Mengenal Sistem Operasi Komputer: Dasar Sistem Komputer

(TOC) Cek Dulu! Baru Dibaca!
Mengenal Sistem Operasi Komputer: Jantung dari Komputer Modern

Sistem operasi, pernah dengan istilah itu? mungkin bagi kalian yang memiliki perangkat komputer atau laptop sudah tidak asing dengan kata-kata tersebut, namun perlu kamu ketahui sistem operasi tidak hanya spesifik pada perangkat PC komputer ataupun laptop.

Baru dengarkan, kalau sistem operasi atau operating system (OS) itu tidak terbatas pada PC dan laptop saja. Pada pembahasan ini kita membahas mengenai sistem operasi baik itu di PC ataupun perangkat komputer lainnya.

Definisi Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak atau program yang dapat membantu user atau pengguna untuk mengoperasikan komputer dengan optimal dalam berbagai keperluan, baik input data, pengolahan data dan sebagainya.

Data atau sumber daya sendiri biasanya diperoleh dari perangkat pemrosesan pusat (CPU), memori, perangkat input hingga output komputer misalnya seperti mikrofon, speaker, projector.

Mengenal Sistem Operasi Komputer: Jantung dari Komputer Modern


Definisi Komputer. Jika tadi kita membahas sistem komputer maka pahami terlebih dahulu definisi komputer itu sendiri. Sebuah perangkat komputer dapat didefinisikan sebagai komputer jika perangkat tersebut terdiri dari komponen elektronik yang mampu menerima, menyimpan dan memproses data menjadi informasi, melalui mekanisme yang sistematis dan logis.

Contoh sederhana. Misalnya saja dalam komputer terdapat input data 1+1 maka komputer harus dapat memproses melalui algoritma yang telah ditanamkan sebelumnya agar dapat menghasilkan output informasi logis yaitu (1+1=2) hasil penjumlahan tersebut berdasarkan pemrosesan logis matematis dan logis dari sistem komputer.

Contoh Komputer Selain PC/Laptop dan HP

Mengenal Sistem Operasi Komputer: Jantung dari Komputer Modern

Mikrokontorler:
Mikrokontroler meruapakn komputer kecil dalam bentuk chip IC, perangkat ini biasanya memiliki lebih dari satu CPU didalamnya, dalam aplikasinya perangkat ini bisa digunakan pada pernagkat elektronik seperti smarthome dengan kendali otomatis.

Mesin Kasir: Dengan perkembangan teknologi yang pesat, mesin kasir mengalamai perubahan yang signifikan, mesin kasir kini telah di kembangkan dengan ditambahkan perangkat elektronik yang nantinya mampu mangkalkukasi dari input dan menyimpan datanya. Dengan sistematika yang canggih mesin kasir elektronik ini menjadi perangkat yang efektif dalam membantu proses jual beli.

Game console: Game consoleseperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch adalah perangkat komputer yang didesain khusus untuk bermain game, berbeda dengan PC dan laptop yang lebih serbaguna dalam penggunaannya. Perangkat game console memiliki sistem operasi dan perangkat keras yang dioptimalkan untuk pengalaman permainan yang lebih fokus dan efisien.

Jenis Operating System atau Sistem Operasi Komputer

Mengenal Sistem Operasi Komputer: Jantung dari Komputer Modern

Sebelumnya kita sudah membahas apa itu sistem operasi dan definisi komputer itu sendiri, saat ini kita akan membahas sistem operasi yang paling sering ditemui di masyakarat.

Microsoft Windows: OS komputer satu ini sudah jadi OS global market, dengan antar muka grafis (GUI) membuat sistem operasi ini mudah digunakan oleh khalayak umum, selain itu juga dukungan pengembangan dan keamananan yang di tingkatkan secara berkala membuat OS menjadi pilihan tepat bagi pengguna komputer. Adapun macam-macam sistem operasi windows seperti Windows 1.0, Windows 3.0/3.1, Windows 95, Windows 98, Windows Me (Millennium Edition), Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Windows 11, dan Windows Server.

Android: Siapa sih yang gak pernah dengar kata android, Android sendiri adalah OS berbasis linux yang kembangkan oleh google pada tahun 2008, Andorid di optimasi agar mampu multitasking dan menggunakan layar sentuh. Hingga saat ini jumlah pengguna prangkat ber OS Android adalah yang paling tinggi dalam kategori OS smartphone. Dalam serinya Android menggunakan nama makanan seperti 1.5 untuk Cupcake(2009), 2.0 Eclair (2009), 3.0 Honeycomg (2011),  4.0 Ice Cream Sandwich (2011), hingga pada tahun ini muncul seri andorid 13 Tiramisu.

iOS: iOS selain Android adapun iOS rival sejati dari Android, iOS dikembangakn oleh Apple Inc dan rilis pada 2007, iOS dikhususkan untuk perangkat iPhone, iPod touch dan iPad. Dengan kemampuan yang kurang lebih sama dengan perangkat Andorid, iOS dinilai memiliki fitur keamanan yang sangat baik dikelasnya. Setidaknya pada tahun 2023 ini iOS udah memiliki 17 seri, dari iOS 1 hingga iOS 17.

Linux: adalah sebuah sistem operasi sumber terbuka yang berasal dari kernel Linux yang dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Sistem operasi Linux memiliki berbagai distribusi (distro) seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan banyak lainnya. Keunggulan Linux terletak pada fleksibilitasnya dan dukungan komunitas yang kuat. Linux digunakan di berbagai perangkat, mulai dari komputer pribadi hingga server, superkomputer, perangkat embedded, dan banyak lagi. Selain itu, Linux juga merupakan dasar bagi banyak sistem operasi lainnya seperti Android dan Chrome OS.

macOS: adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. dan dirancang khusus untuk perangkat komputer Apple, seperti Macbook, iMac, dan Mac Mini. macOS dikenal karena antarmuka pengguna yang elegan, integrasi yang kuat dengan produk-produk Apple lainnya, serta keamanan yang tinggi. macOS didasarkan pada kernel Darwin yang berasal dari BSD Unix, sehingga memiliki akar yang sama dengan sistem operasi Unix.

Windows Server: Windows server adalah varian sistem operasi Windows yang dirancang khusus untuk digunakan di lingkungan server. Ini adalah salah satu sistem operasi yang paling umum digunakan di pusat data dan server bisnis. Windows Server menyediakan berbagai fitur dan layanan seperti manajemen jaringan, pengelolaan identitas, virtualisasi, dan banyak lagi. Versi terbaru dari Windows Server pada saat pengetahuan saya terakhir adalah Windows Server 2022.

Unix: Unix OS adalah keluarga sistem operasi yang berakar dari sistem operasi yang dikembangkan di laboratorium Bell Labs pada tahun 1960-an. Unix memiliki ciri khasnya sendiri, termasuk arsitektur multi-user dan multi-tasking. Meskipun sistem operasi Unix asli sudah tidak umum digunakan, namun konsep-konsep dari Unix masih banyak digunakan dalam berbagai sistem operasi modern, termasuk Linux dan macOS.

Chrome OS: Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google dan dirancang untuk digunakan pada perangkat Chromebook. Sistem operasi ini berfokus pada komputasi berbasis web, sehingga sebagian besar aplikasi dan data disimpan di cloud. Chrome OS sangat ringan dan cepat, cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti menjelajah web, menulis dokumen, dan streaming video.

FreeBSDFreeBSD adalah salah satu sistem operasi turunan dari Unix yang bersifat open source. Sistem operasi ini dikenal karena kestabilan dan kinerjanya yang tinggi, sehingga sering digunakan dalam server dan lingkungan bisnis yang membutuhkan sistem operasi yang handal. FreeBSD juga mendukung berbagai arsitektur perangkat keras dan digunakan oleh banyak penyedia hosting web dan ISP.

3 Sistem Operasi Komputer Populer


Berikut adalah tiga sistem operasi komputer populer pada tahun 2022 pada perangkat PC menurut data dari kompas.com
  1. Windows 10, dengan pangsa pasar 71,29 persen
  2. MacOS
  3. Linux
Berikut adalah tiga sistem operasi komputer dan smartphone populer pada tahun 2022:
  1. Windows 10, dengan pangsa pasar 71,29 persen
  2. MacOS
  3. Android, dengan pangsa pasar terbesar pada segmen mobile
Sistem operasi Windows dan MacOS biasanya digunakan pada komputer pribadi, sedangkan Android lebih sering digunakan pada smartphone dan tablet. Selain ketiga sistem operasi tersebut, masih ada beberapa jenis sistem operasi lainnya yang juga populer, seperti iOS, Linux, dan Chrome OS.

Cara Melihat Sistem Operasi Pada Perangkat Komputer

Berikut adalah cara untuk melihat sistem operasi pada laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, macOS, Linux, Android, iOS:

Windows:

  • Tekan tombol Windows pada keyboard.
  • Ketika menu Start muncul, ketik "winver" pada kolom pencarian.
  • Klik OK.
  • Jendela "About Windows" akan muncul dan menampilkan inormasi tentang sistem operasi Windows yang sedang digunakan.

macOS:

  • Klik pada logo Apple di pojok kiri atas layar.
  • Pilih "About This Mac".
  • Jendela baru akan muncul dan menampilkan informasi tentang sistem operasi macOS yang sedang digunakan.

Linux:

  • Buka terminal.
  • Ketik perintah "lsb_release -a" atau "cat /etc/*release".
  • Tekan Enter.
  • Informasi tentang sistem operasi Linux yang sedang digunakan akan muncul di layar.

Chrome OS:

  • Buka sesi browser Google Chrome pada Chromebook.
  • Di bilah alamat jendela pencarian Google, ketik "chrome://system".
  • Jendela pencarian kemudian akan menampilkan informasi tentang sistem operasi Chrome OS yang sedang digunakan, termasuk informasi tentang CPU, memori, dan perangkat keras lainnya
  • Kamu juga dapat melihat informasi tentang perangkat Chrome OS dengan mengklik baki sistem di ujung kanan rak, kemudian klik pada opsi WiFi "Terhubung ke..." dan kemudian klik pada jaringan yang sedang digunakan

Android:

  • Buka menu "Settings/Pengaturan" pada smartphone.
  • Cari dan pilih menu "About Phone/Tentang ponsel".
  • Pada opsi "Android version/Versi Android" Kamu dapat melihat versi sistem operasi yang sedang digunakan

iOS:

  • Buka menu "Settings/Pengaturan" pada iPhone atau iPad.
  • Ketuk opsi "General/Umum".
  • Pilih "About/Tentang" untuk melihat informasi tentang perangkat, termasuk versi sistem operasi iOS yang sedang digunakan

Cara-cara di atas dapat membantu kamu untuk mengetahui sistem operasi yang sedang digunakan pada laptop atau komputer ataupun perangkat smartphone.

Kesimpulan:

Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak yang penting dalam mengoperasikan berbagai jenis perangkat komputer, tidak hanya PC dan laptop. Sistem operasi membantu pengguna dalam berbagai keperluan, termasuk pengolahan data, input-output, dan menjalankan program. Berbagai jenis perangkat, seperti mikrokontroler, mesin kasir, dan game console, juga menggunakan sistem operasi.


Beberapa sistem operasi komputer yang populer meliputi Microsoft Windows, Android, iOS, Linux, macOS, Windows Server, Unix, Chrome OS, dan FreeBSD. Masing-masing memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda, serta digunakan pada berbagai jenis perangkat.


Galih Enggar

I'm a Graphic Designer, SEO Writer, and Video Creator passionate about blending creativity and technology to bring ideas to life across various media.

If this article is useful, please leave any message in the comments.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama