Tumbuhnya Industri Animasi Indonesia Di Tengah Masyarakat

animasi Indonesia

Perkembangan Animasi

Perkembangan animasi Indonesia sendiri dapat dikatakan masih tahap berkembang, sebut saja animasi seperti Adit & Sopo Jarwo, Keluarga Somat, dan kiko yang selalu tayang di televisi Indonesia, hingga film animasi indonesia yang mendunia seperti Battle of Surabaya, si Juki The Movie, Knight Kris, Nusa dan Rara yang dapat disaksikan di bioskop dan platform streaming film.

Millenial dan Gen Z pasti familiar dengan animasi yang disebutkan tadi, bagi kalian yang mengikuti nya mungkin menyadari bahwa kualitas animasi di Indonesia kian lama semakin baik. Animasi yang baik dapat dinilai dari aspek cerita/story, Grafis atau kualitas video, Audio yang meliputi backsound, sound effect, pengisi suara/dubbing.  

Animasi pada dasarnya sebuah karya seni ilustrasi yang menciptakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menghidupkan karakter. Sejauh yang masyarakat awam ketahui, animasi adalah kartun yang bergerak untuk menghibur anak-anak.

Animasi pada awalnya ditemukan bersama dengan penemuan strip film. Tetapi Optik dibalik ceritanya animasi ini telah diketahui pada awal 1800-an, ditemukannya  phénakisticope (1833) karya Simon von Stampfer.

Seiring berjalannya waktu animasi kian berkembang hingga munculnya rumah produksi seperti Walt Disney (1920), Steamboat (1928), Warner Bros (1930), hingga munculnya sebuah teknologi CGI pada akhir 1990 pembuat persaingan dalam dunia animasi semakin ketat. Kehadiran televisi pun ikut menciptakan efek bola salju (Snowball) bagi studio animasi.

Dengan kecanggihan dan perkembangan teknologi yang pesat, turut memberikan dorongan positif kepada para orang-orang kreatif di Indonesia dalam membuat dan meningkatkan kualitas animasi di Indonesia.

animasi indonesia yang mendunia

Salah satu contoh sukses animasi Indonesia adalah dari sebuah karya seorang illustrator Faza Meonk. Faza Meonk pada yang pada tahun 2011 menciptakan karakter Si Juki, dia merintis dengan menerbitkan komik berjudul DKV4 dengan judul Ngampus! Buka-Bukaan Aib Mahasiswa, kemudian terus berkembang di media sosial dan membentuk tim agar komiknya dapat diakses secara publik di berbagai platform online, seperti webtoon, google book store.

Karena memiliki cerita yang menarik pada tahun 2018 Si Juki memiliki film pertamanya berjudul Si Juki The Movie yang ditayangkan di bioskop CGV, kemudian pada tahun  2020 Si Juki memiliki series animasi pertamanya berjudul Si Juki Anak Kosan  yang memiliki 13 episode yang digarap oleh studio animasi Kumata.

animasi Indonesia terbaru

Tidak hanya Juki ada pula karya animasi Indonesia terbaru tahun 2022 dibeli oleh Warner Bros. Singkat cerita karya animasi anak bangsa berjudul The Beachbuds yang diproduksi JToon telah berhasil menggerakan hati para investor asing untuk membeli hak siarnya, tidak hanya Werber Bros, perusahaan seperti Discovery dan Disney + Hotstar pun tertarik menayangkan animasi tersebut.

Kesuksesan dari Si Juki dan The Beachbuds tentunya memberikan dampak positif bagi kreator kreatif di Indonesia lainnya, kita sadari bahwa saat ini telah begitu marak melihat para animator muda yang bermunculan di media sosial, beberapa karya animasi yang kita sering melihat seperti Dalang Pelo, Sengklekman, Animasi Nopal,Vernalta animasi, Tekotok. 

Kebanyakan dari mereka merupakan animator yang aktif dalam memberikan hiburan melalui kanal youtube. Dari segi cerita, gaya pengemasannya pun memiliki karakter masing-masing yang tidak dapat ditiru oleh animator profesional, hal ini tentu saja menjadi aset Indonesia dalam bidang industri hiburan animasi. Dengan sumber daya yang ada dan media yang luas tidak menutup kemungkinan bahwa animasi di Indonesia akan dapat mendominasi pasar lokal dan internasional.

Media Televisi dan Animasi

animasi dragon ball

Film-FIlm kartun di Indonesia dalam dekade lalu dapat dikatakan tidak baik-baik saja, Industri televisi di Indonesia sangat kekurangan sumber hiburan bagi anak-anak kecil. Bagi milenial pasti tahu tayangan televisi seperti Power Ranger, Ultraman, Dragon Ball, Kamen Rider yang semuanya itu berasal dari jepang, meski tidak sepenuhnya animasi namun pada saat itu tayangan tersebut disaksikan juga oleh anak-anak kecil hingga dewasa.

Kekerasan dalam bentuk hiburan menjadi perhatian tersendiri bagi pemerhati anak kala itu, perilaku mencontoh dalam adegan kekerasan sangat dikhawatirkan terjadi pada anak-anak, saat ini dalam upaya Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Melalui Penyiaran pada tahun 2021 KPI membuat kebijakan penayangan terjadwal bagi anak berdasarkan usia, karena pada saat ini terjadi peningkatan kekerasan anak.

Saat ini KPI terus berlanjut dalam mendorong seluruh media dalam  memberikan tayangan  ramah anak di tingkatkan. Perkembangan animasi di Indonesia sendiri memiliki stereotip yang melekat di tengah masyarakat "animasi adalah tontonan anak". Tidak dipungkiri tampilan yang menarik dan suara yang lucu membuat animasi memiliki kesan menghibur bagi anak-anak, tapi sebagai orang tua yang bijak perlu mengetahui bahwa animasi memiliki beragam jenis/genre.

Dalam beberapa dekade lalu industri animasi kartun Indonesia dapat dikatakan tidak eksis sama sekali, hal ini disebabkan karena berbagai faktor, seperti SDM/ Kreator, Investor dan media, Hingga pada akhirnya Indonesia mengimpor animasi-animasi asing dari Jepang, Cina, Malaysia, Korea. Yang kemudian animasi tersebut di Dubbing dengan pengisi suara bahasa Indonesia agar mudah dipahami oleh anak-anak.

animasi upin ipin

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat Indonesia dapat mandiri dalam memproduksi animasi, faktor yang paling mempengaruhi dalam industri ini adalah Investor dan Kuantitas kreator. Dalam rumah produksi seperti Disney dan Pixar dibutuhkan ribuan orang yang menangani hal-hal yang spesifik, dapat disimpulkan bahwa masalah yang sulit adalah mencari investor untuk membiayai produksi animasi. Dilansir dari Detik.com Les' Copaque Production setidaknya membutuhkan 200+ orang untuk menggarap proyek Serial Upin-Ipin,  beberapa animasi buatan Les' Copaque seperti Puteri, Pada Zaman Dahulu, dan DaDuDiDo.

Timeline Sejarah Animasi di Indonesia

Animasi indonesia disebut kalah eksis dibanding animasi impor, Indonesia sebenarnya juga memiliki  animasi asli Indonesia. Pada awalnya animasi pertama berjudul "Si Doel Memilih" karya Dukut Hendronoto pada tahun 1955, Beliau di kirim oleh Ir. Sukarno untuk belajar animasi di Amerika Serikat tepatnya di Walt Disney.

Selanjutnya pada tahun 1970, Terbentuk Studio Animasi Anima Indah yang didirikan oleh Luqman Lateef, Beliau salah satu pelopor animasi di Indonesia, dan hebatnya para staf disekolahkan hingga ke Jepang, Amerika, dan Inggris untuk belajar membuat animasi.

Pada masa yang sama ada pula animasi lainnya karya Drs.Suyadi  atau Pak Raden seperti "timun Mas", "Trondolo", dan "Batu Setahun"

Kemudian pada tahun 1983 Perum Produksi Film Negara dibantu UNICEF membuat animasi yang disiarkan di televisi secara masif berjudul "Si Huma" karena bertujuan menyampaikan pesan bahaya banjir.

Selanjutnya pada era 1990 ada animasi "satria Nusantara" dan "Petualangan Si Kancil", dan butuh satu dekade lagi untuk membuat sebuah animasi 3D yang dapat di tayangkan di Layar Lebar, tepatnya pada tahun 2003 Animasi 3D pertama Indonesia di produksi "Janus Prajurit Terakhir"

Tahun 2007 terdapat karakter pahlawan bernama Hebring pada animasi berjudul sama, Karakter ini ini mendapatkan penghargaan dalam ASEAN Character Award pada tahun 2014.

Selanjutnya pada tahun 2010 keatas kita dapat menjumpai seperti animasi Petualangan Si Unyil, Knight Kris, Keluarga Somat, dan animasi lainnya yang tentunya dapat kita saksikan di televisi, media sosial, dan berbagai media streaming.

Penutup

Indonesia memiliki sejarah panjang terkait animasi, sejak pertama kali dibuat tahun 1955 para industri kreatif tidak redup semangatnya dalam meningkatkan dan mewariskan karya dan ilmu kepada generasi penerus bangsa. Kini kita dapat melihat sebuah titik terang dari usaha para kreatif hingga dapat melihat karya animasi anak bangsa tampil dan bersaing di kancah internasional. 

Semoga kedepan Industri animasi Indonesia semakin baik dan berkualitas, dapat di saksikan berbagai kalangan umur, dan menciptakan film-film kartun Indonesia yang inspiratif.


www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads