Perbedaan Utama Windows dan Linux yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan Windows Linux

Perbandingan Keamanan Linux Dan Windows
Saat berbicara tentang keamanan, meskipun Linux adalah open source, namun, sangat sulit untuk menerobos dan karenanya merupakan OS yang sangat aman jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Keamanan teknologi tingginya adalah salah satu alasan utama popularitas Linux dan penggunaan yang sangat besar.

Sementara itu, Linux adalah open source dan memiliki komunitas pengguna yang kuat. Karena seluruh basis pengguna memiliki akses ke kode sumber, mereka dapat memantau masalah dan ada kemungkinan besar kerentanan apa pun ditangkap lebih awal dari pada yang ditargetkan peretas.

Selain itu, pengguna Linux akan menyelidiki dan memperbaiki masalah saat itu dan di sana karena ini adalah open source. Dengan cara ini, Linux menerima tingkat pemeliharaan yang hebat dari komunitas pengembangnya.

Berlawanan dengan ini, pengguna Windows tidak dapat memperbaiki masalah sendiri karena mereka tidak memiliki izin untuk mengubah kode sumber. Jika mereka menangkap kerentanan dalam sistem, maka mereka harus melaporkannya ke Microsoft dan kemudian menunggu untuk diperbaiki.

Di Windows, pengguna memiliki akses admin penuh melalui akun. Jadi, ketika virus menyerang sistem, ia dengan cepat merusak seluruh sistem. Jadi, semuanya berisiko dalam kasus Windows.

Di sisi lain, Linux menikmati keuntungan dari akun di mana akses terbatas diberikan kepada pengguna dan karenanya jika terjadi serangan virus, hanya sebagian dari sistem yang akan rusak. Virus tidak akan dapat mempengaruhi seluruh sistem karena Linux tidak berjalan sebagai root secara default.

Di Windows, kami memiliki mekanisme UAC (kontrol akun pengguna) untuk mengontrol hak akses, meskipun tidak sekuat Linux.

Linux menggunakan tabel IP untuk meningkatkan keamanan sistem. Iptables membantu dalam mengendalikan lalu lintas jaringan dengan mengonfigurasi aturan tertentu yang diberlakukan melalui firewall kernel Linux. Ini membantu dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman untuk menjalankan perintah atau akses apa pun ke jaringan.

Linux memiliki lingkungan kerja tersegmentasi yang mengamankannya dari serangan virus. Namun, OS Windows tidak banyak tersegmentasi dan karenanya lebih rentan terhadap ancaman.

Alasan penting lainnya untuk Linux menjadi lebih aman adalah bahwa Linux memiliki sangat sedikit pengguna jika dibandingkan dengan Windows. Linux memiliki hampir 3% pasar sedangkan Windows menangkap lebih dari 80% pasar.

Dengan demikian, peretas selalu lebih tertarik untuk menargetkan Windows karena virus atau perangkat lunak berbahaya yang mereka buat akan memengaruhi segmen besar pengguna. Ini, pada gilirannya, membuat pengguna Linux lebih aman.

Singkatnya, kita dapat mengatakan bahwa Linux memiliki beberapa fitur yang membuatnya lebih aman daripada Windows dan sistem operasi lainnya.

Perbandingan Kinerja Linux Dan Windows

Fakta bahwa sebagian besar superkomputer tercepat di dunia yang berjalan di Linux dapat dikaitkan dengan kecepatannya. Linux memiliki reputasi cepat dan lancar sementara Windows 10 dikenal lambat dan lambat dari waktu ke waktu.

Linux berjalan lebih cepat daripada Windows 8.1 dan Windows 10 bersama dengan lingkungan desktop modern dan kualitas sistem operasi sementaraWindows lambatpada perangkat keras yang lebih lama.

Berbicara tentang kemampuan inti OS seperti penjadwalan utas, manajemen memori, penanganan i/o, manajemen sistem file, dan alat inti, secara keseluruhan Linux lebih unggul daripada Windows.

Mengapa Linux Lebih Cepat dari Windows?

Ada banyak alasan mengapa Linux umumnya lebih cepat daripada windows. Pertama, Linux sangat ringan sementara Windows berlemak. Di windows, banyak program berjalan di latar belakang dan mereka memakan RAM.

Kedua, di Linux, sistem file sangat terorganisir. File terletak dalam potongan yang sangat dekat satu sama lain. Ini membuat operasi baca-tulis sangat cepat. Di sisi lain, Windows adalah tempat sampah dan file ada di mana-mana.

Perbandingan Linux Dan Windows 10

Tidak diragukan lagi bahwa Windows 10 adalah versi windows yang lebih cantik dan lebih aman jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Windows 10 hadir dengan beberapa fitur khas baru seperti asisten digital Cortana, browser tepi Microsoft, kantor Microsoft dengan fitur 3D.

Ini juga memiliki kemampuan untuk menjalankan perintah bash Linux. Kami juga memiliki ruang kerja virtual di Windows 10 yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan aplikasi di berbagai desktop.

Jika Anda membandingkan lingkungan desktop Windows 10 dengan lingkungan desktop Linux Mint 19, Anda akan menemukan bahwa dalam keadaan ideal, Linux tidak akan menggunakan banyak RAM di latar belakang jika dibandingkan dengan Windows.

Sebagai perbandingan, ditemukan bahwa Linux menggunakan RAM 373 megabyte dan Windows menggunakan 1,3 gigabyte yang sekitar 1000 megabyte lebih banyak dari Linux. Perbandingan ini dilakukan pada instalasi baru ketika tidak ada aplikasi yang terbuka.

Dengan demikian, Windows 10 lebih banyak sumber daya daripada Linux Mint 19. Juga, pembaruan di Windows 10 bersifat linier dan lebih lambat dari pembaruan Linux. Di Linux, kami mendapatkan pembaruan dalam paket dan juga cepat.

Namun, Linux mengalahkan Windows 10 dalam hal kecepatan. Berbicara tentang tampilan dan nuansa, Windows UI sangat cantik dan menawarkan banyak aplikasi. UI Linux cukup sederhana dan bersih. Namun, Anda akan menemukan alternatif aplikasi Windows di Linux juga.

Datang ke Game, sulit dilakukan di Linux Mint, dan juga tidak menawarkan banyak game jika dibandingkan dengan Windows 10. Dengan demikian, Gaming adalah kelemahan di Linux.


Berikut tabel perbedaan antara windows dan linux

Windows

Linux

Pengembang

Perusahaan Microsoft

Linus Torvalds, komunitas.

Ditulis dalam

C++, Perakitan

Bahasa assembly, C

Keluarga OS

Keluarga sistem operasi grafis

Keluarga OS mirip Unix

Lisensi

Perangkat lunak komersial berpemilik

GPL (GNU General Public License) v2 dan lainnya.

Antarmuka pengguna default

Windows Shell

Unix Shell    

Jenis kernel

Keluarga Windows NT memiliki kernel hibrida (kombinasi kernel mikro dan kernel monolitik); Windows CE (Embedded compact) juga memiliki kernel hibrida; Windows 9x dan seri sebelumnya memiliki kernel monolitik (MS-DOS).

Kernel monolitik (seluruh sistem operasi bekerja di ruang kernel).

Model sumber

Perangkat lunak sumber tertutup; sumber tersedia (melalui inisiatif sumber bersama).

Perangkat lunak sumber terbuka

Rilis awal

20 November 1985. Windows lebih tua dari Linux.

17 September 1991

Target pemasaran

Utamanya Komputasi pribadi.

Terutama komputasi awan, server, superkomputer, sistem tertanam, mainframe, ponsel, PC.

Tersedia di

138 bahasa

Multibahasa

Platform

LENGAN, IA-32, Itanium, x86-64, DEC Alpha, MIPS, PowerPC.

Alpha, H8/300, Segi enam, Itanium, m68k, Microblaze, MIPS, PA-RISC, PowerPC, RISC-V, s390, SuperH, NDS32, Nios II, OpenRISC, SPARC, ARC Unicore32, x86, Xtensa, ARM, C6x.

Situs web resmi

Microsoft

Linux

Manajer paket

Penginstal Windows (.msi), Bursa Windows (.appx).

Dikemas dalam distribusi Linux (distro).

Peka huruf besar/kecil

Nama file tidak peka huruf besar/kecil di Windows.

Nama file peka huruf besar/kecil di Linux.

Boot

Hanya dapat dilakukan dari disk utama.

Dapat dilakukan dari disk apa pun.

Baris perintah default

Windows PowerShell

BASH

Kemudahan penggunaan

Windows memiliki GUI yang kaya dan dapat dengan mudah digunakan oleh orang-orang teknis maupun non-teknis. Ini sangat sederhana dan ramah pengguna.

Ini sebagian besar digunakan oleh orang-orang teknis karena Anda harus mengetahui berbagai perintah Linux untuk dapat bekerja dengan OS Linux. Untuk pengguna rata-rata, akan membutuhkan waktu yang signifikan untuk mempelajari Linux. Juga, proses pemecahan masalah di Linux lebih rumit daripada di Windows.

Instalasi

Mudah diatur. Membutuhkan input pengguna yang jauh lebih sedikit selama instalasi. Namun, dibutuhkan waktu lebih lama untuk menginstal Windows dibandingkan dengan instalasi Linux.

Rumit untuk diatur. Membutuhkan banyak input pengguna untuk instalasi.

Keandalan

Windows kurang dapat diandalkan daripada Linux. Selama beberapa tahun terakhir, keandalan Windows telah banyak ditingkatkan. Namun, ia masih memiliki beberapa ketidakstabilan sistem dan kelemahan keamanan karena desainnya yang terlalu disederhanakan.

Sangat andal dan aman. Ini memiliki penekanan yang mengakar pada manajemen proses, keamanan sistem, dan waktu aktif.

Kustomisasi

Windows memiliki opsi penyesuaian yang sangat terbatas yang tersedia.

Linux memiliki banyak rasa atau distribusi variasi yang sangat dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengguna.

Perangkat lunak

Windows mengarahkan jumlah pengguna desktop terbesar, dan karenanya pilihan perangkat lunak komersial terbesar dari pengembang pihak ketiga, banyak di antaranya tidak kompatibel dengan Linux. Ini juga memimpin dalam video game dengan margin yang luas.

Ada banyak perangkat lunak yang ditawarkan untuk Linux, dan kebanyakan dari mereka tersedia sebagai paket perangkat lunak yang sepenuhnya gratis dan mudah diinstal.

Selain itu, berbagai program Windows dapat dijalankan di Linux dengan bantuan lapisan kompatibilitas misalnya WINE. Linux kompatibel dengan berbagai perangkat lunak bebas yang lebih luas daripada Windows.

Dukungan

Baik Linux dan Windows menawarkan dukungan ekstensif. Dukungan Windows 10 lebih mudah diakses.

Jika bantuan yang lebih luas diperlukan, Microsoft menawarkan kontrak dukungan kepada pelanggannya.

Asisten terbaik sering ditemukan di rekan kerja, situs web, dan forum. Linux kemungkinan memiliki keunggulan di sini karena budaya kolaboratif komunitas open source. Beberapa perusahaan Linux seperti RedHat juga menawarkan kontrak dukungan kepada pelanggan.

Pemutakhiran

Pembaruan Windows terjadi pada saat ini yang terkadang tidak nyaman bagi pengguna.

Membutuhkan lebih banyak waktu untuk menginstal dan membutuhkan reboot.

Pengguna memiliki kontrol penuh saat pembaruan dilakukan. Instalasi membutuhkan waktu lebih sedikit dan tidak diperlukan reboot.

Akses

Setiap pengguna tidak memiliki akses ke kode sumber. Hanya anggota grup yang dipilih yang memiliki akses ke kode sumber.

Pengguna memiliki akses melalui kode sumber kernel dan dapat memodifikasinya sesuai dengan itu. Ini memberikan manfaat bahwa bug di OS akan diperbaiki lebih cepat. Namun, kekurangannya adalah pengembang dapat memanfaatkan celah yang tidak semestinya.

Privasi

Windows mengumpulkan semua data pengguna.

Distro Linux tidak mengumpulkan data pengguna.

Harga

Microsoft Windows biasanya berharga antara $99.00 dan $199.00 USD untuk setiap copy.Windows 10 berlisensi ditawarkan sebagai upgrade gratis untuk pemilik Windows yang ada, namun, batas waktu untuk penawaran itu telah lama berlalu.


Pusat data Windows server 2016 memiliki harga mulai dari $6155.

Lisensi Linux tetap sepenuhnya gratis.

Namun, organisasi yang membutuhkan dukungan Linux dapat memilih langganan berbayar untuk platform seperti RedHat dan SUSE. Lebih baik menggunakan langganan ini, jika tidak, keahlian Linux internal yang kompeten bisa mahal.

Berbicara tentang biaya infrastruktur, hal-hal lain yang tetap sama (berada di tempat atau di cloud), Linux menjadi ringan, kita dapat mengharapkan 20% lebih banyak throughput di Linux dibandingkan dengan Windows.


sumber: 

Linux vs Windows Difference: Which Is The Best Operating System?. Softwaretestinghelp. https://www.softwaretestinghelp.com/linux-vs-windows/#:~:text=Linux%20has%20segmented%20working%20environments,users%20when%20compared%20to%20Windows.


www.mtalkblog.com

Temukan informasi terkini tentang teknologi, desain grafis, dan lainnya di mtalkblog.com. Dapatkan panduan praktis dan berita terbaru di sini.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads