Pemanfaatan AI Image Generator dan Bing Image Creator

Table of Contents

Manusia dan Artificial Intelligence (AI) 

Cara Membuat Ilustrasi 2D Menggunakan AI (Gratis)

Artificial Intelligence (AI) kini bukan hanya sebuah pembicaraan semata, kini AI telah nyata-nyata hadir di tengah masyarakat global. Kehadiran AI terus bertumbuh setiap tahunnya, dengan program komputer yang semakin canggih AI dengan big data nya telah belajar mengimbangi manusia saat ini.

Saat ini banyak sekali berita baik di media massa bahkan media sosial, dari mulai konspirasi hingga strategi pemanfaatannya menjadi pembicaraan khalayak ramai, tidak dipungkiri AI, seperti generate text generate image/gambar menjadi salah satu AI yang paling menarik.

 AI dengan kemampuan men-generate dapat membantu persoalan tulis menulis, mulai dari pembuatan surat, membuat copy writing, bahkan hingga diminta menyelesaikan tugas-tugas dalam sektor pendidikan. Contohnya saja Chat GPT, Perplexity.ai yang masih saya gunakan hingga saat ini dan sebenarnya varian sejenis masih banyak lagi.

Kemudian ada pula image generator, atau AI yang memiliki kemampuan produksi gambar atau ilustrasi grafis secara otomatis. Ai yang mempunyai kemampuan ini pun heboh di masyarakat karena penggunaan-Nya di salah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, ada pun kekhawatiran yang dilebih-lebihkan di media sosial adalah kemampuan AI ini mampu menyingkirkan para seniman. Terlepas dari hal itu dengan kemampuan AI ini sebenarnya kita bisa memanfaatkan lebih bijak dan lebih produktif.

Cara Membuat Ilustrasi 2D Menggunakan AI (Gratis)

Dalam artikel ini aku akan membahas penggunaan  AI image generator dan apa saja yang bisa kita lakukan dengan AI image generator  dalam contoh kali ini kita akan spesifik membahas AI image generator yang telah terintegrasi dengan mesin pencari Bing.com.


Ya, baru-baru ini Bing.com resmi mengintegrasikan layanan AI image generator bernama Dall-E 3, dengan adanya AI sangat revolusioner karena memadukan mesin pencari dengan kemampuan produksi gambar atau ilustrasi, yang sebelumnya juga Bing memprakarsai sebagai mesin pencari dengan menggabungkan sistemnya bersama dengan Chat GPT.

Apa itu Bing Image Creator? Fitur Bari Dari Bing.Com

Bing Image Creator adalah AI canggih dari Dall E 3 yang di implementasikan ke dalam mesin pencari bing.com, Bing Image Creator mampu memproduksi ilustrasi gambar berdasarkan input prompt seperti halnya Dall E di laman resminya dan juga serupa AI seperti leonardo.ai dan midjourney.

Tampilan Bing Image Creator

Bing Image Creator memiliki standar kualitas yang cukup baik untuk AI image generator gratis, dengan perintah sederhana kita akan mendapatkan empat gambar/ilustrasi dengan ukuran 1:1 (persegi), meskipun Bing AI tersedia secara percuma/gratis, setiap user dibatasi 25 ilustrasi gambar perhari, meskipun demikian kita masih dapat menambah dengan cara membeli token gambar menggunakan reward poin.


Kelebihan lain dari AI image generator pada Bing ini adalah dapat diberikan perintah menggunakan bahasa Indonesia dengan presisi yang baik.

Cara Menggunakan Bing image generator

Cara menggunakan bing image generator untuk membuat ilustrasi 2D ataupun gambar relais, kita diharuskan membuat akun atau masuk Microsoft terlebih dahulu dan kemudian baru dapat menggunakan fitur dari image generator dari Bing.

  • Jika sudah membuat atau masuk, pertama kamu harus mengetikan bing.com/images di address bar browser dan nanti kamu akan diarahkan kedalam feeds gambar dari Bing images.

    Cara Membuat Ilustrasi 2D Menggunakan AI (Gratis)

  • Kedua, pada menu navigasi terdapat pilihan inspirasi, buat, koleksi. Pada bagian ini pilih menu "Buat", selanjutnya akan masuk ke dalam "Bing image generator".

    Cara Menggunakan Bing image generator

  • Ketiga, di Bing image generator ini kita bisa memasukkan perintah/prompt sesuai dengan imajinasi kita. Maka Bing AI akan mengenerate gambar dengan sendirinya.

    Contohnya, meskipun dengan prompt sederhana berikut, akan menghasilkan gambar yang baik.

    gambar toko bernama mykatalog di mall
    Contoh Hasil Bing Image Generator

    Jadi cobalah untuk mengimprove perintah yang kamu ajukan kepada AI agar mendapatkan hasil yang relevan

  • Keempat, kamu dapat mengunduh gambar tersebut secara gratis, dengan cara meng-klik salah satu hasil yang diperoleh.

Jadi demikianlah cara menggunakan Bing AI image generator untuk membuat gambar atau ilustrasi untuk berbagai keperluan kamu. Lantas apa saja sih hal-hal yang dapat kita manfaatkan dari kehadiran Bing Image Creator?


Pemanfaatan AI Image Generator?

Pemanfaatan dari adanya image generator ini sangat luas dan  dapat membantu pengguna dalam efisiensi waktu baik pra-produksi hingga proses produksi dalam bidang desain atau hal terkait gambar. berikut daftar yang bisa kita lakukan dengan AI image generator seperti Bing Image Creator, leonardo.ai, mid journey dan platform lainnya.

  1. Pembuatan konten visual untuk ilustrasi slide presentasi, thumbnail konten web ataupun media sosial.
  2. Desain grafis, kamu bisa menggunakan AI untuk mencari ide dalam membuat logo, poster, brosur, dan sebagainya.
  3. Restorasi gambar, tidak semua AI dapat melakukan ini, tapi kamu juga bisa menggunakan ai yang memiliki fitur ini untuk membuka jasa restorasi foto.
  4. Pembuatan karakter, kamu juga bisa manfaatkan ini dijadikan referensi untuk membuat karakter kamu sendiri.
  5. Pembuatan seni, kehadiran AI juga menciptakan aliran seni baru AI ART, meskipun tidak memiliki pengalaman bidang seni, kamu bisa menciptakan imajinasi menjadi ilustrasi 2D yang menarik.
  6. Pendidikan, kamu bisa gunakan AI untuk membuat alat peraga, slide presentasi, dummy asset, yang digunakan untuk pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.
  7. Simulasi visual,  kita bisa membuat rekayasa visual dari data-data terkumpul membantu memperjelas dari situasi tertentu.
  8. Automasi proses bisnis, saat ini kita bisa memulai automasi dengan memanfaatkan API dan membuat program khusus untuk mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya.
  9. Efisiensi dan produktivitas, dengan kehadiran AI seperti Bing Image Creator dapat kamu gunakan membuat berbagai ilustrasi dekoratif yang menarik untuk berbagai keperluan.

Dari daftar di atas kamu bisa menghasilkan karya yang lebih dinamis dari sebelumnya, dengan kemudahan ini alangkah baiknya tidak hanya terfokus pada sisi negatifnya saja, karena masih banyak lagi sisi positif yang bisa kita lakukan, seperti contoh di atas.

 

Kesimpulan dan saran

Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa Artificial Intelligence (AI), seperti Bing Image Creator, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. AI memiliki potensi besar untuk membantu dalam berbagai aspek, termasuk pembuatan konten visual, desain grafis, restorasi gambar, pembuatan karakter, seni, pendidikan, simulasi visual, automasi proses bisnis, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas.


Saran yang bisa diberikan adalah pentingnya memanfaatkan AI dengan bijak dan etis. Meskipun AI memberikan kemudahan, kita harus memastikan penggunaan AI tidak merugikan profesi tertentu atau melanggar hak kekayaan intelektual. 


Selain itu, pendidikan tentang penggunaan AI yang tepat perlu lebih disosialisasikan, dan penggunaan bahasa Indonesia dalam berinteraksi dengan AI seperti Bing Image Creator bisa semakin ditingkatkan. Dengan penggunaan yang bijak dan penuh kreativitas, AI dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam berbagai aspek kehidupan kita.

www.mtalkblog.com

Teknologi enthusiast 😍 suka main game dan nonton anime.😎👌

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Tinggalkan Pesan Apapun di Komentar

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Ads