Instagram Memory Upaya Baru untuk Mendorong Engagement Pengguna

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Instagram menguji fitur 'Memory' untuk mendorong pengguna untuk membagikan posting lama

fitur baru instagram memory

Apa Itu Fitur Instagram Memory?

Instagram sedang menguji fitur baru yang bertujuan untuk mendorong penggunanya untuk membagikan kembali postingan lama pengguna dengan adanya pintasan 'Memory' Story.

Fitur ini akan menampilkan story yang sudah pernah dibagikan pada tanggal tersebut. Ini merupakan cara lain untuk mengakses fitur archive, meskipun sudah ada beberapa variasi dari fitur ini sebelumnya. Namun, sekarang fitur ini memberikan pintasan yang lebih langsung bagi pengguna untuk membagikan ulang story masa lalu pengguna, mirip dengan fitur 'On This Day' dari Facebook, dan dapat meningkatkan tingkat engagement di aplikasi. Baca Juga:
Pahami Instagram Reels Sebelum Menggunakannya


Sebaliknya, ini juga bisa menjadi tanda bahwa engagement di IG mengalami penurunan signifikan. Dalam hal ini, Facebook mengalami krisis pada tahun 2015, dengan penurunan pembagian konten secara keseluruhan, dan postingan pribadi seperti pikiran dan foto turun 21% dari tahun sebelumnya. Jawaban Facebook untuk masalah ini adalah dengan memasukkan lebih banyak request 'On This Day' dan memory ke dalam feed pengguna, untuk memicu engagement dan interaksi nostalgia pada update masa lalu. Pada tahun 2017, lebih dari 60 juta pengguna Facebook mengunjungi halaman 'On This Day' pribadi pengguna setiap hari, dan 155 juta telah memilih untuk menerima notifikasi khusus untuk fitur ini. Tekanan tambahan ini memicu engagement yang lebih tinggi, namun sekaligus membuat Facebook berfokus pada jenis pembagian konten yang berbeda, yang tidak sejalan dengan tren dan update, dan lebih terfokus pada teman dan keluarga. Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Reels Instagram?

Sepertinya Instagram sekarang juga melakukan hal yang sama. Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengakui bahwa pembagian pribadi sudah beralih dari feed IG utama ke Stories dan DM, dan mungkin ini adalah cara lain untuk memanfaatkan perilaku ini dalam upaya untuk mempertahankan engagement pengguna.


Meskipun Instagram masih mengalami pertumbuhan pada engagement Reels, dan laporan Meta juga menunjukkan bahwa rekomendasi konten yang diterpowered oleh AI membantu meningkatkan engagement. Namun, meskipun pengguna mengonsumsi lebih banyak video di aplikasi, jumlah orang yang posting update pribadi, baik di Facebook atau IG, menurun, sementara penggunaan Instagram Stories juga turun 10% dari level sebelumnya

Mungkin, ini adalah bagian dari upaya baru untuk mendorong pengguna untuk terlibat dalam berbagi dan membuat orang memposting diri pengguna, bukan hanya mengambil lebih banyak video yang direkomendasikan di aplikasi.

Baca Juga: Menghasilkan Uang dengan Instagram Reels Play

Ini berhasil di Facebook, menggerakkan jutaan orang untuk mengingat kembali kenangan pengguna dan berbagi update mereka sendiri dengan komunitas.


Kita harus menunggu dan melihat apakah fitur baru ini di Instagram akan memiliki dampak yang sama, tetapi jelas bahwa perusahaan media sosial sedang mencari cara baru untuk mendorong partisipasi pengguna.

Kesimpulan

Fitur Instagram Memory adalah salah satu cara baru untuk mendorong engagement pengguna. Namun, kita harus menunggu dan melihat apakah fitur ini akan memiliki dampak yang sama seperti fitur serupa di Facebook. sumber: socialmediatoday

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama