Cara Melihat Bumi Menggunakan Google Earth

Melihat Bumi Versi 3D Menggunakan Google Earth

Cara Melihat Bumi Menggunakan Google Earth

Melihat bumi versi secara 3D apakah bisa? Bisa! Kini kalian dapat melihat itu di perangkat kalian baik menggunakan Google Earth. 
Google earth perangkat lunak yang dapat diunduh di hand phone maupun komputer. 

Google Earth adalah aplikasi yang didalamnya terdapat pemetaan, kita dapat melihat dunia secara virtual atau globe virtual dengan disajikannya bentuk 3D, baik bangunan maupun alam dan sebagainya.

Google Earth dibuat pada tahun 2004 oleh perusahaan Keyhole Inch, yang pada awalnya bernamakan Earth Viewer kemudian diresmikannya nama Google Earth pada tahun 2005. Google Earth ini dapat kalian unduh di berbagai perangkat secara gratis. Berbeda dengan Google Maps, pada aplikasi Google Earth lebih mengedepankan penjelajahan suatu tempat dengan visual yang lebih detail.

Cara Menggunakan Google Earth

  1. Unduh dan buka aplikasi Google Earth pada Android atau Komputer, kalian juga dapat membuka Google Earth melalui website
  2. Telusuri tempat yang ingin dijelajahi, dan jangan lupa aktifkan garis kisi agar titik koordinat geografis dapat diketahui dan memperkirakan keberadaan pengguna.
  3. Jika ingin melihat letak rumah, kalian cari ikon search kemudian klik, dan ketik alamat lengkap rumah atau lokasi yang akan ditelusuri.
  4. Untuk menampilkan tampilan secara 3D kalian bisa klik bagian menu dan pilih gaya peta dan aktifkan bangunan 3D. Namun adapun sebagian lokasi yang tidak dapat ditampilkan dengan model 3D.
  5. Untuk mempercepat performa Google Earth kalian bisa menuju ke setelan dan memilih ukuran cache memori.

Kelebihan Google Earth

Jika bicara soal kelebihan pada suatu aplikasi pasti sangat banyak sekali, berikut beberapa kelebihan yang sudah dirangkum dalam artikel ini, yaitu :

  1. Menampilkan lokasi dengan mode 3D
          Disajikannya mode 3D dapat membuat para penglihat ini melihat seperti aslinya, mulai dari gedung, rumah, hutan, laut, dan masih banyak lagi. Bahkan kalian dapat membuat bangunan sendiri kemudian mengirimkannya ke Google untuk ditampilkan.
  2.  Menelusuri lokasi-lokasi di tahun tertentu
    Jika kalian penasaran dengan keadaan dunia di masa lampau, kalian dapat melihat lokasi tersebut dengan memeriksa tanggal dibagian kiri layar di bawah (seperti tahun “1945”) kemudian google akan menampilkan “Klik untuk melihat histori dari 1945”
  3. Menelusuri lautan
    Untuk menelusuri isi lautan kalian dapat melakukan zoom in hingga jauh dan menemukan hal baru yang menakjubkan.
  4.  Menelusuri angkasa luar
    Selain menjelajahi lautan kalian juga dapat melakukan eksplorasi diluar bumi seperti luar angkasa, dengan klik ikon planet di menu atas. Kalian bisa memilih bulan, atau planet lainnya.
  5. Mengukur jarak
    Dengan Google Earth kalian juga dapat mengukur jarak yang sangat panjang, seperti jarak jarak antar negara. Kalian bisa klik alat penggaris pada menu bagian atas, kemudian tarik garis antara dua titik dan peta dengan berbagai detail ukuran jarak, panjang dan luasnya pun akan disajikan.

Kekurangan Google Earth

Jika ada Kelebihan pasti ada kekurangan, berikut ini beberapa kekurangan pada Google Earth :

  1.  Mengeluarkan Biaya
          Jika kalian ingin tampilan gambar yang lebih HD, kalian bisa menggunakan Google Earth Pro tetapi harus mengeluarkan biaya bulanan. Jika kalian terbatas pada biaya, Google Earth biasa pun tidak masalah hanya perbedaan di beberapa fitur saja.
  2. Zoom yang kurang mulus
    Saat kalian zoom in sangat jauh hasil gambar yang ditampilkan pun terkadang tidak terlihat detail dan mulus, ini akan menjadi permasalahan jika kalian sangat membutuhkan gambar yang HD untuk keperluan penting kalian.
  3.  Sajian gambar yang lama
    Kekurangan yang selanjutnya adalah menyajikan gambar yang sudah lama, seperti gambar-gambar beberapa tahun lalu yang belum sempat di perbaharui.

Kurang lebihnya seperti itulah sekilas tentang bagaimana melihat bumi versi 3D serta beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Google Earth, semoga dapat membantu dan menambah wawasan kalian.

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads