Mengenal Apa itu Konten Evergreen dan Timely untuk SEO

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Mengenal Apa itu Konten Evergreen dan Timely untuk SEO


Mtalkblog. Meningkatkan kualitas konten adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat website kamu di mesin pencari. Ada dua jenis konten yang paling sering dibahas dalam SEO, yaitu konten evergreen dan timely. Konten evergreen adalah konten yang selalu relevan, sedangkan konten timely adalah konten yang relevan dengan topik atau kejadian yang sedang tren.

Apa itu Evergreen Konten?

Konten Evergreen Konten evergreen adalah jenis konten yang tidak memperhatikan waktu atau kejadian tertentu. Konten evergreen biasanya membahas topik yang selalu relevan, sehingga bisa bertahan lama di mesin pencari. Ada beberapa jenis konten evergreen yang dapat kamu buat, yaitu:

Baca Juga: Apa Itu Optimasi Web Dan Pengertian SEO
  1. How-to guides How-to guides atau panduan praktis adalah jenis konten evergreen yang paling populer. Panduan praktis ini bisa mengajarkan seseorang bagaimana melakukan sesuatu dengan benar atau mengatasi masalah tertentu. Panduan praktis ini biasanya disusun secara terstruktur dan mudah dipahami oleh pembaca.
  2. Listicles Listicles adalah jenis konten yang mengulas suatu topik dengan membuat daftar. Misalnya, 10 tips untuk meningkatkan SEO atau 5 makanan sehat untuk diet. Listicles ini sangat populer di kalangan pembaca online karena mudah dipahami dan biasanya disajikan dengan visual yang menarik.
  3. FAQs FAQs atau frequently asked questions adalah jenis konten yang berisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan. Jenis konten ini sangat relevan karena bisa membantu pembaca menyelesaikan masalah yang dihadapi atau memberikan penjelasan yang lebih jelas tentang suatu topik.

Apa itu Timely Konten?

Konten Timely Konten timely adalah jenis konten yang dibuat berdasarkan topik atau kejadian yang sedang tren. Konten timely biasanya memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi dan bisa menghasilkan traffic yang besar dalam waktu singkat. Beberapa jenis konten timely yang bisa kamu buat, yaitu:
  1. Berita Berita adalah jenis konten timely yang paling populer. Berita bisa berasal dari topik atau kejadian yang sedang tren, misalnya pemilihan umum atau pandemi Covid-19. Berita harus disajikan dengan faktual dan obyektif agar pembaca bisa mendapatkan informasi yang benar.
  2. Infografis Infografis adalah jenis konten yang menampilkan data atau informasi dengan visual yang menarik. Infografis bisa sangat efektif dalam menampilkan informasi yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami oleh pembaca.
  3. Video Video adalah jenis konten yang semakin populer di kalangan pembaca online. Video bisa berasal dari topik apapun, misalnya tutorial atau berita. Video bisa disajikan dengan berbagai format, seperti live streaming atau animasi.

Strategi Optimasi Konten Evergreen dan Timely

Dalam strategi SEO, membuat konten berkualitas adalah langkah awal yang perlu diambil. Namun, konten yang berkualitas saja tidak cukup untuk mencapai posisi teratas di mesin pencari. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang jenis konten yang dapat membantu meningkatkan trafik organik dan bagaimana mengoptimalkan konten timely dan evergreen.

Konten timely atau konten yang sesuai dengan trend saat ini, biasanya populer pada saat tertentu. Contohnya adalah konten tentang liburan Natal atau Ramadan. Konten seperti ini memiliki potensi tinggi untuk menjadi viral karena relevan dengan momen yang sedang terjadi.

Sementara itu, konten evergreen atau konten yang selalu relevan di setiap waktu, biasanya tidak berkaitan dengan trend saat ini. Contohnya adalah tutorial atau tips untuk melakukan sesuatu, misalnya cara memasak nasi atau cara merawat kesehatan gigi.

Konten timely dan evergreen sama-sama memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing dalam strategi SEO. Konten timely memiliki potensi untuk menjadi viral dan mendapatkan banyak traffic dalam waktu singkat, tetapi tidak memiliki daya tahan yang lama karena hanya relevan pada saat tertentu. Sedangkan konten evergreen memiliki daya tahan yang lama karena selalu relevan, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan trafik organik yang signifikan.

Untuk mengoptimalkan konten timely, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan konten yang dibuat sesuai dengan trend saat ini dan sesuai dengan niche atau topik website kamu. Kedua, gunakan judul yang menarik perhatian pembaca dan mengandung kata kunci yang relevan dengan topik. Ketiga, gunakan media sosial untuk mempromosikan konten kamu , terutama pada platform yang relevan dengan niche kamu. Keempat, gunakan backlink dari website yang memiliki otoritas yang tinggi untuk meningkatkan kredibilitas konten kamu.

Untuk mengoptimalkan konten evergreen, pertama-tama pastikan topik yang dipilih selalu relevan di setiap waktu. Kedua, gunakan judul yang mengandung kata kunci dan menarik perhatian pembaca. Ketiga, pastikan konten yang dibuat lengkap, akurat, dan informatif. Keempat, gunakan media sosial dan platform lainnya untuk mempromosikan konten kamu. Kelima, gunakan backlink dari website yang memiliki otoritas tinggi untuk meningkatkan otoritas konten kamu.

Kombinasi antara konten timely dan evergreen dapat membantu meningkatkan trafik organik dan meningkatkan otoritas website kamu. Dengan mengoptimalkan konten timely dan evergreen dengan benar, kamu dapat meningkatkan posisi website kamu di mesin pencari.

Kesimpulan

Konten evergreen dan timely adalah dua jenis konten yang penting dalam SEO. Konten evergreen bisa bertahan lama di mesin pencari, sedangkan konten timely bisa menghasilkan traffic yang besar dalam waktu singkat. kamu bisa membuat berbagai jenis konten evergreen dan timely yang sesuai dengan topik atau niche website kamu. Penting untuk selalu memperhatikan kualitas konten agar pembaca bisa
Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama