah tulisan terlihat sebagai ilustrasi atau pemanis agar pembaca dapat mengimajinasikan ketika membaca. Meski demikian pemilihan gambar yang sembarangan akan menyebabkan performa blog menurun.

Gambar yang memiliki ukuran HD akan memiliki loading time yang lama pula, yang artinya butuh beberapa detik untuk memproses gambar dimana waktu yang begitu lama akan mempengaruhi pengalaman pengunjung web. Jika respon time/loading time lambat maka pengunjung akan memilih sumber berita yang lain.

Bagaimana jika menggunakan gambar yang resolusi rendah? gambar yang memiliki resolusi rendah memiliki respon time yang lebih cepat dibandingkan gambar HD. Meski memiliki akses yang lebih cepat gambar yang memiliki resolusi rendah akan menurunkan pengalaman pembaca juga.

Gambar dalam artikel tidak hanya untuk kebutuhan ilustrasi dan pemanis, ada juga pengunjung yang ingin mengunduhnya, ada pula pengunjung yang ingin membagikan artikel tersebut ke sosial media jika dirasa artikel tersebut menarik.

Berikut format gambar yang dapat digunakan agar performa dan penampilan blog tetap seimbang. Gunakanlah format gambar yang sesuai seperti (JPEG,jpg,PNG,GIF,WEBP).
  • Penggunaan format diatas dapat disesuaikan oleh kebutuhan, jika kamu seorang fotografer yang ingin membagikan hasil jepretan di landing page atau blog, kamu bisa menggunakan format JPEG atau jpg. karena itu adalah format kompresi bawaan.
  • Jika kamu seorang artis atau desainer, aku sarankan menggunakan format PNG, karena forma ini dapat dikompresi hingga 70% tanpa mengurangi kualitas gambar asli.
  • Format gif kamu juga bisa gunakan agar tampilan web kamu lebih baik, alih-alih menggunakan video kamu bisa membuat sebuah gif untuk tampilan gambar bergerak dinamis.
  • Format terakhir yang paling aku sarankan adalah format WEBP, format ini merupakan format kompresi milik google yang bertujuan untuk memberikan website/blog semakin ringan, kompresi Lossy yang dimiliki WEBP memiliki output yang lebih kecil dibanding PNG, dan JPEG.

Ukuran gambar Thumbnail?

Gambar pada thumbnail blog kamu dapat gunakan ukuran berikut. 300 x 250 px, 600 x 400 px, 700 x 360 px hingga lebih besar.

Aku fotografer dan artis, ingin agar gambar aku dapat di download dengan versi asli. Untuk hal ini kamu dapat disiasati dengan membuat thumbnail atau gambar kecil yang fungsinya sebagai sampel, dan sisipkan link pada gambar HD yang telah kamu simpan di Cloud Drive.

6.Optimasi Alternatif text


optimasi alt text

Google dan mesin pencari lainnya memperhatikan ALT-Text Image, hampir 40% SERP google menampilkan gambar. Dari segi fungsi sendiri Alt text adalah untuk menampilkan keterangan dalam sebuah gambar. Alt text ini penting terkait relevansi topik atau kesesuaian artikel dan atribut gambar, dengan alt text artikel kita bisa ditemukan pada google image.

Alt Text yang diberikan pada gambar dapat menjadi anchor text dan menguatkan kesesuaian antara artikel didalamnya dan artikel lainnya. Hal ini juga akan berdampak pada rank blog kamu lewat google image, karena pengunjung dapat masuk kedalam blog kamu dengan mengklik link pada gambar.

Membuat Alt text yang baik harus detail, akurat dan hindari pemborosan kata pastikan juga kata kunci pada judul dan artikel terdapat di dalam alt text.

Tools agar memudahkan dalam menulis artikel

Berikut ulasan terkait tools apa saja yang digunakan dalam membuat artikel. Tools yang aku gunakan adalah tools berbayar namun  tetap gunakan secara free

  1. Seoreviewtools: Seo Review Tools adalah free SEO tools optimasi artikel gratis yang dapat kamu gunakan dalam menulis artikel. Dalam Seo Review Tools kamu bisa memasukan kata kunci utama dan turunan agar penulisan kamu terfokus, kamu bisa membuat judul dan deskripsi yang ideal. Seperti halnya tools penulisan kita bisa mengatur heading. Tugas kamu akan dipandu dengan baik dan cukup membuat indikator Optimization Grade menjadi hijau dengan menyelesaikan task list di dalamnya
  2. Wordcounter Tools ini biasanya aku gunakan untuk menganalisis kata kunci dari artikel kompetitor dan artikel yang aku buat.
  3. Seobility: Seobility merupakan tools online yang biasanya saya gunakan untuk mereview artikel yang telah publish ataupun menganalisis struktur blog. Dengan ini kita bisa melihat meta struktur, struktur heading dalam keseluruhan blog, kata kunci populer dan Robots.txt yang digunakan. Dari tools ini aku belajar mengoptimalisasi judul dan deskripsi blog dan artikel untuk meningkatkan page quality.
  4. 1Text.com: Tools satu ini merupakan plagiarism checker yang sangat baik selama ini saya gunakan, dan cukup populer di kalangan blogger.

Berikut yang dapat di ulas terkait optimasi struktur penulisan artikel dan perlu di ingat free tools yang aku gunakan pastinya memiliki keterbatasan karena tidak berbayar. Jika kamu punya saran tools SEO lainnya bisa share di kolom komentar dibawah.

www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads